YTUBE
BNNP Jambi Berikan Bimtek Lifeskill Untuk Kampung Nelayan BerSinar Fashion Street Batik Tanjab Barat Sambut Hari Barik Nasional Tahun 2022 Tim Gabungan TNI-Polri Kota Jambi Sosialisasikan Pencegahan Aksi Kejahatan Jalanan dan Geng Motor Ingin Eksis di Dunia Entertainment, Git Sigit Santoso Pilih Berkarya daripada Cari Sensasi Ketua Dekranasda Jambi Puji Keberhasilan Tanjabbar Kembangkan Batik Lokal

Home / Kota Jambi

Selasa, 5 Oktober 2021 - 12:11 WIB

Danrem 042/Gapu Bersama Forkopimda Ikuti Upacara HUT ke-76 TNI dari Istana Negara

Danrem 042/Gapu Bersama Forkopimda Ikuti Upacara HUT ke-76 TNI Secara Virtual dari Istana Negara di Makorem 042/Gapu, Selasa (5/10/21). FOTO : PENREM

Danrem 042/Gapu Bersama Forkopimda Ikuti Upacara HUT ke-76 TNI Secara Virtual dari Istana Negara di Makorem 042/Gapu, Selasa (5/10/21). FOTO : PENREM

JAMBI – Danrem 042/Garuda Putih Brigjen TNI M. Zulkifli bersama Forkopimda mengikuti upacara peringatan hari ulang tahun ke-76 Tentara Nasional Indonesia (TNI) secara virtual dari lapangan Makorem Garuda Putih, Selasa (5/10/21).

Upacara HUT TNI dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat karena masih ada wabah Covid-19.

Di tingkat pusat, upacara dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta, dengan peserta terbatas dan disiarkan secara virtual.

Presiden RI Joko Widodo sebagai Panglima Tertinggi bertindak sebagai Inspektur Upacara. Tampak juga Wapres RI Maruf Amin, Panglima TNI Jenderal Hadi Tjahjanto dan undangan lainnya secara terbatas.

Sedangkan dari Jambi, tampak hadir Gubernur Jambi Al Haris, ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto. Kapolda Jambi Irjen Pol A. Rachmad Wibowo, Wakajati, Kalanti Jambi, Kalanti Agama Jambi, Kabinda dan Ka BNN Prov Jambi serta Dan/Ka Satbalak Aju Korem 042/Gapu.

BACA JUGA :  Kabel Listrik & Telkom Semrawut Ganggu Estetika Kota yang Harus Diakhiri

Presiden RI Joko Widodo mengapresiasi peran besar TNI dalam menanggulangi pandemi covid 19 di Indonesia. Bahkan Joko Widodo mengibaratkan penanggulangan pandemi covid 19 ibarat perang.

“Perang yang sangat menguras tenaga, menguras pikiran, mental dan semangat juang orang yang membutuhkan kewaspadaan. Keberhasilan kita dalam menangani pandemi covid-19 ini tidak terlepas dari peran besar TNI,” ujar Jokowi.

Jokowi juga menyinggung pentingnya sikap profesionalitas prajurit. Selain itu, pemanfaatan informasi teknologi dalam penugasan yang diberikan negara pun dirasa mutlak.

“TNI yang selalu memberikan profesionalisme dalam setiap penugasan, kemampuan perorangan, kemampuan satuan, kemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi, termasuk alutsista telah digunakan dan dikerahkan dalam menunaikan setiap tugas yang diberikan dalam menghadapi ancaman yang lebih luas.”

“Seperti ancaman kedaulatan, pencurian kekayaan alam di laut, radikalisme, terorisme, ancaman siber dan ancaman biologi termasuk juga ancaman bencana alam,” tegas Jokowi.

BACA JUGA :  Gandeng RSUD, Kodim 0419/Tanjab Melaksanakan Kegiatan Donor Darah

Menghadapi spektrum ancaman yang semakin luas, tambah Jokowi, transformasi pertahanan harus terus dilanjutkan untuk meletakkan fondasi bagi pembentuk dan kapabilitas pertahanan modern yang relevan dengan perkembangan teknologi militer terkini.

Dengan demikian, diharapkan dapat bertransformasi menjadi kekuatan pertahanan Indonesia yang mampu berperan di lingkungan strategis, regional maupun global.

“Penguatan budaya strategis prajurit dan perwira TNI harus tetap menjadi fondasi utama transformasi pertahanan, yaitu TNI yang manunggal dengan rakyat dengan sistem pertahanan keamanan rakyat semesta dengan pertahanan berlapis.”

“Kita harus bergeser dari kebijakan belanja pertahanan menjadi kebijakan investasi pertahanan yang berpikir jangka panjang, yang dirancang berpikir sistematis dan dijalankan secara konsisten dan berkelanjutan.” sebut Jokowi.

Share :

Baca Juga

Kota Jambi

Kasus Pernikahan Sejenis di Kota Jambi, HMI Langsung Angkat Bicara

Kota Jambi

Gugur di Papua, Jenazah Pratu Baraza Akan Diterbangkan ke Jambi

Covid-19

Klarifikasi Wali Kota Jambi Terkait Status Zona Merah Covid-19

Kota Jambi

Minimalisir Sebaran COVID-19, Danrem Gapu : Perlu Tekankan Tiga Hal Ini

Kota Jambi

Danrem 042/Gapu Ikuti Rakor Strategi Penanganan Covid-19 Wilayah PPKM Level 4 Kota Jambi

Kota Jambi

Danrem 042/Gapu Hadiri Launcing Asap Digital Nasional di Polda Jambi

Kota Jambi

Ini Agenda Kegiatan Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla ke Jambi

Kota Jambi

Begini Situasi Hari Pertama PPKM Level 4 di Jambi