indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
Bulog Kuala Tungkal Menyediakan 700 Kilogram Daging Beku, Cek Harganya Kapolres Tanjabbar Bersama Forkopimda Mengikuti Upacara Hari Bhayangkara ke-76 Via Virtual Vaksin Booster Bakal Diberlakukan Lagi Untuk Syarat Berpergian dan Masuk Mall Kapolda Jambi Berikan Piagam Penghargaan Kepada Pj Bupati Muaro Jambi dan Bupati Tanjabbar Loandry Yasmin Kota Jambi Hangus Terbakar

Home / Politik

Sabtu, 25 September 2021 - 21:11 WIB

Sosok Ini Mencuat Bakal Gantikan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin Pasca Ditahan KPK

H. Lodeiwijk F. Paulus, Sekjen DPP Partai Golkar 2019-2024. FOTO : INILAMPUNG

H. Lodeiwijk F. Paulus, Sekjen DPP Partai Golkar 2019-2024. FOTO : INILAMPUNG

JAKARTA – Nama Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus menguat sebagai calon pengganti Azis Syamsuddin di kursi wakil ketua DPR RI.

Sumber merdeka.com di internal Partai Golkar menyebutkan nama Lodewijk sudah diputuskan sebagai pengganti Azis yang tersandung kasus suap di KPK.

Nama anggota Komisi I DPR RI itu baru muncul setelah sempat beredar nama Adies Kadir, Ahmad Doli Kurnia dan Melchias Markus Mekeng yang dikabarkan berebut kursi yang ditinggalkan Azis.

“Sekarang sudah keputusan ke Pak Lodewijk sebagai penggantinya,” ucap sumber merdeka.com ini, Sabtu (25/9/21).

Sejumlah politikus Golkar menolak mengkonfirmasi soal Lodewijk sebagai pengganti Azis. Rekan Lodewijk di Komisi I DPR RI, Anggota DPR Fraksi Golkar Bobby Adhityo Rizaldi tak mau bicara lantaran sudah ditunjuk juru bicara untuk kasus Azis yaitu Adies dan Supriansa.

Sementara pesan singkat kepada Ketua Badan Advokasi Hukum dan HAM Golkar Supriansa, tidak berbalas. Namun dalam konferensi pers, Ketua DPP Partai Golkar Adies Kadir menegaskan, Golkar akan segera memproses pengganti Azis sebagai wakil ketua DPR RI.

Kewenangan untuk memutuskan pengganti wakil ketua umum Golkar itu, berada di tangan Ketua Umum Airlangga Hartarto. Semua anggota DPR Fraksi Golkar memiliki kans sama untuk mengisi kursi pimpinan DPR.

BACA JUGA :  32 Paket Sabu Seberat 3,5 kg Berhasil Diamankan Sat Resnarkoba Polresta Jambi

“Kami punya 85 orang semua punya kans menduduki jabatan tersebut. Dan hal ini adalah hak prerogratif dari Ketum Partai Golkar,” tegas Adies.

Wakil Ketua Komisi III DPR RI ini mengatakan, Golkar akan mengumumkan nama pengganti Azis dalam waktu dekat.

“Insya Allah dalam waktu dekat partai Golkar akan mengumumkan,” ucapnya.

Sementara itu, Azis Syamsudin telah menyampaikan pengunduran diri sebagai wakil ketua DPR RI. Azis telah ditetapkan tersangka oleh KPK dalam kasus dugaan pemberian atau janji dalam penanganan perkara korupsi yang ditangani KPK di Kabupaten Lampung Tengah.

Kasus korupsi yang menyeret nama Azis mencuat menyusul kasus suap terhadap mantan penyidik KPK asal Polri Stepanus Robin Pattuju (STP). Politisi Partai Golkar ini diketahui sebagai pihak yang mempertemukan Stepanus Robin dengan Wali Kota Tanjung Balai M Syahrial (MS) yang sedang disidik lembaga antirasuah.

Syahrial yang merupakan rekan Azis di Partai Golkar tengah memiliki permasalahan terkait penyelidikan dugaan korupsi di Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjung Balai yang sedang dilakukan KPK.

BACA JUGA :  Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Jambi Panen Semangka Program Ketahanan Pangan

Ketua KPK Firli Bahuri menjelaskan kronologi kasus dan keterlibatan Azis di dalam dugaan tindak pidana korupsi. Sekitar Agustus 2020, Azis menghubungi penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju (SRP). Azis meminta agar Robin ‘mengurus’ kasus yang menyeret namanya serta Aliza Gunado (AG). Kasus itu sedang dilakukan penyelidikan oleh KPK.

Stepanus Robin Pattuju menghubungi Maskur Husain (MH) untuk ikut mengawal dan mengurus perkara yang menyeret nama Azis. Maskur meminta Azis dan Aliza Gunado, masing-masing menyiapkan uang Rp2 Miliar.

“SRP juga menyampaikan langsung kepada AZ terkait permintaan sejumlah uang dimaksud dan kemudian disetujui oleh AZ,” kata Firli.

Maskur diduga meminta uang muka terlebih dahulu kepada Azis. Nilainya Rp300 juta. Uang dari Azis diberikan melalui transfer ke rekening bank Maskur. Robin juga menyerahkan nomor rekening bank kepada Azis.

Artikel ini telah tayang dimerdekacom dengan judul : Nama Sekjen Golkar Jadi Wakil Ketua DPR Pengganti Azis Syamsuddin Menguat.

Share :

Baca Juga

Politik

Wakil Ketua MPO Golkar Muaro Jambi Serahkan Laporan Hasil Kegiatan Saat RAKORDA

Berita

Jokowi Minta ASEAN Tangani Masalah Muslim Rohingya di Rakhine State

Politik

Kabar Terbaru, Mantan Sekretaris DPD Partai Golkar Tanjabar Akan Pimpin Perindo

Politik

Menyongsong 2024, Ketua DPD dan Pengurus Partai Ummat Tanjabbar Sowan ke KPU

Berita OPD

Menyongsong Pilkada Serentak 2020, Kesbangpol Tanjab Barat Gelar Sosdikpol

Politik

HUT ke-23, DPD PAN Tanjabbar Gelar Syukuran dan Berikan Bantuan Korban Longsor Parit Deli

Politik

Karena Sebut Sosok Ini, Perkumpulan Petani Jambi Dukung Haris-Sani

Politik

Rayakan HUT ke-57, DPD Partai Golkar Makan Bersama Masyarakat di Pelabuhan