YTUBE
Polda Jambi Terima Penghargaan dari Kementrian ATR/BPN Atas Penyelesaian Konflik Lahan Warga SAD 113 Satreskrim Polres Merangin Amankan Terduga Pelaku Kekerasan Terhadap Anak Bawaslu Ingatkan Peserta Pemilu Pahami Aturan dan Tidak Melakukan Pelanggaran Ditangkap Lantaran Curi 53 Jenjang Buah Sawit Dandim 0419 Tanjab : Menwa Jadilah Pelopor Kebaikan di Lingkungan Masyarakat

Home / Provinsi Jambi

Rabu, 14 Juli 2021 - 10:38 WIB

Mencari Solusi Permanen Penanganan Karhutla di Provinsi Jambi, Korem 042/Gapu Gelar FGD

Danrem 042/Gapu Brigjen TNI M. Zulkifli Membuka Focus Group Discussion (FGD) Penanganan Permanen Karhutla di Ruang Rapat Korem 042/Gapu, Jambi, Selasa (13/7/2021).

Danrem 042/Gapu Brigjen TNI M. Zulkifli Membuka Focus Group Discussion (FGD) Penanganan Permanen Karhutla di Ruang Rapat Korem 042/Gapu, Jambi, Selasa (13/7/2021).

JAMBI – Dalam rangka Mencari solusi permanen penanganan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Provinsi, Danrem 042/Garuda Putih bersama unsur terkait menggelar acara Focus Group Discussion (FGD).

Dalam keterangan tertulis Penrem 042/Gapu bahwa FGD tersebut dibuka oleh Danrem 042/Gapu Brigjen TNI M. Zulkifli di Ruang Rapat Korem 042/Gapu, Jambi, Selasa (13/07/21).

Diskusi ini dilaksanakan untuk mencari solusi yang tepat untuk mengantisipasi dan melakukan pencegahan terhadap kebakaran hutan dan lahan di wilayah Jambi secara permanen sehingga tidak berulang setiap tahunnya.

Dari hasil penyampaian dari beberapa peserta yang hadir pada FGD tersebut, didapat kesimpulan bahwa penanggulangan kebakaran hutan dan lahan memprioritaskan kegiatan pencegahan sesuai dengan arahan presiden melalui Inpres No 03 tahun 2020.

BACA JUGA :  Tebing Tinggi Bertekad Pertahankan Piala Bergilir Bupati Cup 2022

Membentuk secara permanen Satgas Darat, Udara dan tersedianya anggaran, memprioritaskan anggaran baik itu anggaran APBD, APBN dan CSR maupun dana desa untuk kegiatan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat di desa rawan Karhutla.

Mengambil langkah-langkah penegakan hukum secara proporsional baik itu terhadap pelaku pembakaran hutan dan lahan baik itu perusahaan maupun perorangan, mencabut izin perusahaan yang tidak mematuhi kewajibannya.

Menjaga dan meningkatkan pengawasan hutan terutama kawasan hutan konservasi dan hutan lindung, memberikan insentif dukungan kepada petani tradisional yang membuka lahan tanpa bakar, lahan kosong harus dikelola dan dikerjakan serta dijaga sepanjang waktu.

BACA JUGA :  Operasi Gabungan Sambut Nataru, 40 Kendaraan Kena Tilang Mayoritas Mati KIR

Terakhir, optimalisasi penanganan Karhutla berdasarkan Clustering perusahaan serta meningkatkan koordinasi dan sinergi dalam penanganan Karhutla.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

Kegiatan FGD tersebut juga dihadiri oleh Wagub Jambi Drs. H. Abdullah Sani, Ketua DPRD Prov Jambi Edi Purwanto, SH.I  M.Si, Anggota DPR RI Drs. H. Hasan Basri Agus, M.M dan Dr. Ir. Sutan Adil Hendra, M.M, Kalak BPBD Bachyumi Deliansyah, SH, MH, Wakil Ketua DPRD Prov Jambi  Burhanudin Mahir,SH, serta Sekda Prov Jjambi H. Sudirman,SH, MH(*)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Provinsi Jambi

Pemprov Jambi Gelar Acara Pelepasan Purna Bhakti Kajati Jambi

Provinsi Jambi

KOTI Mahatidana PP Provinsi Jambi Sambut Kedatangan Bambang Soesatyo dan Wakapolri

Covid-19

Lagi, Positif COVID-19 di Jambi Bertambah Jadi 8 Orang

Provinsi Jambi

BKKBN Kukuhkam Danrem 042/Gapu Sebagai Duta Bapak Asuh Anak Stunting Provinsi Jambi

Provinsi Jambi

Disdik Provinsi Jambi Terima Penghargaan Terbaik 2 Kinerja DAK Fisik SMA 2021 dari Kemendikbudristek

Provinsi Jambi

Danrem 042/Gapu : Waspadai Lonjakan Covid-19 di Libur Akhir Tahun

Provinsi Jambi

Rakor dengan KPK, Edi Purwanto : Masa Lalu Itu Masa yang Harus Ditinggalkan

Daerah

Danrem 042 Gapu Pimpin Upacara Hari Pramuka ke 59 Tahun 2020