Danrem 042 Gapu Support Warga Desa Labuhan Pering Tanam Pinang

  • Whatsapp
FOTO : Danrem 042/Gapu Brigjen 042/Gapu Brigjen TNI M. Zulkifli  Saat Menegang Buah Pinang Ketika Berkunjung Ke Lokasi TMMD Kodim 0419/Tanjab di Desa Labuhan Pering,  Rabu (15/07/20)

MUARA SABAKDanrem 042/Gapu Brigjen TNI M. Zulkifli mengungkapkan Pinang sebagai tanaman yang “dekat” dengan kehidupan masyarakat Desa Labuhan Pering, Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Hal itu disampaikan Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Zulkifli saat mendampingi Tim Wasev Mabesad meninjau Lokasi TMMD 108 Kodim 0419/Tanjab di Desa Labuhan Pering, Rabu (15/07/20).

Berita Lainnya

“Harga pinang dan kegunaannya yang beragam memang menjadi salah satu daya tariknya. Pinang sudah menjadi komoditi besar bagi petani Labuhan Pering sebagai pemasukan ekonomi keluarga, seperti halnya Kelapa,” ujarnya.

Menurut Danrem, mengingat harga Kelapa dan Sawit sebagai eksistensi dan potensi hasil utama petani Labuhan Pering kini harganya mulai “panas-dingin” di Kabupaten Tanjab Timur, Jambi.

Potensi inilah, yang kemudian dibidik oleh petani Pinang yang pasarannya memang kerap dibilang menjanjikan.

Diungkapkannya bahwa demi mendapatkan buah Pinang yang berkualitas untuk harga Pinang yang mampu mencapai harga kisaran yang diinginkan oleh masyarakat, tentunya berasal dari pembibitan Pinang itu sendiri.

“Pinang yang berkualitas berasal dari bibit yang berkualitas pula,” ungkap Danrem.

Danrem 042/Gapu sangat mengapresiasi pada hasil perkebunan pinang di Kec. Sadu khususnya di Desa Labuhan Pering yang saat ini sebagai Lokasi TMMD ke-108 TA. 2020 Kodim 0419/Tanjab ini.

Pinang ini, jika tidak di sabit atau tidak diambil dalam sebulan hanya 1 kali panen, tetapi jika di sabit/diambil dalam sebulan dapat 2 kali panen.

“Menurut saya pinang ini adalah pinang terbaik, tandan pohonnya lebat dan berisi,” imbuhnya disela waktu istirahat di sekitar Poskotis TMMD.

Menurut warga, Pinang yang telah di kupas dan di keringkan akan di kirim ke Jambi atau ke Nipah Panjang lalu di ekspor ke India dan Pakistan.(*/)

Berita terkait