YTUBE
Bupati Tanjab Barat Launching Internet Gratis di Ruang Publik Ketua Bhayangkari Jambi Kunjungi Tahanan Wanita di Lapuanja Penutupan Pembinaan Tradisi dan Pembaretan Bintara Remaja Brimob Polda Jambi Safari Jum’at di Bram Itam Kanan, Bupati Anwar Sadat Sampaikan Ini Twibbon HUT TNI KE 77 Tahun 2022

Home / Berita

Jumat, 18 Maret 2022 - 10:04 WIB

Mulai Mei, 3 Kepala Daerah di Jambi akan Dijabat oleh Pjs

Dari Kiri Bupati Muaro Jambi Hj. Masnah Busro, S.E., M.Tr.IP,  Bupati Sarolangun Drs. H. Cek Endra, Bupati  Tebo Dr. H. Sukandar, S.Kom., M.Si. [Grafis : Lintastungkal.com]

Dari Kiri Bupati Muaro Jambi Hj. Masnah Busro, S.E., M.Tr.IP,  Bupati Sarolangun Drs. H. Cek Endra, Bupati  Tebo Dr. H. Sukandar, S.Kom., M.Si. [Grafis : Lintastungkal.com]

JAMBI – Kepala Daerah Kabupaten Muaro Jambi, Tebo dan Sarolangun, dalam waktu beberapa pekan ke depan akan dijabat oleh Penjabat Sementara (Pjs) Bupati. Hal tersebut berdasarkan rilis Data Direktorat Jenderal Otonomi Daerah, Senin (3/1/22).

Disebutkan Bupati dan Wakil Bupati Muaro Jambi, Bupati dan Wakil Bupati Tebo dan Bupati dan Wakil Bupati akan habis masa jabatan serentak pada tanggal 22 Mei 2022.

  1. Bupati Muaro Jambi
  • Bupati Hj. Masnah Busro, S.E., M.Tr.IP
  • Wakil Bupati Bambang Bayu Suseno
  • Akhir masa jabatan 22 Mei 2022
  1. Bupati Sarolangun
  • Bupati Drs. H. Cek Endra
  • Wakil Bupati Hilalatil Badri
  • Akhir masa jabatan 22 Mei 2022
  1. Bupati Tebo
  • Bupati Dr. H. Sukandar, S.Kom., M.Si
  • Bupati Syahlan
  • Akhir masa jabatan 22 Mei 2022

Untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut, diangkat penjabat bupati sampai dengan terpilihnya bupati/wabup melalui pemilihan serentak nasional pada tahun 2024.

BACA JUGA :  Akselerasi Capaian Vaksinasi, Binda Jambi dan Nakes Siap Melayani

Lantas, apakah Pjs kepala daerah,  akan berdampak terhadap incumbent ataupun non incumbent yang akan maju di Pilkada Serentak 2024.

Pengamat Politik, Hadi Suprapto Rusli mengungkapkan, berdampak atau tidaknya itu tergantung dari sikap dan kinerja dari Pjs Bupati tersebut. Pjs Kepala daerah mau itu bupati ataupun walikota itu ada plus minus untuk incumbent.

“Maksudnya, untuk program pemerintahan. Dari yang sudah-sudah mereka itu menjalankan program pemerintahan yang sudah ada. Untuk plusnya tentu ada penyegaran di tingkat daerah. Apalagi penjabat yang ditunjuk itu adalah putra daerah. Tentu akan menjadi semangat baru bagi daerah tersebut,” ungkap Hadi yang juga seorang peniliti dari Indo Barometer ini, saat dibincangi lintastungkal.com beberapa pekan lalu.

Menurut Hadi, jika Pjs itu lebih intensif dan lebih sering turun ke masyarakat selama satu tahun menjabat. Dengan membawa embel-embel politik dalam tanda kutip. Tentunya akan berpengaruh terhadap incumbent.

BACA JUGA :  Danrem 042/Gapu Ucapkan Terima Kasih Partisipasi Peserta Aksi Donor Darah HUT TNI Ke 77

“Misalnya, ada kerabat dari Pjs tersebut yang maju di daerah itu yang non incumbent. Bisa saja disetiap turun ke masyarakat, dia mempromosikan kerabatnya. Tetapi kembali lagi ke figur pjs nya, apakah memiliki integritas dan netralitas yang tinggi sebagai ASN,” ungkap Hadi.

kata Hadi peran Gubernur dalam menunjuk Pjs ini sangat berpengaruh dalam menentukan peta politik yang akan diduduki oleh Pjs itu.

“Gubernur pasti ada kajian-kajiannya dalam menentukan hal ini. Pastinya juga gubernur akan memikirnya pengaruh di daerah itu Pilkada di 2024. Tidak mustahil juga untuk menyongsong Pilgub 2024. Itu jelas poinnya,” pungkas Hadi.

Untuk diketahui pada 2022 ini ada 101 kepala daerah habis masa jabatannya, yang terbagi menjadi 7 gubernur, 76 bupati, dan 18 walikota. Sementara pada 2023 ada 170 kepala daerah yang selesai masa baktinya.(Val)

Share :

Baca Juga

Berita

Prabowo Resmikan Kantor DPD Gerindra di Banten

Berita

Ini Jadwal dan Lokasi SKD CPNS Tanjab Barat 2019

Advetorial

Maksimalkan Pelayanan, Menag Bagikan Lebih Awal Sovenir Perlengkapan Haji

Berita

Serahkan LHP Tanjabbar 2021, BPK Jambi Berikan Catatan Beberapa Item Temuan

Berita

Hasil Rapid Tes 4 Keluarga Pasien Covid-19 Karyawan Petrochina di Betara Non Reaktif

Berita

Bulog Kuala Tungkal Berhasil Salurkan Beras PPKM Tahap I

Berita

Korem 042/Gapu Gelar Komsos Bersama Aparat Pemerintah

Berita

Pasca Ledakan Sebuah Rumah, Kapolres Tanjab Barat Imbau Warga Tenang