indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
Antisipasi PMK, Peternak di Tanjab Barat Dihimbau Waspada Korem 042/Gapu Gelar Sosialisasi Bidang Perlawanan Wilayah Tahun 2022 Cuaca Panas, Polres Muaro Jambi Imbau Masyarakat Cegah Karhutla Penemuan Kerangka Manusia di Belakang SPBU Gegerkan Warga 21 Instansi di Kota Jambi Beri Layanan Terpusat di Mall Pelayanan Publik

Home / Muaro Jambi

Kamis, 24 Februari 2022 - 00:19 WIB

Punya Nilai Positif, Al Haris Apresiasi Terhadap Sedekah Payo Tradisi Khas di Muaro Jambi

Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris

Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris

MUARO JAMBI – Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris mengapresiasi kegiatan Sedekah Payo (Turun ke Sawah) yang memiliki nilai positif bagi masyarakat, karena kegiatan ini merupakan kearifan lokal yang mengajarkan saling membantu, gotong royong, memelihara dan meningkatkan kepedulian sosial, bermusyawarah dalam mengambil keputusan, dan berdoa sebelum melaksanakan pekerjaan khususnya sebelum melakukan tanam padi.

Demikian itu disampaikan Al Haris saat menghadiri acara Sedekah Payo di Desa Sarang Burung Simpang Limo, Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi, Selasa (22/02/22).

“Saya sangat mengapresiasi tradisi khas yang sangat positif bagi masyarakat yaitu Sedekah Payo di Desa Sarang Burung dan Simpang Limo ini. Kegiatan ini memiliki makna bahwa petani telah memberikan berkah yang luar biasa, tak hanya hasilnya bisa dinikmati untuk keberlangsungan hidup manusia, namun juga keindahan sawah dapat memberikan ketenangan dan kesejukan bagi jiwa manusia,” ujar Al Haris.

BACA JUGA :  Waspada Kebakaran, Damkar dan Penyelamatan Tanjab Barat Himbau Warga Lakukan Ini

Gubernur Jambi ini menuturkan, dalam kegiatan Sedekah Payo ini, masyarakat melakukan do’a bersama, yang merupakan tradisi warisan dari nenek moyang dan masyarakat terus melestarikannya sebelum melaksanakan proses penanaman padi di sawah.

“Kegiatan ini mencerminkan perhatian kita terhadap tradisi yang sangat positif dari orangtua terdahulu yang tentunya untuk kebaikan bagi masyarakat semua, terlebih lagi sebelum melakukan Sedekah Payo terlebih dahulu melakukan musyawarah,” tutur Al Haris.

Al Haris mengungkapkan Pemerintah Provinsi Jambi sangat mendukung Sedekah Payo dan siap membantu memfasilitasi kelompok tani melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Jambi. Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, maupun Pemerintah Kabupaten dan Kota memberikan perhatian besar untuk mewujudkan swasembada dan ketahanan pangan, terutama swasembada beras, karena petanilah merupakan ujung tombak dalam mewujudkan swasembada beras.

BACA JUGA :  Penemuan Kerangka Manusia di Belakang SPBU Gegerkan Warga

“Pemerintah Provinsi Jambi terus berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat Jambi sejalan dengan visi pembangunan Provinsi Jambi yaitu Visi Jambi MANTAP (Maju, Aman, Nyaman, Tertib, Amanah dan Profesional) dibawah Ridho Allah Subhanahu Wa Ta’ala, dengan misi kedua Memantapkan Perekonomian Masyarakat dan Daerah,” ungkap Al Haris.

“Tahun ini Pemerintah Provinsi Jambi mulai menurunkan program Dua Miliar Satu Kecamatan (DUMISAKE), untuk membantu permasalahan yang ada di desa misalnya untuk normalisasi sungai, pembangunan infrastruktur desa dan lainnya. Kepala Desa juga bisa mengajukan proposal kepada Pemerintah Provinsi Jambi untuk meminta bantuan dan Pemerintah Provinsi Jambi siap membantu,” lanjut Al Haris.

Al Haris juga mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak mengganti lahan persawahan yang ada menjadi lahan sawit dan mengharapkan hasil produksi pertanian di Desa Sarang Burung Simpang Lamo terus meningkat.(**)

Share :

Baca Juga

Muaro Jambi

Bupati Masnah Busro Hadiri Penyaluran ZIS BAZNAS Kabupaten Muaro Jambi

Muaro Jambi

Kapolres Muaro Jambi : Antisipasi dan Cegah Radikalisme Perlu Kerjasama Semua Pihak

Muaro Jambi

Bupati Muaro Jambi Lantik 54 Kades Terpilih Hasil Pilkades Serentak

Muaro Jambi

Kapolsek Kumpeh Ulu Imbau Warga Patuhi Prokes dan Disiplin Lalulints

Muaro Jambi

Bhayangkari Cabang Muaro Jambi Turut Berikan Bansos dan Doorprize Peserta Vaksin

Muaro Jambi

Antusias Warga Desa Muhajirin Jaluko Ikut Serbuan Vaksinasi Massal

Muaro Jambi

Video Supir Oleng-Olengkan Truk di Jalan Raya Viral, Sopir dan Kernet Diamankan Polisi

Muaro Jambi

Bhayangkari Cabang Polres Muaro Jambi Gelar Vaksinasi