indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
Cerita Pilu Tindaz Baraza Mendengar Anakanya Pratu Tuppal Gugur di Papua Warga Dua Desa di Kumpeh Ulu Cemas dengan Munculnya 2 Ekor Harimau Unit Reskrim Polsek Sungai Gelam Tangkap 5 Pelaku Terlibat Pencurian Bobol Rumah Kanim Kelas II TPI Kuala Tungkal Peringati HBI, Yasonna : Usia 72 Tahun Waktu yang Tepat Untuk Introspeksi Tragis, Motor Beat Tabrak Truk Hino Sedang Parkir di Mendalo Indah

Home / Advetorial

Senin, 15 Maret 2021 - 23:34 WIB

TNI Polri Bersama Warga Betara Luncurkan Gerakan Gema Desa Karhutla 2001 Embung Rakyat

FOTO : Kapolres AKBP Guntur Saputro bersama Dandim 0419/Tanjab, Letkol Inf Erwan Susanto, Kapolsek Betara AKP S. Harefa dan personil turun langsung bajibaku mengali embung.

FOTO : Kapolres AKBP Guntur Saputro bersama Dandim 0419/Tanjab, Letkol Inf Erwan Susanto, Kapolsek Betara AKP S. Harefa dan personil turun langsung bajibaku mengali embung.

BETARA – TNI-Polri bersama Warga Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat lakukan pembuatan embung cadangan air antisipasi karhutla, Senin (15/03/21).

Adapun embung yang dibangun seperti di Desa Bunga Tanjung hari ini berukuran panjang 10 meter, lebar 5 meter dan kedalaman 3 meter.

Kegiatan ini diberi nama ‘Gerakan 2001 Embung Rakyat (Gema Desa Karhutla) yakni Gerakan Bersama Dua Embung Satu Desa Rawan Karhutla.

Gerakan ini diinisiasi sebagai upaya dan antisipasi terkait dengan penyediaan air menghadapi musim kemarau tahun 2021 ini.

Pantauan di lokasi Kapolres Tanjab Barat AKBP Guntur Saputro bersama Dandim 0419/Tanjab, Letkol Inf Erwan Susanto, Kapolsek Betara AKP S. Harefa dan personil turun langsung bajibaku mengali embung.

Kapolres AKBP Gutur mengutarakan bahwa pembuatan embung skala kecil ini untuk mengantisipasi suplai air di sekitar lahan rawan karhutla.

BACA JUGA :  Gugur di Papua, Jenazah Pratu Baraza Akan Diterbangkan ke Jambi

“Karena desa ini juga masuk dalam kriteria yang rawan karena gambut, dan di sini juga sempat terjadi kebakaran, dan ini kita bersama dengan masyarakat buat embung dengan skala kecil,” kata Kapolres didampingi Dandim.

Kapolres menambahkan, dari 11 desa dan 1 kelurahan di Kecamatan Betara. Ada 6 desa terawan karhutla diantaranya Desa Muntialo, Pematang Lumut, Lubuk Terentang, Pematang Buluh, Bunga Tanjung dan Serdang Jaya.

“Embung yang telah ada di 6 desa ini sebanyak 41 buah embung,” ujarnya.

Selaku Satgas Karhutla, Kapolres sangat apresiasi pelaksanaan ini didukung oleh masyarakat sekitar lahan yang juga peduli terhadap pencegahan karhutla di wilayahnya.

“Kita berharap ini hanya kita persiapkan, mudah-mudah di sini tidak terjadi Karhutla. Ini sebagai bentuk kepedulian masyarakat menjadi tanggung jawab bersama ini perlu dibangun dan di kawal,” tambahnya.

BACA JUGA :  Sat Polair Imbau Nelayan dan Transportasi Air Waspadai Perubahan Cuaca

Sementara, Dandim 0419/ Tanjab, Letkol Inf Erwan Susanto, menyebutkan bahwa TNI Polri hadir untuk masyarakat dalam upaya pencegahan Karhutla.

Harapan disampaikan oleh Dandim bahwa upaya ini dapat menjadi contoh untuk desa lain, bergerak dengan mandiri untuk bersama membangun embung di sekitar lokasi rawan Karthutla.

“Kita berharap ini menjadi contoh bagi masyarakat lain. Membuat embung sederhana dengan bersama gotong royong untuk persiapan kita saat musim kemarau panjang sebagai suplay air,” tambahnya.

“Kita juga secara masif akan arahkan pihak desa untuk bergotong royong bersama membuat embung sederhana ini. Kita juga himbau masyarakat untuk tidak membakar lahan,” pungkasnya.(*)

Lihat Video Pembuatan Embung Gerakan Sambung Rasa’ atau Gerakan Satu Dua Embung Desa Rawan Karhutla pada LIVE STREAMING di pojok kanan atas.

Share :

Baca Juga

Advetorial

Pastikan Realisasi Jargas Rumah Tangga di Tanjabbar, Wabup Kunjungi Menteri Energi dan SDM

Advetorial

Polres Tanjab Barat Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Siginjai 2021

Advetorial

Amir Sakib Hadiri Rembuk Nasional Gerakan Indonesia Melayani Di Banjar Baru

Advetorial

Sambut HKGB ke 69, Bhayangkari Cabang Tanjabbar Berikan Bantuan Sosial pada Warga Terdmapak Longsor di Parit Deli

Advetorial

Ini Yang Dipaparkan Bupati Safrial Di Komfenensi UUNNFCCC COP 24 Di Kotowice Polandia

Advetorial

Wabup Tanjab Barat Ikuti Virtual Apkasi Otonomi Expo 2021

Advetorial

Kapolres Tanjabbar Pimpin Sertijab Kapolsek KPM, Kasat Binmas dan Kasat Sabhara

Advetorial

Pemkab Tanjab Barat Gelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda