LIVETV
Jonatan Christie Menang, Indonesia Juara Thomas 2020 Pertamina Tutup Sementara 91 SPBU Langgar Penyaluran Solar Sulit Dapatkan Solar, Sejumlah Nelayan di Kuala Tungkal Tak Bisa Melaut Bupati Batanghari Imbau Warga Tonton Kompetisi Liga 3 Lewat Streaming Ini Instansi Mendapat Perpanjangan PDM Hingga 30 Oktober




Home / Pemerintahan

Rabu, 22 September 2021 - 08:03 WIB

Tegas! Bupati Tanjabbar Minta Perusahaan dalam Forum TJSLP Jujur dan Terbuka

Bupati H. Anwar Sadat Membuka Rapat Kerja Pemkab Tanjab Barat dengan Forum TJSLP di Rumah Dinas Bupati, Selasa (21/9/21). FOTO : PROKOPIM

Bupati H. Anwar Sadat Membuka Rapat Kerja Pemkab Tanjab Barat dengan Forum TJSLP di Rumah Dinas Bupati, Selasa (21/9/21). FOTO : PROKOPIM

KUALA TUNGKAL – Bupati Tanjab Barat H. Anwar Sadat meminta perusahan tergabung dalam Forum TJSLP Kabupaten Tanjab Barat terbuka dan jujur menyampaikan besar keuntungan, realisasi dan bersikap fair dalam mewujudkan tanggung jawab perusahaan (CSR).

Hal itu sampaikan Bupati Anwar Sadat saat membuka Rapat Kerja dengan Forum Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TJSLP) Tanjab Barat di Rumah Dinas Bupati, Selasa (21/9/21).

“Pemkab Tanjab Barat telah membuka ruang untuk penguatan-penguatan perusahaan. Karenanya, perusahaan juga dituntut kejujuran menyampaikan seberapa besar keuntungan, realisasi dan bersikap fair dalam mewujudkan tanggung jawab perusahaan. Sehingga perusahaan nyaman dalam berproduksi di Tanjab Barat,” ungkap Anwar Sadat.

Dimana kata Bupati berdasarkan data bahwa realisasi pada 2020 ada penurunan dalam CSR perusahaan di Tanjab Barat.

BACA JUGA :  Gubernur Al Haris Resmi Buka Kompetisi Liga 3 Provinsi Jambi 2021 di Muara Bulian

Bupati menegaskan berdasarkan Perda, perusahaan harus menyelaraskan dengan program pemerintah. Agar bisa diukur pertanggungjawaban sosial yang dilakukan perusahaan.

Lebih jauh, Anwar Sadat meminta perusahaan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas program TJSLP agar memberi dampak signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar perusahaan.

Kemudian, kata Anwar Sadat program yang dijalankan bisa sinkron dan terintegrasi dengan program yang direncanakan Pemkab. Sebab dampak program dilaksanakan melalui CSR selama ini belum optimal dan masih bersifat karitatif saja.

“Saya berharap kalangan dunia usaha dapat menjadikan program CSR sebagai salah satu bentuk investasi bagi perusahaan demi pertumbuhan dan keberlanjutan perusahaan dan bukan menganggapnya sebagai komponen biaya semata melainkan sarana meraih keuntungan. Jadikan CSR sebagai komitmen perusahaan untuk mendukung terciptanya pembangunan yang berkelanjutan,” ujarnya.

BACA JUGA :  Pulang Kerja, Istri di Muara Papalik Temukan Suami Meninggal Gantung Diri di Pondok

“CSR di Tanjab Barat diatur lewat Perda untuk meminimalisir dari orang yang tidak bertanggung jawab. Penggunaannya diaudit jadi akan sulit untuk di salahgunakan termasuk oleh Bupati sekalipun. Karena dana CSR langsung masuk ke Sekretariat Forum TJSLP,” sambung Bupati Anwar Sadat.

“Sekali lagi, kami menggugah bapak/ibu untuk saling bahu membahu bekerjasama membangun Tanjab Barat,” ucap Anwar Sadat.

Ketua Forum TJSLP, Pimpinan Petrochina International Jabung Ltd yang diwakili Comdev Supervisor, Yulian khusus pikahnya Petrochina sangat mendukung Forum TJSLP, karena sesuai dengan Pedoman Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Industri SKK Migas.

BACA JUGA :  Sulit Dapatkan Solar, Sejumlah Nelayan di Kuala Tungkal Tak Bisa Melaut

“Setuju program-program CSR harus sinergi dengan Pemda, prioritas kita yang berada di ring 1 perusahaan, tapi petrochina pernah adakan program CSR di luar ring 1 seperti di seberang kota berupa pembangunan pustu. Petrochina selaku ketua forum TJSLP mengajak kawan2 perusahaan juga bisa berkontribusi di luar ring 1 perusahaan,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Bappeda H. Fairdaus Khatab melaporkan Raker Forum TJSLP mengundang 60 perusahaan dari 57 perusahaan yang telah bergabung dalam Forum Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TJSLP) Tanjab Barat.

“Anggota Forum TJSLP Tanjab Barat berjumlah 57 perusahaan yang bergerak di berbagai bidang mulai dari SDA, Perkebunan, Hasil Kelapa, Hasil Pinang, Perbankan dan BUMN yang harus menyelenggarakan tanggung jawab sosial,” ujar Firdaus.(*)

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

Final, Bupati Anwar Sadat Pastikan Reshuffle Seluruh OPD

Berita

Mudahkan Pelayanan Perizinan, DPM-PTSP Lakukan Sistem Jemput Bola

Pemerintahan

ASN di Tanjab Barat Wajib Update Data Melalui Aplikasi MySAPK

Pemerintahan

Hadiri Rakor TP2DD, Anwar Sadat : Tanjabbar Terus Kembangkan Digitlisasi

Nasional

Pemkab Tanjab Barat Terima Anugrah UI Award 2019

Pemerintahan

Bupati Ingatkan Lurah Jangan Mark Up dan Fiktif Kelola Dana Kelurahan

Berita

Unik, Kesbangpol Bersama Instansi Terkait Bahas Situasi Politik dan Tahapan Pilkada Lewat Coffe Morning di Warkop

Pemerintahan

Terkait Transaparansi Data Produksi dan Sumur Migas, Wabup Tanjabbar Datangi ADPMET