LIVETV
Polres Muaro Jambi Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana Firman Shantyabudi Resmikan Mako Polairud Polda Jambi Ini Aturan Terkait Natal dan Tahun Baru Terhadap Sekolah 163 CPNS Tanjab Barat Terima SK Pengangkatan PNS Sarifudin Mengingatkan BLT Tidak Dimanfaatkan Untuk Mengambil Keuntungan

Home / Provinsi Jambi

Rabu, 20 Oktober 2021 - 01:23 WIB

Gubernur Jambi Nyatakan Tahun 2022 Tahun Pertama Penerapan Dumisake

Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris

Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris

JAMBI – Gubernur Jambi H. Al Haris menyatakan bahwa Tahun 2022, akan menjadi tahun pertama penerapan program Jambi Mantap dan Dumisake (Dua Miliar Satu Kecamatan).

Hal itu diungkapkan Al Haris kepada wartawan usai Rapat Paripurna DPRD Provinsi Jambi Penyampaian Nota Pengantar RKU APBD dan Rancangan PPAS APBD 2022, Jumat (15/10/21).

“Tahun 2022 merupakan tahun pertama implementasi Visi JAMBI MANTAP, Rancangan KUA PPAS yang disampaikan ini juga telah mengakomodir program prioritas pendukung JAMBI MANTAP, antara lain Program DUMISAKE yang dilaksanakan melalui dua mekanisme yaitu belanja pada Perangkat Daerah dan Bantuan Keuangan pada Pemerintah Kabupaten/ Kota/ Desa,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Firman Shantyabudi Resmikan Mako Polairud Polda Jambi

Lanjut Gubernur menegaskan pada pelaksanaan Program DUMISAKE yang bukan kewenangan Pemerintah Provinsi, akan dilakukan melalui mekanisme bantuan keuangan pada pemerintah Kabupaten/Kota/Desa dengan besaran 100 juta rupiah per desa/kelurahan atau secara keseluruhan berjumlah 156,2 miliar rupiah.

Disebutkan Gubernur, komponen yang dibiayai melalui bantuan keuangan ini adalah bantuan operasional Lembaga Adat Desa/Kelurahan; honorarium imam masjid, marbot, pegawai syara’ dan guru mengaji/TPA; bantuan bagi kaum perempuan, fakir miskin, anak terlantar, lansia, penyandang disabilitas dan kelompok rentan lainnya; insentif pengelola dana bantuan keuangan Pemerintah Provinsi Jambi serta pembangunan infrastruktur pedesaan.

BACA JUGA :  Cegah Stunting, Desa Pinang Gading Prioritaskan Ketersediaan Air Bersih

“Dalam kesempatan ini dapat kami sampaikan pula bahwa kami mengusulkan sejumlah sub kegiatan yang akan dilaksanakan dalam bentuk tahun jamak. Selain mempertimbangkan kemampuan anggaran, hal ini juga didasarkan pada pertimbangan pekerjaan konstruksi yang membutuhkan waktu penyelesaian lebih dari 12 bulan,” ujar Gubernur.

BACA JUGA :  Kronologi Laka Maut di Tanjung Bojo Scoopy VS Legenda, Hingga Korban Terbakar

Adapun rencana sub kegiatan tahun jamak yang gubernur usulkan adalah penanganan jalan pada ruas jalan Simpang Talang Pudak-Suak Kandis; dan ruas jalan Simpang Pelawan-Sungai Salak-Pekan Gedang/Batang Asai.

“Kemudian dan ruas jalan Sungai Saren-Teluk Nilau-Parit 10 Senyerang, serta pembangunan stadion; dan Islamic Center,” ungkapnya.(Val)

Share :

Baca Juga

Provinsi Jambi

DPW BKPRMI Provinsi Jambi Gelar Pelatihan Manajemen Metodoligi Iqra’ TPA

Covid-19

Lagi, Jambi Tambah 19 Kasus Positif Corona dan 1 Kasus Sembuh

Provinsi Jambi

Pemrov Jambi dan Telkomsel Luncurkan Program Merdeka Belajar Jarak Jauh

Provinsi Jambi

TNI-AD Ambil Alih 35 Ribu Hektar Lahan Rawan Karhutla di Kumpeh Ulu

Covid-19

Gubernur Jambi Pimpin Apel Terpadu Gelar Pasukan Operasi Pendisiplinan Protokol Kesehatan

Provinsi Jambi

Syahruddin Resmi Gantian H. Anwar Sadat di DPRD Provinsi Jambi

Provinsi Jambi

Ketua Persit Rem 042 dan Ketua TP PKK Prov Jambi Bagikan Sembako ke Warga Terdampak Pandemi Covid-19

Provinsi Jambi

Danrem Terima Piagam Penghargaan dari Menko Polhukam RI