indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
Danrem 042/Gapu Hadiri Upacara Hari Bhayangkara ke 76 Polda Jambi Gubernur Al Haris Hadiri Syukuran Hari Bhayangkara ke-76 di SPN Polda Jambi 32 Paket Sabu Seberat 3,5 kg Berhasil Diamankan Sat Resnarkoba Polresta Jambi Triwulan II, Target Realisasi PAD Muaro Jambi Mencapai 42,91 Persen Keseriusan Pencegahan dan Pemberantasan Mafia Pertanahan di Jambi

Home / Muaro Jambi

Senin, 27 September 2021 - 10:35 WIB

Dua Buaya Jumbo Peliharaan Warga di Sungai Gelam Dievakuasi BKSDA Jambi

Evakuasi Buaya Jumbo 400 kg dari Penangkaran Warga di Muaro Jambi. (FOTO : dok. BKSDA/Detik.com)

Evakuasi Buaya Jumbo 400 kg dari Penangkaran Warga di Muaro Jambi. (FOTO : dok. BKSDA/Detik.com)

MUARO JAMBI – Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi mengevakuasi dua buaya jumbo yang berada di penangkaran milik seorang warga Desa Kebon 9, Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi.

Kordinator Tempat Penyelamatan Satwa BKSDA Jambi, Syahron mengatakan sebenarnya buaya tersebut sudah dirawat sejak 20 tahun, karena warga di sekitar lokasi mulai resah maka pihaknya melakukan evakuasi untuk memindahkan buaya tersebut.

“Ini penangkaran milik warga, penangkaran buaya ini pada intinya memiliki izin dan legal. Hanya, karena penangkaran ini sudah banyaknya permukiman warga, serta buaya-buaya itu sudah berukuran rata-rata 400 kg, makanya kita lakukan evakuasi karena warga sekitar sudah mulai resah,” kata Syahron mengutip detik.com, Sabtu (25/9/21).

BACA JUGA :  Dinkes Provinsi Jambi Ungkap Penyebab Kasus Stunting Masih Tinggi

Syahron mengatakan buaya-buaya di lokasi itu dievakuasi selain warga mulai resah juga karena mulai tak terawat.

“Penangkaran ini memang sudah lama berada di sini, tetapi sejak 5-9 tahun belakangan ini penangkaran buaya itu sudah tidak terawat lagi,” ujarnya.

Menurut Syahron, jumlah buaya di penangkaran ini juga cukup banyak, kurang-lebih 20 ekor, tetapi yang baru kita evakuasi dua ekor.

Sebelumnya, Petugas BKSDA juga sudah melakukan evakuasi terhadap buaya di sekitar sungai yang tak jauh dari penangkaran itu.

Ada tiga buaya ukuran besar yang dievakuasi petugas dari sungai yang tak jauh dari permukiman warga.

“Kalau yang baru dievakuasi di penangkaran memang baru dua buaya, tetapi sebelumnya kita juga sudah evakuasi tiga ekor buaya dengan ukuran besar juga di sekitar sungai. Walau kita tidak bisa memastikan apakah buaya itu adalah buaya dari penangkaran atau tidak, yang jelas dengan ditemukan buaya di sekitar sungai, itulah yang membuat warga mulai resah dan minta semua buaya di penangkaran dievakuasi,” kata Syahron.

BACA JUGA :  212 Peserta Meriahkan Lomba Mancing Polres Muaro Jambi, Hadiah Utama 100 Juta

Syahron mengatakan pemilik penangkaran telah mengizinkan buaya-buaya itu untuk dibawa ke kolam penangkaran BKSDA yang lebih aman.

“Buaya yang kita evakuasi akan kita letakkan sementara di penangkaran kita di daerah Kabupaten Batanghari. Kolam penangkaran kita itu juga aman dan jauh dari permukiman warga,” sebutnya.(**)

Share :

Baca Juga

Muaro Jambi

Arogan dan Intimidasi Wartawan, Kades di Muaro Jambi di Polisikan

Muaro Jambi

Wakil Ketua DPRD Muaro Jambi Pimpin Rapat Kerja

Muaro Jambi

Polres Muaro Jambi Gelar Vaksinasi Massal Anak di SDN 67 Sekernan

Muaro Jambi

Langgar Jam Operasional, 4 Truk Batu Bara Ditilang

Muaro Jambi

Pj Bupati Muaro Jambi Sambut Kunjungan Kerja Ketua TP-PKK Provinsi Jambi

Muaro Jambi

Cuaca Panas, Polres Muaro Jambi Imbau Masyarakat Cegah Karhutla

Muaro Jambi

Polres Muaro Jambi Kirim Tim Nakes Untuk Percepatan Vaksinasi di Kerinci

Muaro Jambi

Vaksinasi Mobile Polres Muaro Jambi Menyasar Pengunjung Cafe