YTUBE
BREAKING NEWS : Lantai 5 Gedung Kemenkumham Terbakar Jual Beli Jabatan Jadi Proyek Manis Kepala Daerah, Bupati Bangkalan Ditangkap KPK Atas Dugaan Kasus Tersebut! Nekat Jual Shabu, Pria 46 Tahun Diciduk Tim Macan Satres Narkoba Polres Merangin Tebing Tinggi Bertekad Pertahankan Piala Bergilir Bupati Cup 2022 Bekasus dengan Tetangga Kakek di Merangin Diamankan Polisi

Home / Teknologi

Selasa, 25 Mei 2021 - 09:47 WIB

Tak Perlu Ganti Kartu SIM Untuk Pakai Jaringan 5G Telkomsel

Bertempat di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Jakarta, Senin (24/5/2021), dilakukan penyerahan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) teknologi 5G dari Kementerian Kominfo ke Telkomsel. FOTO : detik.com

Bertempat di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Jakarta, Senin (24/5/2021), dilakukan penyerahan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) teknologi 5G dari Kementerian Kominfo ke Telkomsel. FOTO : detik.com

TEKNOLOGI – Operator seluler Telkomsel menjadi penyelengara internet pertama di Indonesia yang resmi menggelar jaringan 5G, setelah mengantongi Surat Keterangan Laik Operasional dari Ditjen PPI, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan bahwa Telkomsel telah melakukan ULO 5G pada 19-21 Mei 2021. Setelah melalui proses ULO 5G tersebut, Telkomsel dinyatakan lulus.

Telkomsel dinyatakan layak (penggelaran layanan 5G secara komersial) di Indonesia setelah melakukan pengujian teknis. Telkomsel adalah operator seluler pertama yang menggelar 5G di Indonesia,” ujar Menkominfo.

Sementara itu, Direktur utama Telkomsel, Setyanto Hantoro mengatakan, untuk bisa menggunakan jaringan 5G, pengguna Telkomsel tidak perlu mengganti kartu SIM sebagaimana migrasi jaringan 3G ke 4G sebelumnya.

BACA JUGA :  Bekasus dengan Tetangga Kakek di Merangin Diamankan Polisi

“Untuk saat ini (migrasi ke) jaringan 5G tidak perlu mengganti (kartu), asal sudah 4G,” ujar Setyanto dalam konferensi pers di Kantor Kominfo, Senin (24/05/21).

Telkomsel akan mulai menggelar jaringan 5G secara serentak pada 27 Mei mendatang di enam titik di Jabodetabek. Lokasi itu mencakup mencakup area residensial di Kelapa Gading, Pondok Indah, PIK, BSD, Widya Chandra, dan Alam Sutera.

Lalu untuk kota lainnya akan menyusul, yakni Batam, Medan, Solo, Bandung, Surabaya, Makassar, Denpasar, dan Balikpapan. Kota dan lokasi prioritas lainnya akan segera menyusul dalam waktu yang belum ditentukan.

BACA JUGA :  3 Polisi Terluka dalam Insiden Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar Bandung

Namun, Telkomsel masih belum merinci lebih lanjut soal mekanisme migrasi jaringan bagi pelanggan. Setyanto juga belum membeberkan paket-paket data serta harga yang ditawarkan Telkomsel untuk jaringan 5G.

Ia mengatakan, saat ini pilihan paket 5G komersial masih dibahas dan baru akan diumumkan pada tanggal 27 Mei mendatang saat acara seremonial peluncuran 5G.

“Tapi prinsipnya kami akan memberikan layanan yang terbaik secara kualitas, kecepatan, latensi, dan kapasitas yang jauh lebih baik dibandingkan 4G dengan harga yang terjangkau,” kata Setyanto.(Edt)

 

Sumber : tekno.kompas.com

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Teknologi

UI Kembangkan Alat Purifikasi Udara Plasma ‘PUVICON’ untuk Lawan Covid-19

Teknologi

5 Tips Traveling Ala Iqbaal Ramadhan: realme GT Master Edition Jadi Smartphone Pilihan Saat Berpergian

Teknologi

Segera Hadir HP Samsung M62 Usung Batre 7000 mAh

Teknologi

15 Website Desain Logo Online Terbaik, Gratis!

Teknologi

7 Aplikasi Cloud Storage Terbaik untuk Menyimpan Data Penting

Teknologi

Haruskah Tinggalkan WhatsApp, Beralih ke Telegram atau Signal?

Teknologi

Tak Setuju Kebijakan Baru WhatsApp, 11 Fiturnya Bakal Tak Berfungsi Lagi

Teknologi

Inilah 6 Alasan Pentingnya Menggunakan Casing HP