LIVE TV
HNW : Rencana Pajaki Sembako dan Jasa Pendidikan oleh Pemerintah Tak Sesuai Pancasila Polsek Tungkal Ilir Amankan 2 Orang dalam Ops Premanisme Kapolsek Betara Hadiri Penutupan Pelatihan Sekolah Lapang Petani Gambut di Desa Mandala Jaya Ruang Isolasi Pasien C-19 di Balai Adat Penuh Pleno KPU Jambi Tetapkan Al Haris-Abdullah Sani Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih

Home / Pertanian

Kamis, 16 Juli 2020 - 20:15 WIB

Danrem 042 Gapu Support Warga Desa Labuhan Pering Tanam Pinang

FOTO : Danrem 042/Gapu Brigjen 042/Gapu Brigjen TNI M. Zulkifli  Saat Menegang Buah Pinang Ketika Berkunjung Ke Lokasi TMMD Kodim 0419/Tanjab di Desa Labuhan Pering,  Rabu (15/07/20)

FOTO : Danrem 042/Gapu Brigjen 042/Gapu Brigjen TNI M. Zulkifli  Saat Menegang Buah Pinang Ketika Berkunjung Ke Lokasi TMMD Kodim 0419/Tanjab di Desa Labuhan Pering,  Rabu (15/07/20)

MUARA SABAKDanrem 042/Gapu Brigjen TNI M. Zulkifli mengungkapkan Pinang sebagai tanaman yang “dekat” dengan kehidupan masyarakat Desa Labuhan Pering, Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Hal itu disampaikan Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Zulkifli saat mendampingi Tim Wasev Mabesad meninjau Lokasi TMMD 108 Kodim 0419/Tanjab di Desa Labuhan Pering, Rabu (15/07/20).

“Harga pinang dan kegunaannya yang beragam memang menjadi salah satu daya tariknya. Pinang sudah menjadi komoditi besar bagi petani Labuhan Pering sebagai pemasukan ekonomi keluarga, seperti halnya Kelapa,” ujarnya.

Menurut Danrem, mengingat harga Kelapa dan Sawit sebagai eksistensi dan potensi hasil utama petani Labuhan Pering kini harganya mulai “panas-dingin” di Kabupaten Tanjab Timur, Jambi.

BACA JUGA :  Ruang Isolasi Pasien C-19 di Balai Adat Penuh

Potensi inilah, yang kemudian dibidik oleh petani Pinang yang pasarannya memang kerap dibilang menjanjikan.

Diungkapkannya bahwa demi mendapatkan buah Pinang yang berkualitas untuk harga Pinang yang mampu mencapai harga kisaran yang diinginkan oleh masyarakat, tentunya berasal dari pembibitan Pinang itu sendiri.

“Pinang yang berkualitas berasal dari bibit yang berkualitas pula,” ungkap Danrem.

Danrem 042/Gapu sangat mengapresiasi pada hasil perkebunan pinang di Kec. Sadu khususnya di Desa Labuhan Pering yang saat ini sebagai Lokasi TMMD ke-108 TA. 2020 Kodim 0419/Tanjab ini.

BACA JUGA :  Bupati Hadiri Acara Dialog Petani dan Penyerahan Sertifikat RSPO di Renah Mendaluh

Pinang ini, jika tidak di sabit atau tidak diambil dalam sebulan hanya 1 kali panen, tetapi jika di sabit/diambil dalam sebulan dapat 2 kali panen.

“Menurut saya pinang ini adalah pinang terbaik, tandan pohonnya lebat dan berisi,” imbuhnya disela waktu istirahat di sekitar Poskotis TMMD.

Menurut warga, Pinang yang telah di kupas dan di keringkan akan di kirim ke Jambi atau ke Nipah Panjang lalu di ekspor ke India dan Pakistan.(*/)

Share :

Baca Juga

Kecamatan

Safrial Tanam Perdana Replating Sawit di Desa Lampisi

Pertanian

Kapolres Hadiri Penanaman 3000 Bibit Hortikultura Optimalisasi Hasil Olah Limbah Lahan Pupuk Kompos di Lahan Rakyat

Pertanian

Bupati Syukuran Panen Padi Gapoktan BERKAH di Desa Pembengis

Pertanian

Pemkab Tanjabbar Ajukan Replating 5 Ribu Hektar Sawit

Provinsi Jambi

Fachrori Dorong Ekonomi Kerakyatan Melalui Peremajaan Sawit Rakyat

Pertanian

Beras Petani di Senyerang Tak Laku, Gerbang Tani Pinta Pemkab Carikan Solusi

Advetorial

Bupati Safrial Tanam Secara Simbolis 10 Ribu Kopi Liberika Tungkal Komposit Di Area KUB Haji Bangun Betara

Pertanian

Tetap Produktif di Masa Pandemi, Persit Koorcab Rem 042 Manfaatkan Pekarangan Rumah Bercock Tanam