LIVE TV
Turut Memajukan Cabor Taekwondo Tanjab Timur, PetroChina Bantu Peralatan Latihan PWI Sumut Kecam Penembakan Pemred Media Lokal Medan Bikin Resah Warga, Polisi Akan Bidik Pinjol Ilegal Pembelajaran Tatap Muka di Tebing Tinggi Akan Dilaksanakan Dengan Aturan Ketat Tanjabbar Kembali Berlakukan Jam Malam, Prokes Diperketat

Home / Teknologi

Senin, 18 Januari 2021 - 11:33 WIB

Ini 10 Fitur Menarik Aplikasi Messenger Signal

FOTO : Gambar Apilasi Signal Tampil di Ponsel Android/Sumber : Kompas

FOTO : Gambar Apilasi Signal Tampil di Ponsel Android/Sumber : Kompas

Signal adalah aplikasi perpesanan terenkripsi yang aman yang sering dianggap sebagai alternatif yang lebih pribadi untuk WhatsApp, Facebook Messenger, Skype, iMessage, Telegram dan SMS.

Aplikasi ini sendiri tersedia untuk mereka yang menggunakan Android, iPhone, dan iPad selain juga penggunaan untuk Windows, Mac, dan Linux. Untuk bergabung, Anda hanya membutuhkan nomor telepon dan mendaftarkan diri Anda secara gratis.

Mengutip urbandigital.id berikut 10 Fitur menarik dari Signal.

Mendukung Percakapan Personal dan Grup

Tentu saja, ini adalah fungsi aplikasi chatting modern. Sayangnya Signal tidak menyebutkan secara pasti batasan jumlah anggota percakapan grup.

End to end encryption

Signal merupakan produk dari Open Whisper Systems. Protokol yang ada di Signal kemudian juga dipakai di WhatsApp, Messenger, Skype, dan Google Allo. Metode enkripsi ini sudah melalui proses audit (sering diperdebatkan dengan MTproto yang dipakai Telegram yang sering disebut belum teruji).

Disappearing Message

Signal memiliki fitur yang membuat pesan secara otomatis terhapus. Pilihan durasi mulai dari 5 detik sampai 1 minggu. Kalau kamu memilih mengirim pesan seperti ini, akan muncul ikon jam pasir di tiap pesan.

BACA JUGA :  Kodim 0419/Tanjab Adakan Gerakan Donor 1000 Kantung Darah Hari Donor Darah se Dunia 2021

Mengunci Aplikasi

Kamu bisa mengunci aplikasi Signal. Sehingga pesan tidak bisa dilihat oleh mereka yang iseng membuka aplikasi ini di handphone-mu. Kamu bisa membukanya seperti screen lock Android (misalnya dengan sidik jari).

Mendukung Voice dan Video Call

Bisa melakukan panggilan suara dan video juga sudah jadi standar komunikasi. Signal bisa melakukan kedua hal ini. Bahkan kamu bisa melakukannya melalui proses enkripsi.

Mendukung Berbagai File

Sama seperti aplikasi chatting lain, kamu bisa mengirim berkas gambar/foto, video, audio, atau dokumen. Kamu juga bisa memilih koneksi untuk mengunduh berkas itu (Wi-Fi vs data seluler).

Mendukung Emoji dan GIF

Emoji dan GIF sudah menjadi salah satu cara ekspresi dalam percakapan. Signal juga sudah mendukungnya. Tapi memang belum ada stiker di sini. Ada, tapi stiker yang ditambahkan ke foto, bukan jenis seperti stiker WhatsApp, stiker Telegram, atau LINE.

BACA JUGA :  KPK Kembali Tahan 4 Mantan Anggota DPRD Provinsi Jambi

Mendukung Berbagai Platform

Sama seperti aplikasi chatting lain, kamu juga bisa menggunakan Signal di Android, iOS, atau di komputer melalui browser (aplikasi web). Ada ekstensi Signal di browser Google Chrome untuk mempermudah akses di komputer.

Bisa jadi aplikasi SMS/MMS

Di Android, kamu juga bisa memakai aplikasi Signal sebagai aplikasi Pesan utama untuk SMS dan MMS. SMS dan MMS tidak melalui proses enkripsi.

Mendukung Tema Aplikasi

Di aplikasi Signal, kamu bisa memilih tema terang dan gelap. Kalau terang, aplikasi akan bernuansa biru dan putih, sementara kalau gelap akan berwarna hitam.

Secara umum, aplikasi Signal memang berfungsi seperti aplikasi chatting lain. Ada kelebihan dan kekurangan di antara berbagai aplikasi tersebut. Namun dari sisi keamanan dan privasi, Signal berada di depan. Toh yang lain menggunakan protokol yang ada di dalamnya.(*)

Share :

Baca Juga

Teknologi

Microsoft Bakal Rilis Windows 11 Akhir Juni

Teknologi

Tak Setuju Kebijakan Baru WhatsApp, 11 Fiturnya Bakal Tak Berfungsi Lagi

Teknologi

Mau Coba Pakai RA WhatsApp Versi Terbaru 2021, Download di Sini

Teknologi

5 Penerapan Teknologi AI yang Memudahkan Aktivitas Manusia

Teknologi

Ingat, Besok Lebaran Ketiga Kebijakan Privasi Baru WhatsApp Akan Berlaku

Teknologi

Data Scientist: Prospek Karier yang Menjanjikan di Masa Depan

Teknologi

Tak Perlu Ganti Kartu SIM Untuk Pakai Jaringan 5G Telkomsel

Teknologi

Segera Hadir HP Samsung M62 Usung Batre 7000 mAh