indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
Sekdis Dikbud Firdaus Hadiri Syukuran Selesainya Rehab SMPN 38 Muaro Jambi TNI AD Akan Gelar Liga Santri Piala Kasad Untuk Pesantren Seluruh Indonesia TNI AD Gandeng PT. Kimia Farma Salurkan Vaksin dan Sembako Mulai 1 Mei 2022, Amazon Tutup Layanan Alexa.com TMMD Ke-113 di Desa Bukit Indah dan Intan Jaya Berikut Sasarannya

Home / Muaro Jambi

Kamis, 16 Desember 2021 - 08:27 WIB

Talk Show di Radio Kedaton 93,8 FM, Kejari Muaro Jambi Sampaikan Pemberantasan Mafia Tanah

FOTO : Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kabupaten Muaro Jambi Fauzan, SH, MH

FOTO : Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kabupaten Muaro Jambi Fauzan, SH, MH

MUARO JAMBIKejaksaan Negeri Kabupaten Muaro Jambi kembali menyapa pendengar Radio Kedaton 93,8 FM Bukit Cinto Kenang di Kabupaten Muaro Jambi dan sekitarnya melalui program Talk show jaksa menyapa.

Talk Show kali ini dengan tema ”Pemberantasan Mafia Tanah” dengan pembicara Ahmad Fauzan SH, MH (Kasi Intel Kejari Muaro Jambi) mewakili Kajari Muaro Jambi yang berhalangan hadir dan dipandu oleh host Ety Yusmala Sari, S.Hum.

Dalam salam pembukanya, Kasi Intel menyampaikan, Kejari Kabupaten Muaro Jambi berkomitmen memberantas mafia tanah di daerah tersebut. Masyarakat diminta untuk melaporkan jika mengalami atau mengetahui adanya mafia tanah.

“Jika ada masyarakat menemui mafia tanah silahkan lapor kepada kami, laporan tersebut pasti akan ditindaklanjuti. Pelapor tidak perlu khawatir karena identitasnya dirahasiakan,” ujar Ahmad Fauzan, Rabu (15/12/21).

Fauzan menerangkan, hal ini sesuai dengan instruksi dari Jaksa Agung RI Burhanuddin kepada jajaran, melalui Pedoman Jaksa Agung Nomor 16 tahun 2021 tentang Pemberantasan Mafia Tanah.

BACA JUGA :  Sukses Juara 2 Gubernur Cup, Bupati Masnah Sampaikan Rasa Banga pada Tim Muaro Jambi

Fauzan menegaskan, setiap laporan akan ditindaklanjuti dengan cepat, serta dicermati kejaksaan untuk meneliti dan menentukan pelanggaran di dalamnya.

“Jika ternyata laporan itu pidana umum maka diserahkan ke polisi, jika di dalamnya ada keterlibatan penyelanggaran negara hingga ada kerugian negara, maka kejaksaan langsung menyidik,”tegasnya.

Masyarakat bisa melapor dengan datang langsung ke Kantor Kejari atau menghubungi layanan Hotline Kejari Muaro Jambi 0811-1310-8010.

Fauzan menilai, Kabupaten Muaro Jambi merupakan salah satu daerah yang rawan terjadinya konflik bidang pertanahan, baik itu yang melibatkan antara masyarakat atau dengan perusahaan.

Kejaksaan menegaskan bahwa pemberantasan mafia tanah dilakukan untuk menjamin kepastian hukum yang adil, berkemanfaatan, peningkatan investasi, pengembangan perekonomian, sosial, dan budaya masyarakat atas pengelolaan, pemanfaatan, serta penguasaan tanah.

BACA JUGA :  Bupati Masnah Lakukan Pertemuan Bersama Pengurus PBSI dan Atlet Bulutangkis Muaro Jambi

Keberadaan praktik mafia tanah telah sangat meresahkan masyarakat, serta menimbulkan konflik sosial akibat sengketa tanah berkepanjangan yang bisa menghambat pemenuhan hak warga negara, masyarakat, dan lainnya.

Kejaksaan akan melakukan pemberantasan baik secara preventif maupun represif sesuai kewenangan, tugas, dan fungsi Kejaksaan Republik Indonesia, semua yang terlibat dalam kasus mafia tanah ini akan kita tindak tegas tentunya dengan tetap memperhatikan asas praduga tidak bersalah.

“Jangan lagi ada oknum-oknum atau kelompok tertentu yang merampas atau menguasai tanah warga, dengan cara-cara yang jahat serta melawan hukum,”tuturnya.

“Kepada masyarakat agar berhati-hati terhadap mafia tanah jangan pernah memberikan dokumen asli cukup di perlihatkan atau berikan foto copynya saja, Kenali hukum jauhi hukuman,” tutup Fauzan.(*)

Share :

Baca Juga

Muaro Jambi

Warga Penyengat Olak Keluhkan Gas Selalu Habis di Pangkalan

Muaro Jambi

Bupati Masnah Serahkan 20 Paket Bantuan Tunai untuk Anak Yatim Desa Sogo

Muaro Jambi

Kapolsek Jaluko dan Danramil Pimpin Vaksinasi Door to Door di Desa Pematang Jering

Muaro Jambi

Vaksinasi Mobile Polres Muaro Jambi Menyasar Pengunjung Cafe

Muaro Jambi

Polres Muaro Jambi Gelar Bhakti Kesehatan Donor Darah

Muaro Jambi

Jabat Camat Jaluko, Kemas Siap Jalankan Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati

Muaro Jambi

Kembali, Anggota DPRD Provinsi Jambi Ivan Wirata Tinjau Puluhan Titik Jalan Rusak

Muaro Jambi

Keliling ke Rumah-Rumah Berikan Bantuan Saat Vaksinasi, Aksi Kapolsek Sungai Gelam Bikin Kaget Warga