YTUBE
Bupati Tanjab Barat Launching Internet Gratis di Ruang Publik Ketua Bhayangkari Jambi Kunjungi Tahanan Wanita di Lapuanja Penutupan Pembinaan Tradisi dan Pembaretan Bintara Remaja Brimob Polda Jambi Safari Jum’at di Bram Itam Kanan, Bupati Anwar Sadat Sampaikan Ini Twibbon HUT TNI KE 77 Tahun 2022

Home / Kesehatan

Senin, 19 September 2022 - 17:59 WIB

Cara Claim Asuransi Kesehatan Cashless di Semua Rumah Sakit

Cara Claim Asuransi Kesehatan Cashless di Semua Rumah Sakit. FOTO : Istimewa/Net

Cara Claim Asuransi Kesehatan Cashless di Semua Rumah Sakit. FOTO : Istimewa/Net

Setiap perusahaan memang punya cara claim asuransi kesehatan mereka sendiri. Namun, sejak ada teknologi cashless, sekarang cara klaim asuransi di rumah sakit jadi jauh lebih mudah, cepat, dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Dengan metode cashless, Anda hanya perlu membawa kartu asuransi setiap kali berobat. Sehingga tidak perlu melakukan reimbursement dengan mengirim dokumen-dokumen dan menunggu keputusan dari perusahaan asuransi.

Sesuai dengan namanya, cashless merupakan metode untuk menggunakan asuransi kesehatan mudah claim tanpa perlu mengeluarkan uang ketika berobat sama sekali.

Metode claim cashless ini sekarang sudah bisa digunakan di hampir semua rekomendasi asuransi kesehatan online terbaik yang pernah Anda baca.

Untuk lebih jelasnya tentang cara klaim cashless ini, mari simak artikel berikut sampai selesai!

Apa Itu Metode Claim Cashless?

Sederhananya, metode ini mirip dengan membayar rumah sakit dengan kartu kredit.

Perbedaannya adalah, Anda tidak perlu mengganti utang di kartu kredit tersebut, karena semuanya akan ditanggung oleh perusahaan asuransi melalui premi yang dibayarkan setiap bulan.

Cara Klaim Asuransi Kesehatan Cashless

Sebelum menerapkan cara klaim asuransi kesehatan cashless ini, pastikan dulu perusahaan penanggung asuransi Anda sudah menerima metode klaim cashless, yang mana hampir semua perusahaan sekarang sudah menggunakannya.

Ciri perusahaan yang menerima cashless claim adalah Anda akan diberikan kartu asuransi berisi nomor ID dan nama pemiliknya.

BACA JUGA :  Safari Jum'at di Bram Itam Kanan, Bupati Anwar Sadat Sampaikan Ini

Nah, untuk mengklaim biaya rumah sakit atau biaya berobat di mana pun, Anda cukup tunjukkan saja kartu tersebut ke resepsionis atau kasir di rumah sakit yang sudah bekerja sama dengan perusahaan asuransi.

Nantinya, pihak dari rumah sakit akan mencatat nomor kartu dan melakukan verifikasi nasabah asuransi.

Proses klaim ini tidak akan berlangsung lama, paling hanya akan memakan waktu 15 menit hingga setengah jam. Ketika prosesnya sudah selesai, obat sudah bisa dibawa pulang.

Cara Klaim Asuransi Kesehatan Metode Reimbursement

Sebagai perbandingan, kami juga akan jelaskan secara singkat cara klaim asuransi kesehatan dengan metode reimbursement di bawah ini:

Pengajuan Klaim oleh Tertanggung

Yang pertama kali dilakukan ketika ingin klaim dengan metode reimbursement adalah pengajuan klaim oleh tertanggung ke perusahaan asuransi.

Pengajuan klaim ini dilakukan cara mengirim dokumen, bisa berupa form atau surat dari rumah sakit, beserta detail biaya berobat, detail nasabah, dan dokumen-dokumen data diri pendukung seperti KTP dan KK.

Kemudian dokumen pengajuan ini harus dikirimkan ke kantor asuransi melalui pos atau ekspedisi, yang mana akan memakan waktu paling cepat 1 hari.

Pengolahan Data dan Pengambilan Keputusan

Setelah dokumen diterima oleh penanggung, maka mereka akan melakukan analisa dan pengolahan data dulu. Tahap ini bisa berlangsung beberapa hari kerja.

Artinya, jika dokumen Anda sampai di hari jum’at, prosesnya akan memakan waktu lebih lama karena tidak ada yang menganalisa data di hari Sabtu dan Minggu. Dari pengolahan data tersebut, perusahaan akan memberikan keputusan apakah klaim diterima atau tidak.

BACA JUGA :  Fashion Street Batik Tanjab Barat Sambut Hari Barik Nasional Tahun 2022

Perlu Anda ketahui, bisa jadi klaim ditolak karena biaya berobat tidak termasuk dalam polis asuransi.

Atau bisa juga jumlah klaim yang akan dicairkan tidak sebesar seluruh biaya yang Anda bayar, sebab bisa saja tidak semua obat dan perawatan dalam biaya kesehatan tersebut akan bisa diklaim.

Pencairan Dana

Terakhir, dana klaim baru dikirim ke rekening nasabah yang mengajukan. Jadi jika dihitung, proses klaim asuransi kesehatan ini bisa berlangsung 3 hari hingga lebih dari seminggu, tergantung kapan Anda mengirimkan pengajuan reimbursement-nya.

Bahkan, kadang reimbursement bisa hangus karena masa pengajuannya dibatasi. Misalnya, hanya boleh mengajukan maksimal 7 hari setelah pembayaran rumah sakit.

Sedangkan di masa-masa seperti itu, kemungkinan besar Anda tidak punya waktu untuk mengurus masalah asuransi karena sudah sibuk dengan pasien yang sedang sakit.

Jadi dapat disimpulkan cara klaim asuransi kesehatan cashless jauh lebih efektif dari segi waktu maupun tenaga. Anda juga tidak perlu menyiapkan dana talangan, padahal sudah harus membayar premi setiap bulan.

Oleh karena itu, pastikan Anda memilih asuransi kesehatan yang sudah mendukung cashless claim sebelum menentukan ingin daftar ke asuransi mana!**

Share :

Baca Juga

Kesehatan

Fokuskan Tracing dan Screening Swab pada Karyawan, RSUD KH Daud Arif Tutup Sementara Layanan IGD

Investigasi

Wabah DBD Meningkat, Dinkes Tanjabbar Temukan 372 Kasus

Kesehatan

Hari Jadi Kabupaten Tanjab Barat ke 57, Dinkes Hadir Melayani Masyarakat

Kesehatan

Antisipasi VIRUS CORONA Mausk Indonesia, Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ Perketat Pengawasan Bersama Petugas Karantina PLBN Motaain

Kesehatan

Polsek Betara dan Bhayangkari Ranting Polsek Betara Gelar Baksos Kesehatan Pengobatan Gratis

Investigasi

Dinkes Tanjab Barat Temukan 13 Penderita HIV/Aids

Kesehatan

Pemerintah Turunkan Harga Tes PCR dan Antigen, Ini Rinciannya

Kesehatan

PKM II Melaksanakan Pemeriksaan Berkala, Skrining Jiwa dan BIAS Berikut Sekolah Sasaran