indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
Gubernur Jambi Lepas Kontingen SOIna Mengikuti PeSONas di Semarang Serunya Jambi Night Market Melayu Merayu Digelar Setiap Malam Minggu Bersama Ketua Bhayangkari, Kapolres Tanjab Timur Tabur Bunga di Makosat Polair Sedan dan Pajero Terlibat Tabrakan di Kota Jambi, Begini Kondisinya Terkena Abrasi, Lima Rumah di Kampung Nelayan Rusak Parah

Home / Tanjab Barat

Rabu, 1 Juni 2022 - 01:17 WIB

Atas Dasar Kemanusiaan, Polsek Tungkal Ilir Selesaikan Kasus Percobaan Pencurian dengan Jalan Ini

Kapolsek Tungkal Ilir IPTU Agung Heru Wibowo memimpin proses perdamaian antara korban dan terduga pelaku yang turut disaksikan Ibu, Warga, Ketua RT masing - masing dan BKTM, Selasa (31/5/22). Foto : lintastungkal

Kapolsek Tungkal Ilir IPTU Agung Heru Wibowo memimpin proses perdamaian antara korban dan terduga pelaku yang turut disaksikan Ibu, Warga, Ketua RT masing - masing dan BKTM, Selasa (31/5/22). Foto : lintastungkal

KUALA TUNGKAL – Penyelesaian percobaan pencurian 2 (Dua) Ekor Ayam oleh terduga Pelaku JJ (18) Warga RT 017 Kelurahan Tungkal Harapan, terhadap ternak milik korban A Sayuti (77) Warga Jalan Aryan RT 011 Kelurahan Patunas, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, oleh Polsek Tungkal Ilir menemukan kedua belah pihak.

Percobaan pencurian yang terjadi Selasa (31/5/22) sekitar Pukul 04.00 Wib di Jalan Aryan sempat gagal. Lantaran, aksi yang dilakukan JJ keburu kepergok oleh tetangga Korban. Karena panik terduga pelaku meninggalkan sepeda motor yang digunakan untuk melakukan pencurian.

“Kedua belah pihak sudah sepakat berdamai dan tidak memperpanjang hal ini. Memang kalau dilihat dari perbuatannya pencurian. Mengingat dan menimbang yang bersangkutan mengakui melakukan pencurian untuk beli susu anak, kita berbicara hati nurani masalah ini diselesaikan dengan Restorative Justice,” ungkap Kapolres Tanjung Jabung Barat AKBP Muharman Arta melalui Kapolsek Tungkal Ilir IPTU Agung Heru Wibowo.

BACA JUGA :  Hadiri Puncak Hari Adat Melayu Provinsi Jambi, Tholib Serahkan Sertifikat KIK

Agung mengatakan, adil tidak harus di Pengadilan. Maka dari itu semua pihak dihadirkan di Polsek Tungkal Ilir, baik itu Korban Pak Sayuti, JJ, Pak RT dan BKTM untuk memberikan kesempatan menyelesaikan persoalan ini secara kemanusiaan.

“Kedepan Pak RT tidak bisa diselesaikan seperti ini lagi. Apabila perbuatan seperti ini kembali dilakukan akan di proses hukum,” sebut Kapolsek mengingatkan agar membina JJ.

Agung menjelaskan, penyelesaian persoalan ini telah dibuatkan Surat perdamaian. Dan kedepan terhadap JJ sama – sama diingatkan dan dibina. “Makanya Pak RT dan Ibu (Orang Tua JJ,red) dihadirkan disini,” kata Kapolsek.

Masih dikatakan Kapolsek Tungkal Ilir IPTU Agung Heru Wibowo, Korban Pak Sayuti sudah tidak memperpanjang persoalan ini. Untuk JJ diharap setiap Senin dan Kamis melapor ke Polsek Tungkal Ilir.

“Untuk adik kita JJ setiap Senin dan Kamis minta tolong wajib Lapor ke BKTM datang ke Polsek melapor. Kami akan melihat, memantau selama 1 (Satu) hingga 2 (Dua) Bulan apakah yang bersangkutan berubah ke arah yang lebih baik,” jelasnya.

BACA JUGA :  Pemprov Jambi Gelar Acara Pelepasan Purna Bhakti Kajati Jambi

“Intinya permasalahan ini tidak diperpanjang dan adik kita JJ ini tidak mengulangi perbuatannya lagi. Apabila kedepan masih melakukan akan kita proses secara hukum. Jadi manfaatkan kesempatan ini untuk berubah menjadi orang yang lebih baik. Apalagi JJ sudah punya Anak,” pungkas Kapolsek.

Untuk diketahui proses perdamaian yang dilakukan kedua belah pihak di Mapolsek Tungkal Ilir, Korban yang sudah memaafkan perbuatan Pelaku, keduanya menandatangani surat perdamaian yang turut disaksikan Ketua RT, Warga yang menjadi saksi.

Usai penandatanganan Surat Perdamaian, dihadapan saksi dan Anggota Polsek Tungkal Ilir, JJ menyalami Pak Sayuti untuk meminta maaf.

Kemudian untuk kendaraan yang digunakan terduga Pelaku saat melakukan percobaan pencurian, sudah dikembalikan ke Pemiliknya yang juga menjadi saksi perdamaian, dengan menyertakan Surat – Surat kendaraan.(Bas)

Share :

Baca Juga

Tanjab Barat

H-10 Lebaran Arus Penumpang di Pelabuhan Roro Kuala Tungkal Mulai Terjadi Lonjakan

Tanjab Barat

1.047 Orang Kafilah 11 Kabupsten/Kota Ramaikan MTQ ke 50 Provinsi Jambi di Tanjab Barat

Tanjab Barat

Dua Tahun Vakum, FASI Tingkat Kabupaten Tanjab Barat Kembali Diselenggarakan

Tanjab Barat

PetroChina Gelar Sosialisasi Pengenalan Kegiatan Hulu Migas Bersama HMI Cabang Tanjabbar

Tanjab Barat

Besok Ada Jadwal Vaksinasi Massal di WFC

Tanjab Barat

Hindari Kerumunan Haul Syekh Muhammad Ali Bin Syekh Abdul Wahab, Polres Tanjabbar Fasilitasi Panitia Zoom Metting

Tanjab Barat

Puluhan Wartawan di Tanjab Barat Ikut Divaksin Covid-19

Tanjab Barat

HUT ke 50, Basarnas Jambi Bagikan Sembako dan Jaket Pelampung ke Nelayan Kuala Tungkal