YTUBE
Tragedi Sepakbola Indonesia di Stadion Kanjuruhan 127 Orang Meninggal, 180 Orang Luka-luka Warga Minta Lubang Galian Jargas Ditimbun Lagi, Begini Kata Pengawas dan Pemda Tak Ada Sepakbola Seharga Nyawa Manusia, AHY Berduka Atas Tragedi Kanjuruhan Nabi Muhammad SAW Sosok Teladan yang Agung Sepeda Santai HUT TNI KE 77 Kodim Tanjab Super Meriah Berhadiah Sepeda Motor

Home / Tanjab Barat

Rabu, 30 Maret 2022 - 17:55 WIB

Rumah RJ Diantara Ulu dan Ilir, Kajari Berharap Mempermudah Masyarakat Menyelesaikan Masalah

Wakajati Jambi, Kajari dan Bupati Tanjab Barat bersama jajaran Forkopimda Foto bersama usai Peresmian Rumah Restorative Justice, Rabu (30/3/22). FOTO : Ist

Wakajati Jambi, Kajari dan Bupati Tanjab Barat bersama jajaran Forkopimda Foto bersama usai Peresmian Rumah Restorative Justice, Rabu (30/3/22). FOTO : Ist

TEBING TINGGI – Rumah Restorative Justice Kejaksanaan Negeri Tanjung Jabung Barat, Jambi diresmikan oleh Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Jambi Dr. Bambang Gunawan di Desa Purwodadi, Kecamatan Tebing Tinggi, Rabu (30/3/22).

Restoratif Justice ini merupakan diskresi Jaksa untuk menghentikan perkara pidana yang ancaman hukumannya kurang dari 5 tahun dan kerugiannya kurang dari 2,5 juta serta tersangka baru pertama melakukan pidana atau bukan residivis.

Selanjutnya seluruh jajaran Kejaksaan melalui Surat Jaksa Agung Muda Pidana Umum Nomor B-475/E/Es.2/02/2022 menghimbau untuk membentuk rumah RJ yang bertujuan sebagai tempat musyawarah bagi para tokoh agama, tokoh masyarakat guna membantu penanganan ringan dan lebih mengedepankan keadilan tidak hanya bagi pelaku/tersangka namun juga korban dan keluarganya sehingga rasa keadilan akan menyentuh Masyarakat.

BACA JUGA :  Hebat! Pemdes Sungai Papauh Bangun Madrasah Tidak Gunakan Dana DD Maupun APBD

Kajari Tanjung Jabung Barat, Marcello Belah mengatakan, Desa Purwodadi untuk memiliki Rumah Restoratif Justice karena secara geografis berada ditengah antara wilayah Ulu dan Illir di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Sehingga diharapkan memudahkan Masyarakat untuk menyelesaikan masalah.

“Selain itu kejari juga pernah melakukan penghentian penuntutan pada tahun 2020,” katanya.

Dikesempatan yang sama Wakajati Jambi, Bambang Gunawan mengatakan agar Rumah RJ tersebut dimanfaatkan dengan baik untuk menegakkan keadilan yang menyentuh Masyarakat.

“Saya berharap dengan Rumah RJ  di Desa Purwodadi, Kabupaten Tanjung Jabung Barat dapat dimanfaatkan dan digunakan secara maksimal untuk menjadi percontohan bagi Desa lainnya, untuk menjadi tempat Musyawarah serta menciptakan tujuan hukum yang berkepastian, bermanfaat dan berkeadilan,” jelasnya.

BACA JUGA :  Tragedi Sepakbola Indonesia di Stadion Kanjuruhan 127 Orang Meninggal, 180 Orang Luka-luka

Peresmian Rumah Restorative Justice turut dihadiri Bupati H. Anwar Sadat, Sekretaris Daerah Tanjab Barat Agus Sanusi, Asisten I Hidayat, Wakil Ketua DPRD Tanjab Barat Ahmad Jahfar, Panitera Sekretaris Pengadilan Negeri Andi Maddumase.

Kemudian juga hadir Kasat Reskrim Polres Tanjab Barat Iptu Septia Intan Putri, Kapolsek Tebing Tinggi IPTU Windy Trias Kumoro, Danramil Kapten Ahmad Taufik Alhidayah, Kades Purwodadi Jayus, Ketua LAM Tanjab Barat Martunis M Yusuf.(Eko/Bas)

Share :

Baca Juga

Tanjab Barat

Kejari Tanjab Barat Buka Lelang Kendaraan dan Pasir Sitaan

Tanjab Barat

Pemadaman Listrik Terencana dan Tidak Terencana, Salah Satu Penyebabnya Layang-Layang

Tanjab Barat

Bupati Tanjabbar Kunjungi Gapura Kopi Beramal, Slogannya Menyentuh Hati

Tanjab Barat

Berikut Jadwal dan Tempat Vaksinasi Massal Covid-19 Tanjab Barat

Tanjab Barat

Ketua TP PKK Tanjab Barat Hadir Rakerda IX TP-PKK Provinsi Jambi

Tanjab Barat

Remaja Masjid Hidayatul Muttaqqin Raih Dua Piala di Arakan Sahur dan Takbiran

Tanjab Barat

Dinas Damkar Tanjab Barat Tambah Pos di Pelabuhan Dagang

Tanjab Barat

SKK Migas-PetroChina Respon Pemkab Tanjab Barat Kembangkan Batik Bermotif Lokal