YTUBE
Program Kerja Kadis Dikbud Muaro Jambi, Urutan 2 Bikin Repot Guru Punya Kebiasan Ini Ini Pesan Penting Danrem 042/Gapu Saat Apel Gabungan, Prajurit Harus Tahu Calon Kades se Kecamatan Senyerang Nyatakan Sikap Deklarasi Pilkades Damai Pengamanan Pilkades Serentak 2022, Panitia Diminta Laksanakan Sesuai Protap Klasemen Sementara Liga Santri Piala Kasad 2022 di Provinsi Jambi

Home / Provinsi Jambi

Rabu, 20 Oktober 2021 - 01:23 WIB

Gubernur Jambi Nyatakan Tahun 2022 Tahun Pertama Penerapan Dumisake

Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris

Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris

JAMBI – Gubernur Jambi H. Al Haris menyatakan bahwa Tahun 2022, akan menjadi tahun pertama penerapan program Jambi Mantap dan Dumisake (Dua Miliar Satu Kecamatan).

Hal itu diungkapkan Al Haris kepada wartawan usai Rapat Paripurna DPRD Provinsi Jambi Penyampaian Nota Pengantar RKU APBD dan Rancangan PPAS APBD 2022, Jumat (15/10/21).

“Tahun 2022 merupakan tahun pertama implementasi Visi JAMBI MANTAP, Rancangan KUA PPAS yang disampaikan ini juga telah mengakomodir program prioritas pendukung JAMBI MANTAP, antara lain Program DUMISAKE yang dilaksanakan melalui dua mekanisme yaitu belanja pada Perangkat Daerah dan Bantuan Keuangan pada Pemerintah Kabupaten/ Kota/ Desa,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Apresiasi Program JMS, Pauzan Berharap Siswa Mengerti dan Patuh Hukum

Lanjut Gubernur menegaskan pada pelaksanaan Program DUMISAKE yang bukan kewenangan Pemerintah Provinsi, akan dilakukan melalui mekanisme bantuan keuangan pada pemerintah Kabupaten/Kota/Desa dengan besaran 100 juta rupiah per desa/kelurahan atau secara keseluruhan berjumlah 156,2 miliar rupiah.

Disebutkan Gubernur, komponen yang dibiayai melalui bantuan keuangan ini adalah bantuan operasional Lembaga Adat Desa/Kelurahan; honorarium imam masjid, marbot, pegawai syara’ dan guru mengaji/TPA; bantuan bagi kaum perempuan, fakir miskin, anak terlantar, lansia, penyandang disabilitas dan kelompok rentan lainnya; insentif pengelola dana bantuan keuangan Pemerintah Provinsi Jambi serta pembangunan infrastruktur pedesaan.

BACA JUGA :  Komisi III DPR RI Reses di Provinsi Jambi Dalam Masa Persidangan V Tahun 2021-2022

“Dalam kesempatan ini dapat kami sampaikan pula bahwa kami mengusulkan sejumlah sub kegiatan yang akan dilaksanakan dalam bentuk tahun jamak. Selain mempertimbangkan kemampuan anggaran, hal ini juga didasarkan pada pertimbangan pekerjaan konstruksi yang membutuhkan waktu penyelesaian lebih dari 12 bulan,” ujar Gubernur.

Adapun rencana sub kegiatan tahun jamak yang gubernur usulkan adalah penanganan jalan pada ruas jalan Simpang Talang Pudak-Suak Kandis; dan ruas jalan Simpang Pelawan-Sungai Salak-Pekan Gedang/Batang Asai.

“Kemudian dan ruas jalan Sungai Saren-Teluk Nilau-Parit 10 Senyerang, serta pembangunan stadion; dan Islamic Center,” ungkapnya.(Val)

Share :

Baca Juga

Provinsi Jambi

Ini 8 Perusahaan Batu Bara di Jambi Yang Sanksi Oleh Ditjen Minerba

Provinsi Jambi

Pemprov Jambi Gelar Acara Pelepasan Purna Bhakti Kajati Jambi

Provinsi Jambi

Peringati HUT ke 69, Prajurit Kopassus beserta Sesepuh di Jambi Gelar Syukuran

Provinsi Jambi

Al Haris Apresiasi SKK Migas dalam Mendorong Peningkatan Ekonomi Masyarakat Jambi

Provinsi Jambi

BPSDM Provinsi Jambi Gelar Pelatihan Peningkatan SDM ASN Berbasis Kompetensi

Provinsi Jambi

Jaksa Agung : Kebijakan Keadilan Restoratif Telah Menjadi Brand Kejaksaan dan Mendapat Respon Sangat Positif dari Masyarakat

Covid-19

33 Orang di Jambi Masih Tunggu Hasil SWAB

Provinsi Jambi

BNNP Jambi Imbau Instansi Pemerintah Agar Waspadai ASN Terlibat Narkoba