LIVE
Satgas TMMD Ke-112 Kodim 1002/HST Gelar Penyuluhan Pertanian Besok DPRD Tanjab Barat Akan Gelar Vaksinasi 1.000 Dosis Bupati Kolaka Timur Disebut Terjaring OTT KPK Semangat Satgas TMMD Ke-112 Kodim HST Bangun Jembatan Pedesaan Tegas! Bupati Tanjabbar Minta Perusahaan dalam Forum TJSLP Jujur dan Terbuka

Home / Teknologi

Selasa, 25 Mei 2021 - 09:47 WIB

Tak Perlu Ganti Kartu SIM Untuk Pakai Jaringan 5G Telkomsel

Bertempat di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Jakarta, Senin (24/5/2021), dilakukan penyerahan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) teknologi 5G dari Kementerian Kominfo ke Telkomsel. FOTO : detik.com

Bertempat di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Jakarta, Senin (24/5/2021), dilakukan penyerahan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) teknologi 5G dari Kementerian Kominfo ke Telkomsel. FOTO : detik.com

TEKNOLOGI – Operator seluler Telkomsel menjadi penyelengara internet pertama di Indonesia yang resmi menggelar jaringan 5G, setelah mengantongi Surat Keterangan Laik Operasional dari Ditjen PPI, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan bahwa Telkomsel telah melakukan ULO 5G pada 19-21 Mei 2021. Setelah melalui proses ULO 5G tersebut, Telkomsel dinyatakan lulus.

Telkomsel dinyatakan layak (penggelaran layanan 5G secara komersial) di Indonesia setelah melakukan pengujian teknis. Telkomsel adalah operator seluler pertama yang menggelar 5G di Indonesia,” ujar Menkominfo.

BACA JUGA :  Satgas TMMD Ke-112 Kodim 1002/HST Gelar Penyuluhan Pertanian

Sementara itu, Direktur utama Telkomsel, Setyanto Hantoro mengatakan, untuk bisa menggunakan jaringan 5G, pengguna Telkomsel tidak perlu mengganti kartu SIM sebagaimana migrasi jaringan 3G ke 4G sebelumnya.

“Untuk saat ini (migrasi ke) jaringan 5G tidak perlu mengganti (kartu), asal sudah 4G,” ujar Setyanto dalam konferensi pers di Kantor Kominfo, Senin (24/05/21).

Telkomsel akan mulai menggelar jaringan 5G secara serentak pada 27 Mei mendatang di enam titik di Jabodetabek. Lokasi itu mencakup mencakup area residensial di Kelapa Gading, Pondok Indah, PIK, BSD, Widya Chandra, dan Alam Sutera.

BACA JUGA :  Terungkap, Ini Identitas Mayat Perempuan Ditemukan di BTN Pelangi Jabung Raya Asri Kuala Tungkal

Lalu untuk kota lainnya akan menyusul, yakni Batam, Medan, Solo, Bandung, Surabaya, Makassar, Denpasar, dan Balikpapan. Kota dan lokasi prioritas lainnya akan segera menyusul dalam waktu yang belum ditentukan.

Namun, Telkomsel masih belum merinci lebih lanjut soal mekanisme migrasi jaringan bagi pelanggan. Setyanto juga belum membeberkan paket-paket data serta harga yang ditawarkan Telkomsel untuk jaringan 5G.

BACA JUGA :  Mulai Hari Ini, Polres Tanjab Barat Gelar Operasi Patuh 2021

Ia mengatakan, saat ini pilihan paket 5G komersial masih dibahas dan baru akan diumumkan pada tanggal 27 Mei mendatang saat acara seremonial peluncuran 5G.

“Tapi prinsipnya kami akan memberikan layanan yang terbaik secara kualitas, kecepatan, latensi, dan kapasitas yang jauh lebih baik dibandingkan 4G dengan harga yang terjangkau,” kata Setyanto.(Edt)

 

Sumber : tekno.kompas.com

Share :

Baca Juga

Teknologi

Tanoto Foundation Luncurkan E-PINTAR untuk Digitalisasi Pelatihan Guru dan Kepsek

Teknologi

Ingat, Besok Lebaran Ketiga Kebijakan Privasi Baru WhatsApp Akan Berlaku

Teknologi

UI Kembangkan Alat Purifikasi Udara Plasma ‘PUVICON’ untuk Lawan Covid-19

Teknologi

Berikut Link Twibbon Ucapan Idul Fitri 2021 dan Cara Buatnya

Teknologi

Haruskah Tinggalkan WhatsApp, Beralih ke Telegram atau Signal?

Teknologi

Mau Coba Pakai RA WhatsApp Versi Terbaru 2021, Download di Sini

Teknologi

Ini Cara Mudah Menghapus Pesan WhatsApp yang Telah Lama Terkirim ke HP Kawan

Teknologi

5 Infrastruktur Ini Perlu Dipersiapkan untuk Membangun Kampus Digital