indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
Kemenkumham Jambi Usulkan 23 Napi Buddha Terima Remisi Khusus Waisak Bersama Masyarakat Batu Empang, Danrem 042 Gapu Panen Ikan di Lubuk Larangan 7 Rekomendasi Hp OPPO Harga Rp3 Jutaan Terbaik Korban Kebakaran di Senyerang Menerima Bantuan Identitas dan Kronologis Laka Maut 2 Pengendara Sepeda Motor di Jalan lintas Jambi-Muara Sabak

Home / Provinsi Jambi

Sabtu, 12 Februari 2022 - 00:57 WIB

Kemenag Provinsi Jambi Adakan Workshop Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis PSAK Bagi Para Amil Zakat

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, H. Zoztafia membuka workshop Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis PSAK Tahun 2022, Rabu (09/02/22). FOTO : Kemenag

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, H. Zoztafia membuka workshop Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis PSAK Tahun 2022, Rabu (09/02/22). FOTO : Kemenag

JAMBI – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, H. Zoztafia membuka Workshop Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Pernyataan Standar Akutansi Keuangan (PSAK) Tahun 2022, Rabu (09/02/22) disalah satu hotel di Kota Jambi.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu program kerja Seksi Zakat Bidang Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kanwil Kemenag Jambi.

Workshop dihadiri oleh sebanyak tiga puluh (30) orang peserta, utusan dari Badan Amin Zakat Nasional (Baznas) Kab/Kota Se-provinsi Jambi, Baznas Provinsi dan unit pengumpul zakat (UPZ) Kanwil dan dimaksudkan untuk menyamakan persepsi tentang format laporan keuangan BASNAS, Lembaga Amil Zakat (LAZ) dan UPZ di Provinsi Jambi.

“Zakat menjadi bagian penting dari ajaran Islam, bagian dalam syariat Islam, perintah Allah SWT untuk dilaksanakan. Narasinya dari dulu sudah ada, tetapi di Indonesia belum begitu signifikan dalam mengentaskan kemiskinan”, ujar Kakanwil dalam arahannya.

BACA JUGA :  Polda Bersama Pemprov Jambi Tindaklanjuti Edaran Kementerian ESDM Terkait Angkutan Batubara, Ini Hasilnya

“Baznas merupakan lembaga pengumpul zakat dan saya optimis Baznas bisa melaksanakan pengelolaan zakat yang betul betul bermanfaat bagi masyarakat Indonesia, masyarakat Jambi”, imbuhnya.

Tujuan pengelolaan zakat adalah untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pelayanan dalam penelolaan zakat dan meningkatkan manfaat zakat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan.

Zoztafia menyebutkan agar Baznas bisa mengentaskan kemiskinan, maka perannya tidak saja mengumpulkan zakat lalu menyalurkannya dalam moment-moment khusus seperti idul fitri dan tahun ajaran baru atau bersifat konsumtif namun perannya tidak terhenti sampai disitu, programnya harus jangka panjang yang terstruktur dan masif bagaimana memberikan penguatan terhadap perbaikan ekonomi masyarakat dalam bentuk zakat produktif / meningkatkan lagi program-program zakat produktif.

BACA JUGA :  Lagi-lagi Nangkap Ikan di Danau Raman, Tradisi Unik Desa Senaung Setiap Tahun

“Membantu masyarakat misalnya memberikan modal usaha berkelanjutan bagi pedagang, lakukan pendampingan agar usahanya berhasil sehingga penerima zakat memiliki sumber pendapatan yang permanen sehingga penerima zakat bisa terbebas dari kemiskinan”, tandasnya.

Dana masyarakat yang digunakan tentunya harus dipertanggungjawabkan dalam bentuk akuntansi keuangan, manajeman yang baik dan modern (transformasi digital) sesuai tuntutan zaman. Untuk itu Kemenag memfasilitasi dalam bentuk workshop agar bagaimana pengelolaan keuangan zakat di lembaga Baznas provinsi Jambi menjadi lembaga yang akuntable. Pengelolaannya harus secara baik, modern dan akuntable, tutup Zoztafia.(*/Kemenag)

Share :

Baca Juga

Covid-19

4 Hari Terakhir; Kasus Fositif Covid-19 di Jambi Tak Bertambah, PDP Pun Berkurang

Provinsi Jambi

Sudirman Buka Musppanitra Kwartir Daerah Pramuka Provinsi Jambi

Daerah

BNNP Jambi Kembali Tembak Bandar Narkoba Asal Aceh di Bertam, 4 Pelaku dan 7 Kg Shabu Berhasil Diamankan

Provinsi Jambi

Apel Pagi di Kantor Kembali Ditiadakan

Provinsi Jambi

Nama-Nama Lolos Administrasi Seleksi Terbuka 4 Kepala OPD Pemprov Jambi

Provinsi Jambi

Antisipasi Covid-19, Korem 042/Gapu Gelar Rapid Test Personil Aktivitas Tinggi

Provinsi Jambi

Akan Lemhanas ke Amerika Serikat, Fachrori; Terima Kasih Pak Danrem Atas Kerja Kerasnya

Covid-19

Pemprov Jambi Kembali Tambah 3 Rumah Sakit Rujukan Pasien Covid-19