LIVE TV
Di Addendum, Larangan Mudik 2021 Maju Mulai 22 April, Ini Peraturan Lengkapnya Bupati Ikuti Rakor Pembatasan Mudik Lebaran dengan Pj Gubernur dan Kapolda Jambi Pemkab Tanjab Barat Audensi dengan Bappenas RI Danrem 042/Gapu Hadiri Rakor Persiapan PPKM Jelang Lebaran BREAKING NEWS : Kapal Takboat Hantam Jembatan WFC dan Sejumlah Kapal Lainnya Rusah

Home / Pilihan Editor

Selasa, 9 Maret 2021 - 17:39 WIB

Tiga Daerah di Jambi Naik Status Siaga Darurat Karhutla

FOTO : Rapat Koordinasi Persiapan Penetapan Status Siaga Darurat Bencana Karhutla Provinsi Jambi  Tahun 2021, di ruang rapat Makorem 042/Gapu. Jln. Jend Urip Sumoharjo Kota Jambi, Selasa (09/03/21).

FOTO : Rapat Koordinasi Persiapan Penetapan Status Siaga Darurat Bencana Karhutla Provinsi Jambi  Tahun 2021, di ruang rapat Makorem 042/Gapu. Jln. Jend Urip Sumoharjo Kota Jambi, Selasa (09/03/21).

JAMBI – Provinsi Jambi resmi menaikan status Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) menjadi Siaga Darurat dari yang sebelumnya Kesiapsiagaan Karhutla.

Hal tersebut dengan dinaikkannya tiga Kabupaten menjadi Status Siaga Darurat, diantaranya yakni Kabupaten Muarojambi, Kabupaten Tanjab Barat dan Kabupaten Tanjab Timur.

Status ini dibahas dalam Rapat Koordinasi Persiapan Penetapan Status Siaga Darurat Bencana Karhutla Provinsi Jambi  Tahun 2021, di ruang rapat Makorem 042/Gapu. Jln. Jend Urip Sumoharjo Kota Jambi, Selasa (09/03/21).

BACA JUGA :  Di Addendum, Larangan Mudik 2021 Maju Mulai 22 April, Ini Peraturan Lengkapnya

Demikian disampaikan melalui rilis tertulis Kapenrem 042/Gapu Mayor Inf RM Hatta di Makorem 042/Gapu Jambi, Selasa (09/03/21) siang.

Hatta mengatakan Koordinasi tersebut dipimpin oleh Sekda Prov Jambi H. Sudirman dan dihadiri Komandan Korem 042 Garuda Putih Brigjen TNI M. Zulkifli, Kapolda Jambi Irjen Pol A. Rachmad Wibowo, Kepala BPBD, Kadis Kehutanan, Kadis Perkebunan Prov Jambi, Kepala BMKG, Kepala Basarnas, Ketua Manggala Agni dan diikuti secara virtual oleh Bupati, Dandim, Kapolres, Kalaksa BPBD yang daerahnya rawan karhutla.

BACA JUGA :  Safari Ramadhan di Seberang Kota, Bupati Tanjabbar Sampaikan Hal Ini

Pada kesempatan tersebut Sekda Provinsi Jambi Sudirman sudah menyampaikan bahwa status siaga darurat ini sudah dikeluarkan berdasarkan SK Gubernur, sampai akhir Oktober mendatang.

“Ini merupakan salah satu langkah pencegahan agar tak susah dalam penanganan karhutla”, kata Sudirman.

BACA JUGA :  Sepekan Ramadhan, Pemudik Mulai Meningkat di Pelabuhan Roro Kuala Tungkal

Berdasarkan prakiraan BMKG di Jambi bagian timur curah hujan sudah mulai kurang. “Puncak musim kemarau akan terlihat pada awal bulan juni,” tambahnya.

Sementara itu, Danrem 042/Gapu Brigjen TNI M Zulkifli mengatakan, saat ini sudah ada hotspot yang telah terpantau. Atas dasar ini, sehingga menjadi kebijakan Pemprov Jambi untuk menaikan status. (*)

Share :

Baca Juga

Pilihan Editor

IDI Tanjab Barat Peduli Melawan Covid-19 Bagikan Sembako dan Masker Gratis

Pilihan Editor

Safrial Ajak Mahasiswa Jambi Ikut Berperan Dalam Proses Pembangunan

Pilihan Editor

Saksikan Debat Pertama Calon Gubernur Jambi Malam Ini

Pilihan Editor

Polres Tanjabbar Lakukan Pengawasan dan Pembinaan Personal Pada Warga Binaan Bebas Asimilasi

Pilihan Editor

PDBI Gita Bersama Tanjabbar Boyong 10 Piala Kejuaraan Minang Marching Band Competition ke 8 di Padang

Pilihan Editor

Begini Pemeriksaan Terhadap Penumpang Oleh Tim Gabungan Satgas Covid-19 Di Pelabuhan Roro

Pendidikan

5.041 Ribu Siswa SMP/MTs di Tanjab Barat Siap Ikuti UNBK

Pilihan Editor

Polres Tanjabbar Gagalkan Penyeludupan Benih Lobster Senilai 12 M