LIVE TV
Bupati Tanjabbar, Kapolres dan Dandim Tinjau Pos Penyekatan Larangan Mudik Perbatasan Riau Persit KCK Koorcab Rem 042 Do’a Bersama untuk Awak KRI Nanggala 402 Danrem 042/Gapu bersama Kapolda Dampingi Pj Gubernur Jambi Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2021 Prestasi di Tengah Pandemi, Program Studi DKV ITEBA Raih Akreditasi Baik dari BAN-PT Idul Fitri 1442 H Merupakan Lebaran Digital

Home / Provinsi Jambi

Senin, 26 April 2021 - 23:27 WIB

Kasrem 042/Gapu Hadiri Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah Tahun 2021

FOTO : Kepala Staf Korem (Kasrem) 042/Gapu Kolonel Inf M. Yamin Dano menghadiri upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah KE-XXV Tahun 2021, di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Senin (26/04/21).

FOTO : Kepala Staf Korem (Kasrem) 042/Gapu Kolonel Inf M. Yamin Dano menghadiri upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah KE-XXV Tahun 2021, di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Senin (26/04/21).

JAMBI – Komandan Korem 042/Gapu Brigjen TNI M. Zulkifli diwakili Kepala Staf Korem (Kasrem) 042/Gapu Kolonel Inf M. Yamin Dano menghadiri upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah KE-XXV Tahun 2021, di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Senin (26/04/21).

Acara ini dilaksanakan secara daring/virtual dihadiri oleh Pj. Gubernur Jambi dan seluruh Gubernur, Bupati, dan Walikota, Ketua DPRD Provinsi, Ketua DPRD Kab/Kota, Forkopimda Provinsi dan Forkopimda Kab/Kota se luruh Indonesia.

BACA JUGA :  Bupati Tanjab Barat Minta Masyarakat Ambil Sisi Positif dari Larangan Mudik

Hari otonomi daerah Ke-XXV mengangkat  Tema “Bangun semangat kerja dan tingkatkan gotong royong di masa pandemi Covid-19 untuk masyarakat sehat, ekonomi daerah bangkit, dan Indonesia maju”.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada upacara teraebut mengatakan, dalam menjalankan otonomi daerah (otda) agar berkualitas dibutuhan kepemimpinan yang adaptif.

“Pelaksanaan otonomi daerah yang berkualitas membutuhkan kepemimpinan adaptif,” ujar Wapres.

Kepemimpinan adaptif yang dimaksud adalah seorang pemimpin yang mampu menghadapi berbagai situasi serta cepat dan tepat dalam bertindak. Selain itu, pemimpin yang adaptif juga berorientasi pada pemecahan masalah dengan selalu menyesuaikan dirinya terhadap perubahan dan keadaan baru.

BACA JUGA :  Bupati Tanjabbar, Kapolres dan Dandim Tinjau Pos Penyekatan Larangan Mudik Perbatasan Riau

“Penyelenggaraan otonomi daerah merupakan bentuk pengakuan pemerintah pusat terhadap kemandirian daerah guna mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,” kata Ma’ruf.

Otonomi daerah juga disebutkan Ma’ruf meningkatkan daya saing daerah melalui pemberdayaan masyarakat dan pemerintah daerah untuk mencapai tujuan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA :  Bupati Pastikan Turun Langsung Pantau Pos Penyekatan Mudik

“Peringatan Hari Otonomi Daerah saat ini menjadi momentum yang tepat untuk melihat kembali dinamika dan tantangan yang dihadapi pemerintahan daerah di masa yang akan datang,” kata Ma’ruf Amin.

Secara filosofis, kata dia, kebijakan otonomi daerah dimaknai sebagai mekanisme penyelenggaraan pemerintahan dengan memindahkan lokus pemerintahan dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah.

Pemindahan lokus tersebut disertai dengan pemberian kewenangan khusus untuk mengurus dan mengatur urusan-urusan tertentu secara mandiri.(*)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Daerah

Gubernur Jambi Serahkan Hewan Qurban Keluarga ke Pengurus Masjid Al-Falah

Provinsi Jambi

Dilantik Kapolri, Irjen Pol A Rachmad Wibowo Resmi Jabat Kapolda Jambi

Daerah

Danrem 042 Gapu Kembali Terjunkan Tim Patroli Gabungan Satgas Karhutla ke Perbatasan Sumsel

Covid-19

Jambi Catat Penambahan 19 Kasus Baru Covid-19, Ini Datanya

Provinsi Jambi

Mendagri Lantik Hari Nur Cahaya Jadi Pj Gubernur Jambi

Berita

Fachrori Serahkan Sapi Qurban Bantuan Presiden ke Pengurus Masjid Addin Desa Mendalo Darat

Provinsi Jambi

Sekda: Suasana Pergantian Tahun di Jambi Kondusif

Provinsi Jambi

Danrem dan Kapolda Jadi yang Pertama Disuntik Vaksin Covid-19 di Provinsi Jambi