LIVE
Pangdam II/Sriwijaya Tinjau Serbuan Vaksinasi Massal TNI Korem 042/Gapun Pangdam II/Sriwijaya dan Gubernur Resmikan Gedung Panti Asuhan Bhadar Gapu Terkait Budi Azwar, Ini Kata Ketua DPD II Partai Golkar Tanjab Barat BREAKING NEWS : Pengetatan Jelang MTQ Seluruh Penumpang di Pelabuhan Roro Diperiksa Sebanyak 16 Pejabat Eselon II Dilantik, Ini Daftarnya

Home / Provinsi Jambi

Senin, 26 April 2021 - 23:27 WIB

Kasrem 042/Gapu Hadiri Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah Tahun 2021

FOTO : Kepala Staf Korem (Kasrem) 042/Gapu Kolonel Inf M. Yamin Dano menghadiri upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah KE-XXV Tahun 2021, di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Senin (26/04/21).

FOTO : Kepala Staf Korem (Kasrem) 042/Gapu Kolonel Inf M. Yamin Dano menghadiri upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah KE-XXV Tahun 2021, di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Senin (26/04/21).

JAMBI – Komandan Korem 042/Gapu Brigjen TNI M. Zulkifli diwakili Kepala Staf Korem (Kasrem) 042/Gapu Kolonel Inf M. Yamin Dano menghadiri upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah KE-XXV Tahun 2021, di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Senin (26/04/21).

Acara ini dilaksanakan secara daring/virtual dihadiri oleh Pj. Gubernur Jambi dan seluruh Gubernur, Bupati, dan Walikota, Ketua DPRD Provinsi, Ketua DPRD Kab/Kota, Forkopimda Provinsi dan Forkopimda Kab/Kota se luruh Indonesia.

BACA JUGA :  Serbuan Vaksinasi Satgas TMMD Ke-112 Kodim 1002/HST, 235 Warga Berhasil Divaksin

Hari otonomi daerah Ke-XXV mengangkat  Tema “Bangun semangat kerja dan tingkatkan gotong royong di masa pandemi Covid-19 untuk masyarakat sehat, ekonomi daerah bangkit, dan Indonesia maju”.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada upacara teraebut mengatakan, dalam menjalankan otonomi daerah (otda) agar berkualitas dibutuhan kepemimpinan yang adaptif.

“Pelaksanaan otonomi daerah yang berkualitas membutuhkan kepemimpinan adaptif,” ujar Wapres.

Kepemimpinan adaptif yang dimaksud adalah seorang pemimpin yang mampu menghadapi berbagai situasi serta cepat dan tepat dalam bertindak. Selain itu, pemimpin yang adaptif juga berorientasi pada pemecahan masalah dengan selalu menyesuaikan dirinya terhadap perubahan dan keadaan baru.

BACA JUGA :  Sebanyak 16 Pejabat Eselon II Dilantik, Ini Daftarnya

“Penyelenggaraan otonomi daerah merupakan bentuk pengakuan pemerintah pusat terhadap kemandirian daerah guna mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,” kata Ma’ruf.

Otonomi daerah juga disebutkan Ma’ruf meningkatkan daya saing daerah melalui pemberdayaan masyarakat dan pemerintah daerah untuk mencapai tujuan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA :  TMMD Ke-112 Kodim 1004/Kotabaru Resmi Dibuka

“Peringatan Hari Otonomi Daerah saat ini menjadi momentum yang tepat untuk melihat kembali dinamika dan tantangan yang dihadapi pemerintahan daerah di masa yang akan datang,” kata Ma’ruf Amin.

Secara filosofis, kata dia, kebijakan otonomi daerah dimaknai sebagai mekanisme penyelenggaraan pemerintahan dengan memindahkan lokus pemerintahan dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah.

Pemindahan lokus tersebut disertai dengan pemberian kewenangan khusus untuk mengurus dan mengatur urusan-urusan tertentu secara mandiri.(*)

Share :

Baca Juga

Provinsi Jambi

MK Putuskan Sengketa Pilgub Jambi dengan PSU di 5 Kabupaten/Kota

Provinsi Jambi

BNN Jambi Tangkap 7 Kurir Narkoba di Tanjabbar, 2 Kg Sabu Disita

Berita

Pemprov Jambi dan UNJA Kerjasama Meningkatkan Pembangunan Kebudayaan dan Pariwisata

Provinsi Jambi

BREAKING NEWS : Akun Facebook Kabid Mutasi BKD Provinsi Jambi di Retas

Provinsi Jambi

Kasus Meningkat, Jambi Kekuranagn Tempat Isolasi Pasien OTG Covid-19

Provinsi Jambi

Fachrori Dorong TPID di Daerah Laksanakan Operasi Pasar

Provinsi Jambi

Ini 10 Tokoh Penerima PWI Jambi Award HPN 2021

Daerah

Fachrori, Tahun Baru Hijriah Momen Bersama Memperbaiki Sikap Mental dan Perilaku