YTUBE
Kasrem 042/Gapu Ikuti Gerak Jalan Santai HUT RI Ke 77 Tahun 2022 Buntut Kasus Kematian Brigadir J, 83 Polisi Diperiksa Terkait 35 Direkom Patsus Respon Arahan Kapolri, Polda Jambi Berantas Semua Perjudian Koreografer Belanda Arno Schuitemaker Pukau Penikmat Seni di Jambi dalam Karya “If You Could See Me Now” Pembinaan Karakter, Siswa Muslim dan Non Muslim di SMPN 2 Dapat Perlakuan Sama

Home / Kota Jambi

Jumat, 3 Juni 2022 - 13:51 WIB

Yogi : Penguasaan Analisis Politik dan Teknologi Harus Dimiliki Mahasiswa Jisipol

Syufrayogi Syaiful Ketua Komisi II DPRD Tanjung Jabung Barat saat menjadi Narasumber di Kuliah Umum Prodi Ilmu Politik Universitas Jambi, Kamis (2/6/22). FOTO : Ist

Syufrayogi Syaiful Ketua Komisi II DPRD Tanjung Jabung Barat saat menjadi Narasumber di Kuliah Umum Prodi Ilmu Politik Universitas Jambi, Kamis (2/6/22). FOTO : Ist

JAMBI – Prodi Ilmu Politik Universitas Jambi menggelar kuliah umum dalam rangka mendukung upaya menciptakan lulusan yang memiliki daya saing di dunia pekerjaan, dengan tema “Persaingan Global, Politik dan Fresh Graduate”.

Kuliah umum ini digelar pada Kamis, (2/6/22) di Aula lantai II Jurusan Ilmu Pemerintahan dan Politik (Jisipol) dan dibuka langsung oleh Ketua Jurusan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Dr Arfa’i., SHMH serta Ketua Program Studi Ilmu Politik, Moh. Arief Rakhman, S.IP., MIpol.

Duduk sebagai narasumber yakni Ketua Komisi II DPRD Tanjab Barat, Syuprayogi Syaiful serta dipandu Moderator Dori Efendi, Ph.d dan diikuti oleh mahasiswa Jisipol baik secara langsung maupun melalui zoom.

BACA JUGA :  Buntut Kasus Kematian Brigadir J, 83 Polisi Diperiksa Terkait 35 Direkom Patsus

Selaku Moderator, Dori menjelaskan mahasiswa Jisipol harus mampu menganalisi situasi perpolitikan yang sedang memanas. Utamanya, perang yang sedang terjadi di Ukraina.

“Perang antara Ukraina dan Rusia diawali dengan perang kepentingan yang tidak terelakkan lagi, motif utamanya tentu ekonomi,” tulisnya.

Dalam paparannya, Yogi sebagai narasumber menyebutkan bahwa konflik di antara negara tersebut memberikan pengaruh terhadap Indonesia.

“Pengaruhnya cukup besar terhadap situasi Indonesia, terutama dalam masalah ekonomi dan politik, ini bisa dilihat dari proses pelaksanaannya di pertemuan G20 di Indonesia,” katanya.

Sebagai Mahasiswa Jisipol kata Yogi penguasaan terhadap analisis politik dan teknologi suatu keharusan yang harus dimiliki.

BACA JUGA :  HIPMI Fest 2022, Diza : Jangan Patah Semangat Terus Dukung UMKM

“Kita harus bisa beradaptasi dengan perubahan dunia yang semakin cepat, terlebih dalam penguasaan teknologi,” jelasnya.

Diharapkan dalam kegiatan ini, mahasiswa Jisipol dapat lebih peka mengenai isu politik global dan dapat memiliki daya saing dalam skala global.

“Di era sekarang, persaingan menjadi hal yang tidak bisa dihindari, untuk itu Mahasiswa Jisipol harus dapat beradaptasi dan peka terhadap isu-isu politik yang ada,” tambahnya.

Jika hal itu dimiliki, maka setelah lulus nanti, mahasiswa Jisipol dapat bersaing dalam dunia kerja yang semakin sulit.

Para mahasiswa sendiri tampak antusias mengikuti kuliah umum dan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada narasumber.(*)

Share :

Baca Juga

Kota Jambi

Kapolda Jambi Cek Pos Penyekatan PPKM Level 4 Kota Jambi

Kota Jambi

Kasad Bangga Terbinanya Komunikasi dan Sinergitas Antar Stakeholder di Jambi

Kota Jambi

Baznas Kota Jambi Salurkan Bantuan kepada 700 Anak Yatim dan Duafa

Kota Jambi

Fasha dan Maulana Bagikan Paket 500 Paket Sembako

Kota Jambi

Sukseskan Event Gowes Virtual Terbesar, SKK Migas-PetroChina Serah Terimakan Hadiah Sepeda Kepada Pemkot Jambi

Kota Jambi

Wakil Wali Kota Jambi Serahkan Bantuan Santunan pada Anak Yatim Piatu

Kota Jambi

SMAN 2 Kota Jambi dan JNT Sabet Juara 1 Futsal Piala Gubernur 2022

Kota Jambi

Bersama Kapolri, Danrem 042/Gapu dan Kapolda Pantau Vaksin Booster Melalui Zoom Meeting