YTUBE
Pembinaan dan Penguatan BKTM, Senkom dan Pokdar Kamtibmas Polres Tanjabbar BREAKING NEWS : Komisi I DPR Setujui Yudo Margono Jadi Panglima TNI Besok, Sejumlah Wilayah di Tanjab Barat Terkena Pemadaman Petugas Gagalkan Penyelundupan Ganja dan Sabu ke LP Via Mobil Sampah Daftar 9 Jenderal Bintang 3 Calon KSAL Gantikan Yudo Margono

Home / Tanjab Barat

Kamis, 6 Oktober 2022 - 23:37 WIB

Bupati Anwar Sadat buka Peluang Singapura Berinvestasi di Sektor Hilirisasi Pertanian dan Perkebunan

Asisten Ekonomi Pembangunan, Kepala Bappeda, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Kesehatan, dan Dua ASN utusan Bupati foto bersama dengan Konjen Singapura di Medan DR Edmund usai Audiensi. FOTO : Prokopim

Asisten Ekonomi Pembangunan, Kepala Bappeda, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Kesehatan, dan Dua ASN utusan Bupati foto bersama dengan Konjen Singapura di Medan DR Edmund usai Audiensi. FOTO : Prokopim

SUMATERA UTARAPemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat membuka peluang bagi Investor yang berminat berinvestasi pada sektor hilirisasi produk-produk pertanian dan perkebunan di Tanjung Jabung Barat.

Hal tersebut disampaikan Bupati H. Anwar Sadat saat mengikuti pertemuan bersama Konsulat Jenderal Singapura di Medan DR Edmund Chia.

Bahkan Bupati telah mengutus Asisten Ekonomi Pembangunan, Kepala Bappeda, Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Dinas Pendidikan untuk menjabarkan secara teknis peluang investasi di Tanjung Jabung Barat.

Bupati Anwar Sadat tidak hanya membuka peluang investasi, tetapi juga mengusulkan kiranya dapat diikutsertakan kembali pada kegiatan Short Course baik di bidang Pendidikan maupun di bidang kesehatan seperti pelatihan dokter, perawat serta manajemen pengelolaan Rumah Sakit.

Anwar Sadat menjabarkan, Kabupaten Tanjung Jabung Barat memiliki lebih dari 55 ribu hektar kelapa dalam, hampir 70 ribu hektar Kelapa sawit dan 11.500 hektar pinang dengan produksi yang baik.

BACA JUGA :  Rumah Sakit dr Bratanata Jambi Gelar Pelatihan Penanganan Pasien Trauma Akut

“Namun sampai saat ini sebagian besar ekspor karena belum ada industri hilir di Tanjab Barat. Melalui kesempatan ini, melalui Bapak Konsulat Jenderal, kami mohon bantuan untuk dapat menfasilitasi investor yang berminat berinvestasi pada sektor hilirisasi produk-produk pertanian dan perkebunan di Tanjung Jabung Barat,” katanya.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan, dari catatan kami ekspor non migas terbesar Provinsi Jambi sampai pertengahan 2022 adalah ke Singapore dengan nilai lebih dari US$ 84.000. Khusus untuk Kelapa dan Pinang 50 persen dari nilai ekpor kelapa dan pinang berasal dari Tanjab Barat.

Dalam kesempatan tersebut Bupati H. Anwar Sadat juga memperkenalkan Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Kabupaten Tanjung Jabung Barat merupakan salah satu Kabupaten yang terletak dibagian Timur Provinsi Jambi dengan penduduk lebih kurang 326.000 jiwa yang tinggal di 11 Kecamatan, 134 Desa/Kelurahan.

“Sebagian besar penduduk kami bekerja di sektor pertanian. dimana 31,13 persen PDRB disumbangkan sektor pertanian, 29, 15 persen dari sektor pertambangan dan penggalian dan 1746 persen dari industri pengolahan dengan tingkat pertumbuhan ekonomi 1,36 persen yang turun sejak covid-19, biasanya pertumbuhan ekonomi kami selalu diatas 5 persen,” jelasnya.

BACA JUGA :  Kapolsek Muara Tembesi Terima Penyerahan Senpi Rakitan dari Warga

Bupati Anwar Sadat menambahkan, secara geografis, Kota Kuala Tungkal sebagai Ibukota Kabupaten dapat dicapai hanya 2,5 Jam dari Jambi, dengan Mobil atau 120 KM dan 6 Jam dengan speedboat dari Batam.

“Dan sekarang setiap hari ada kapal Ro-Ro yang melayani penumpang dan barang dari Kuala Tungkal ke Batam yang membawa hasil bumi baik dari Provinsi Jambi maupun dari daerah lain,” ungkap Bupati.

“Melalui kesempatan yang baik ini Kami juga mengundang Bapak Konsul untuk dapat mengunjungi Kabupaten Tanjab Barat jika Bapak Konsul melaksanakan kunjungan kerja ke Provinsi Jambi,” ucap Bupati H Anwar Sadat.(Bas)

Asisten Ekonomi Pembangunan, Kepala Bappeda, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Kesehatan saat audiensi dengan Konjen Singapura di Medan DR Edmund Chia dan diikuti secara virtual oleh Bupati H Anwar Sadat dari Mall Pelayanan Publik, Kamis (6/10/22). FOTO : Prokopim

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Tanjab Barat

Dahsyat! Pawai Takbiran Belum Dimulai Warga Sudah Padati Jalan

Tanjab Barat

HPN 2021, PKS Gelar Silaturrahmi dan Perkenalan Kepengurusan Baru dengan Insan Pers

Tanjab Barat

Sepanjang 2022 Polres Tanjab Barat Berhasil Ungkap 37 Kasus Narkoba dengan 55 Tersangka

Tanjab Barat

Layani Peserta Vaksinasi Lansia, Kapolres dan Dandim Sajikan Nasi Goreng serta Berikan Giveaway

Berita

Hasil Rapid Test 284 Pedagang Empat Pasar di Kuala Tungkal Non Reaktif

Daerah

Lima Organisasi Honorer se Provinsi Jambi Akan Gelar Musyawarah Besar

Tanjab Barat

Danrem 042/Gapu Berharap, Renovasi Gedung Makodim 0419/Tanjab Dapat Meningkatkan Kinerja Satuan

Tanjab Barat

Anwar Sadat-Hairan Tancap Gas Realisasi Janji Kampanye