LIVE TV
Mau Coba Pakai RA WhatsApp Versi Terbaru 2021, Download di Sini Hingga Lebaran Kedua, 700 Kendaraan Mengarah ke Jambi Diputar Balik Buang Bayi, Seorang Ibu Diamankan Polisi Lebaran 2021, Aktifitas Perahu Tambang Sepi Penyebrangan Tak Setuju Kebijakan Baru WhatsApp, 11 Fiturnya Bakal Tak Berfungsi Lagi

Home / Opini / Pilkada

Rabu, 26 Agustus 2020 - 23:04 WIB

3 Pasang Calon di Pilkada Jambi, Parpol Sudah Terbagi Habis?

Ilustrasi Pilkada Gubernur Jambi 2020

Ilustrasi Pilkada Gubernur Jambi 2020

JAMBI – Parpol pengusung pasangan calon di Pilkada Gubernur Jambi 2020, kini sepertinya sudah habis terbagi?

PAN terakhir membuat poros dan keputusan baru ketimbang bergabung dengan koalisi JAMBI BANGKIT atau Fasha-AJB. Hingga dipastikan Pilgub Jambi hanya 3 pasang calon.

Partai berlambang matahari ini memilih mengusung Bupati Merangin yakni Al Haris yang berselancar dengan Abdullah Sani yang sebelumnya telah cukup kursi untuk mendaftar ke KPU dengan perahu PKS, PKB plus Berkarya menjadi 18 kusi dengan pasukan kursi PAN.

Hingganya satu pasangan calon yakni Fasha-AJB kandas karena hanya dengan 5 kursi dari PPP dan Nasdem.

Sementara kandidat petahana Fachrori Umar yang berpasangam dengan Jenderal Polisi Bintang 2 asal Kerinci kini telah cukup dengan 3 partai pengusung Gerindra, Demokrat dan Hanura.

16 kursi yang dimiliki FU-Syafril Nursal sudah melebihi syarat minimal 20 % untuk melenggang ke bursa calon.

Pun demikian pasangan Cek Endra-Ratu berlabuh dengan 2 partai besar yakni Golkar dan PDI-P juga punya 16 kursi di parlemen.

Dari tiga bakal pasangan calon di atas, Ratu Munawarroh adalah wajah baru di panggung kontestasi Pilkada Gubernur Jambi yang menobatkan diri sebagai wakil CE.

Ini kali pertama istri mantan Gubernur Jambi H. Zulkifli itu terjun ke dunia politik untuk kepala Daerah, setelah sebelumnya pernah jadi anggota DPR RI.

Munculnya Ratu, disebut-sebut mencairkan suhu politik di Pilkda Jambi dalam rivalitas kubu petahana FU serta Al Haris-Sani. Ratu diyakini akan meraup suara dukungan dari kalangan kaum hawa.

Lantas, kemana arah dukungan Fasha-AJB dan Parpol pendukung?

Atau masih mungkinkah dukungan parpol masih bisa berubah sepanjang belum didaftarkan ke KPU pada 4 hingga 6 September nanti,………(*)

Share :

Baca Juga

Pilkada

Jelang Pencabutan Nomor Urut, Kapolres, Dandim, Ketua KPU dan Bawaslu Sosialisasikan Prokes COVID-19 ke Posko Pemenangan Paslon

Pilkada

Enam Kandidat Bakal Calon Bupati Tanjab Barat Mendaftar Di Penjaringan Partai NasDem

Pilkada

MK Kebajiran Pengajuan Gugatan PHP Pilkada, Dua Diantaranya dari Jambi

Pilkada

Berkas Pasangan Mulyani-Amin Dinyatakan Lengkap oleh KPU

Nasional

Terkait Ini, 51 Calon Kepala Daerah Petahana Ditegur Mendagri

Pilkada

DPT Pilkada Serentak Tanjabbar Berjumlah 211.623 Pemilih

Pilkada

Gerindra Usung Anwar Sadat – Hairan di Pilkada Tanjab Barat

Pilkada

Kampanye Dimulai 3 Hari Setelah Penetapan Pasangan Calon, Begini Teknisnya