LIVE TV
Kunker ke Merangin, Danrem Gapu Sempatkan Olahraga Jalan Kaki di Kota Bangko DPRD Tanjab Barat Akan Gelar PAW Partai PBB Bupati Anwar Sadat dan Pimpinan DPRD Tandatangani Nota KRA RPJMD 2021-2026 Hadiri Puncak Peringatan Hari Kartini ke-142, Hairan Apresisi Kiprah Kaum Perempuan Kapolres Tanjabbar Lakukan Blusukan Penyusuran Informasi Premanisme di Kuala Tungkal

Home / Tanjab Barat

Jumat, 13 November 2020 - 10:15 WIB

Kunjungi Kejari Tanjab Barat, Kajati Jambi Ingatkan Pencegahan Karhutla di Tengah Pandemi COVID-19

FOTO : Kepala Kejaksaan Negeri Tinggi Jambi Dr. Johanis Tanak, SH, MH Saat Kunjungan Kerja ke Kejaksaan Negeri Tanjung Jabung Barat, Kamis (12/11/20).

FOTO : Kepala Kejaksaan Negeri Tinggi Jambi Dr. Johanis Tanak, SH, MH Saat Kunjungan Kerja ke Kejaksaan Negeri Tanjung Jabung Barat, Kamis (12/11/20).

KUALA TUNGKAL – Kepala Kejaksaan Negeri Tinggi Jambi, Dr. Johanis Tanak, SH, MH melakukan kunjungan kerja ke Kejaksaan Negeri Tanjung Jabung Barat, Kamis (12/11/20).

Kunjungan ini turut dihadiri Bupati Tanjab Barat Dr. Ir H Safrial, Kajari Tanjung Jabung Barat Togar Rafilion, SH, Para Asisten Kejaksaan Tinggi Jambi, para Kasubbag dan Kasi Kejari Tanjung Jabung Barat.

Kajati Jambi Dr. Johanis Tanak mengatakan tujuan kunker ini tidak lain hanya untuk memberikan mewarning Kejari Tanjung Jabung Barat untuk mengedepankan pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di tengah pandemi COVID-19 yang dianggap sering terjadi di daerah Provinsi Jambi Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Menurut dia, tugas Kejaksaan tidak hanya sebatas menuntut, menghukum masyarakat saja dilakukan. Namun tugas lain yang sangat penting, terkait pencegahan Karhutla ini termasuk sudah menjadi tanggung jawab Kejari Tanjung Jabung Barat, dimana kebakaran hutan dan lahan (Kahutla) yang sering terjadi di daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, untuk ditindak dengan tegas.

BACA JUGA :  Tidak Terawat, Akses Jembatan Hutan Mangrove Pangkal Babu pada Ambrol

Penindakan ini, kata dia tidak sebatas dengan menghukum para pelaku itu saja agar mereka bisa jera, akan tetapi merubah prilaku masyarakat untuk tidak berbuat salah juga sangat perlu sekali dicegah.

”Karena Kasi Intelijen mempunyai satu tugas yaitu penyuluhan hukum dan penerangan hukum untuk Karhutla ini sehingga bisa dilakukan. Kami berharap Intelijen juga dapat berkordinasi dengan pidana umum, kordinasi dengan pidana khusus, kordinasi dengan datun, sama sama berkaborasi untuk melakukan pencegahan Karhutla pada masyarakat didaerah Kecamatan yang rawan kebakaran hutan,” ungkap Kajati.

Selain itu, Johanis juga yakin bahwa Kejari Tanjung Jabung Barat akan mampu melakukan pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan ini sebelum terjadi didaerah Kabupaten Tanjab Barat tersebut.

”Harus mampu, jadi Kejaksaan Negeri Tanjung Jabung Barat melakukan sosialisasi penyuluhan hukum keapda masyarakat. Penting perlu pencegahan Karhutla karena uang negara bisa untuk membangun negara kita ini, kalau tidak ada kasus untuk penanganan Karhutla itu,” bebernya.

BACA JUGA :  Bupati Tanjab Barat Imbau OPD Galang Dana Untuk Korban Kebakaran Mendahara Ulu

Kejati juga menghimbau kepada Masyarakat untuk tidak membuka lahan atau merambah hutan dengan cara membakar. Karena perbuatan itu dilarang dan bisa membahayakan untuk kita semua.

”Masyarakat dilarang melakukan dengan membuka lahan dengan cara merusak, membakar, perlu disampaikan kepada Masyarakat dan tidak menebang pohon liar dihutan,” timpalnya.

“Ini segera dilakukan pencegahan janga tunggu lama lama, paling lambat bulan depan sudah melaksanakan hal itu beberapa Kecamatan yang rawan kebakaran hutan untuk dilakukan penyuluhan,” diingatkan Kajati lagi.

Di sisi lain, Kajati juga menyarankan jika melihat masyarakat yang membuka lahan dan merambah hutan dengan cara tersebut, agar dilaporkan ke pihak Kejaksaan.

”Saya menyarankan kalau ada orang yang menebang pohon/merambah hutan secara liar dan membuka lahan dengan menggunakan api agar dilaporkan ke kita Kejaksaan, kita akan proses dan akan diberikan hukuman para pelaku itu,” tandasnya.(Edt)

Share :

Baca Juga

Tanjab Barat

Ormas dan OKP Apresiasi Polres Tanjab Barat dalam Pencegahan Covid-19

Tanjab Barat

KNPI dan GENPI Tanjab Barat Berbagi Nasi Lewati Pandemi

Tanjab Barat

Besok Pemda dan FPRJ Tanjabbar Gelar Pesantren Ramadhan Untuk Siswa “The Class of 21 Great Party”

Tanjab Barat

Jasa Transportasi Laut dan Nelayan Diimbau Waspada Fenomena La Nina

Tanjab Barat

70 Peserta Meriahkan Lomba Jahit Masker Corak Merah Putih HUT RI Ke-75 Polres Tanjabbar

Kriminal

Pelajar Dicabuli Guru Honorer SD Di Tanjabbar Ternyata Warga Sumsel

Tanjab Barat

Jenazah Laki-Laki Tanpa Identitas Akan Dimakamkan dengan SOP Covid-19

Tanjab Barat

Bupati Safrial Serahkan Hewan Qurban Keluarga ke LKS Lansia Sakinah Kampung Nelayan