YTUBE
IKM di Tanjabbar Bertambah, Bidang Perindustrian Dorong Pelaku Industri Miliki Sertifikat Halal Ini Nama-nama 178 Peserta Peneriama Beasiswa S1 dan S3 Provinsi Jambi 2022 Ini Situs Resmi Pengurusan e-VoA Kapolres dan Dandim 0417 Kerinci Sidak ke Kantor Pelayanan Publik Samsat Ops Pekat Jelang Nataru, Polda Jambi Sita Puluhan Botol Miras Berbagai Merk

Home / Provinsi Jambi

Sabtu, 2 Juli 2022 - 17:16 WIB

Danrem 042/Gapu Terima PIN dan Keris Sebagai Pembina Adat Melayu Jambi

Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Jambi H. Hasan Basri Agus Menyematkan PIN kepada Danrem 042/Gapu. FOTO : Penrem.

Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Jambi H. Hasan Basri Agus Menyematkan PIN kepada Danrem 042/Gapu. FOTO : Penrem.

JAMBI – Komandan Korem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono, S.IP, MM menerima PIN dan Keris sebagai Pembina Adat melayu Jambi pada Acara Puncak Hari Adat Melayu Jambi di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Sabtu (2/7/22).

Penerangan Korem 042/Gapu mengatakn Pin dan Keris tersebut diberikan langsung oleh Gubernur Jambi Al Haris, dan disaksikan oleh Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Jambi H. Hasan Basri Agus.

Acara Puncak Hari Adat Melayu Jambi yang mengangkat tema “Takkan Melayu Hilang di Jambi,” dilaksanakan juga pengumuman pemenang lomba dalam rangka memeriahkan Hari Adat Melayu Provinsi Jambi.

Acara juga dikemas dengan penyerahan Setifikat KIK dari Kakanwil Kemenkumham Provinsi Jambi kepada Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) sekaligus penyerahan Buku Putih dari Muchtar Latib kepada Ketua LAM dan Gubernur Jambi.

BACA JUGA :  Ini Nama-nama 178 Peserta Peneriama Beasiswa S1 dan S3 Provinsi Jambi 2022

Menurut Ketua LAM Hasan Basri Agus bahwa Hari Adat Melayu Jambi ini telah ditetapkan dengan Keputusan Gubernur Jambi Nomor : 312/KEP.GUB/ DISBUDPAR-2.3/2022 tanggal 6 April 2022 tentang Penetapan Hari Adat Melayu Jambi Provinsi Jambi, bahwa tanggal 2 Juli ditetapkan sebagai “Hari Adat Melayu Jambi”.

Gubernur Jambi Al Haris mengajak semua pihak untuk bersyukur kepada Allah atas rahmat kesehatan yang diberikan. Karena acara Hari Adat memiliki momentum luar biasa, LAM Provinsi Jambi saat ini sedang menata diri menyusun Adat – Adat Melayu Jambi.

“Kami dari Pemprov mendukung seluruh kegiatan dari LAM dalam menentukan Adat- Adat untuk masyarakat terkhusus untuk Provinsi Jambi,“ kata Al Haris.

BACA JUGA :  Ini Situs Resmi Pengurusan e-VoA

Lihat Video Rumah Idaman Bersusidi di Jambi

 

Kata Al Haris, pada bulan Juli-Agustus mendatangkan akan diadakan kenduri, di Jambi sendiri banyak sekali nilai budaya yang harus dikaji dan diangkat salah satunya Sungai Batanghari.

“Sungai Batanghari, memiliki sejarah yang sangat luar biasa, dalam rangka perjuangan rakyat Jambi pada jaman dahulu,” lanjutnya.

Dijelaskan, sangat mengapresiasi yang luar biasa kepada LAM, atas kinerjanya dalam membangun ke Jambi Adat Melayu Jambi, semoga kedepannya Adat Melayu Jambi bisa diakui orang banyak.

Dengan dibangun dan diperlihatkan tentang budaya Jambi, semoga Jambi lebih banyak dikenal masyarakat luas.

“Saya berharap LAM bisa memperkaya budaya, membangun negeri yang kita cintai Adat bersendi syarak, syarak bersendi kitabullah,” tutupnya.(*)

Pembukaan dan Penunjukkan Replika Keris Siginjai Oleh Ketua LAM Jambi HBA, Gubernru Jambi dan Wagub kepada Segenap Tamu Undangan yang Hadir pada Puncak Hari Adat Melayu Jambi, Sabtu (02/7/22). FOTO : Noval/Ist

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Provinsi Jambi

Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani Sambut Kedatangan Putri Wakil Presiden

Covid-19

Update 25 Mei : Kasus Positif Covid-19 di Jambi Bertambah 2 Lagi, Sembuh 2

Provinsi Jambi

Danrem ; Kunci Utama Penanganan Covid-19 Masyarakat Harus Benar-Benar Melaksanakan Protokol Kesehatan yang Telah Ditetapkan

Provinsi Jambi

Untuk Ketiga Kalinya Sudirman Dilantik Gubernur Jadi Pj Sekda Provinsi Jambi

Covid-19

2 Kasus Baru Positif Covid-19 di Jambi Hari Ini dari Kota Jambi & Sungai Penuh

Covid-19

Bertambah 7 Orang, Kasus Positif Corona di Jambi Capai 296

Provinsi Jambi

Wali Kota Jambi Terapkan PPKM Level 4, Begini Respon Gubernur

Provinsi Jambi

H. Pahrizal Dilantik Jadi Kepala Kemenag Kerinci, H. Rusli Sebagai Penghulu Ahli Madya