indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
Seminar Pelayanan Publik, Diharapkan Menunjang Kegiatan Kemasyarakatan Kebakaran di Kampung Nelayan 4 Rumah Ludes 2 Rusak Berat BREAKING NEWS : Musibah Kebakaran Landa Parit 4 Kampung Nelayan Tanjab Barat Kapenrem 042 Gapu Ikuti Workshop Menulis Penerangan TNI AD 2022 Kondisi Listrik Tanjab Barat Byarpet, Massa Unjuk Rasa ke Kantor PLN Tungkal

Home / Muaro Jambi

Sabtu, 14 Mei 2022 - 15:08 WIB

Kemunculan Buaya Liar Resahkan Warga Kemingking Dalam

Kemunculan Buaya Liar Resahkan Warga Kemingking Dalam

Kemunculan Buaya Liar Resahkan Warga Kemingking Dalam

MUARO JAMBI – Warga di Desa Kemingking Dalam, Kecamatan Taman Rajo, Kabupaten Muaro Jambi saat ini tengah resah dengan kemunculan buaya muara di sekitaran sungai yang berdekatan dengan permukiman masyarakat.

Kemunculan predator sungai bergigi gergaji tersebut sempat diabadikan oleh warga menggunakan kamera ponsel.

Vidio penampakan buaya liar itu pun kini beredar luas di media sosial.

Di dalam vidio amatir yang direkam oleh beberapa waktu lalu itu terlihat seekor buaya berukuran sekitar dua meter tampak berjemur santai di bantaran sungai. Hal inipun sempat menghebohkan dan menjadi tontonan warga.

Menurut warga, populasi buaya yang diketahui lebih dari satu eko itu kerap menampakan diri berjemur di sekitaran sungai pada saat siang hari.

“Buaya itu muncul pas hari panas, dio berjemur. Yang kami lihat tu kiro-kiro panjangnya sekitar dua meteran. Induknyo ada jugo,”ujar Azhan salah seorang warga Desa Kemingking Dalam kepada wartawan, Jum’at (13/05/22).

Azhan menerangkan, ia telah dua kali melihat penampakan buaya liar tersebut di Sungai Kemingking Dalam.

BACA JUGA :  Kapolda Jambi Hadiri Pelantikan Pj Bupati Muaro Jambi, Tebo dan Sarolangun

“Kalau yang muncul pertamo itu induknyo besar, di bawah rerumputan. Kalau yang sekarang ini dio naik ke atas tebing sungai, buayo liar pak,”terangnya.

Ia mengaku sangat resah dengan kemunculan buaya yang kerap kali berkeliaran di sekitaran sungai Kemingking Dalam tersebut.

Akibat kemunculan buaya ini, masyarakat sekitar pun tak lagi berani beraktivitas di sungai, baik untuk keperluan mencuci, mandi ataupun mencari ikan.

“Sangat resah pak, jelas. Takutnyo sayo, adik-adik kan sering mandi di sungai, takutnyo itulah jadi mangso buayo. Harapannyo kalau biso buayo itu ditangkap, di pindahkan ke tempat habitat dio,”ungkap Azhan.

Hal senada juga diutarakan oleh warga Desa Kemingking Dalam lainnya, M. Yatim. Ia menjelaskan, BKSDA Jambi harus segera menangkap dan mengevakuasi buaya yang dikhawatirkan dapat membahayakan warga Desa Kemingking Dalam tersebut.

Menurutnya, sungai Kemingking Dalam merupakan salah satu sumber kehidupan warga sekitar.

“Sungai ini bisa dikatakan sumber kehidupan warga disini,”ungkap M. Yatim.

Yatim berujar, jika banjir, air sungai Kemingking Dalam bisa meluap hingga ke permukiman penduduk, sehingga ditakutkan keberadaan buaya dapat membahayakan nyawa masyarakat.

BACA JUGA :  Nama-Nama 43 Pejabat di Lingkungan Pemkab Tanjab Barat yang Dilantik dan Dikukuhkan Hari Ini

“Ya kami tukan dag tau. Kagek buayo tu kami bunuh, kami bekasus, itu yang kami takutkan. Soalnyo buayo ini kan hewan yang dilindungi,”tandas M. Yatim.

Sementara itu, Camat Taman Rajo, Jani Erlintas ikut membenarkan kemunculan buaya liar di Sungai Kemingking Dalam.

Atas kemunculan buaya tersebut, Joni mengimbau dan meminta masyarakat di Desa Kemingking Dalam untuk terus waspada dan mengurangi aktivitas di sungai.

“Memang sudah beberapa kali ya buaya itu timbul di permukaan. Itu cukup meresahkan warga kita disini, khususnya yang halu lalang pakai perahu. Oleh sebab itu kita berharap kepada BKSDA Provinsi Jambi untuk ikut menaggulangi buaya yang timbul ini, supaya tidak berlarut-larut dan masyarakat resah,”kata Camat Taman Rajo, Joni Erlintas kepada wartawan.

Camat Taman Rajo menyatakan, dalam waktu dekat ia akan berkomunikasi dengan pihak BKSDA,agar persoalan kemunculan buaya di Sungai Kemingking Dalam tersebut bisa segera di tanggulangi.(*)

Share :

Baca Juga

Muaro Jambi

Warga Bahar Selatan Serahkan Senpi Rakitan ke Polisi

Muaro Jambi

Warga dan Siswa SMP 5 Sekernan Antusias Ikuti Vaksinasi Polres Muaro Jambi

Muaro Jambi

BREAKING NEWS : Bupati Masnah Hari Ini Bakal Lantik Belasan Pejabat Eselon II

Muaro Jambi

Tinjau Pilkades Serentak, Sekda Muaro Jambi Harap Berjalan Aman dan Lancar

Muaro Jambi

Kejar 100 % Vaksinasi, Kapolda Jambi Lakukan Tatap Muka dengan Forkopimda Muaro Jambi

Muaro Jambi

Kapolres Muaro Jambi Pimpin Upacara Korps Raport Kenaikan Pangkat 42 Personil

Muaro Jambi

Bupati Masnah Hadiri Pengukuhan Pemangku Adat Desa Simpang Sungai Duren

Muaro Jambi

Sopir Tak Bisa Lagi Bohong, Satlantas Polres Muaro Jambi Guna Ini Untuk Mendeteksi Kecepatannya kendaraan