indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
Kemenkumham Jambi Usulkan 23 Napi Buddha Terima Remisi Khusus Waisak Bersama Masyarakat Batu Empang, Danrem 042 Gapu Panen Ikan di Lubuk Larangan 7 Rekomendasi Hp OPPO Harga Rp3 Jutaan Terbaik Korban Kebakaran di Senyerang Menerima Bantuan Identitas dan Kronologis Laka Maut 2 Pengendara Sepeda Motor di Jalan lintas Jambi-Muara Sabak

Home / Berita

Jumat, 18 Maret 2022 - 10:04 WIB

Mulai Mei, 3 Kepala Daerah di Jambi akan Dijabat oleh Pjs

Dari Kiri Bupati Muaro Jambi Hj. Masnah Busro, S.E., M.Tr.IP,  Bupati Sarolangun Drs. H. Cek Endra, Bupati  Tebo Dr. H. Sukandar, S.Kom., M.Si. [Grafis : Lintastungkal.com]

Dari Kiri Bupati Muaro Jambi Hj. Masnah Busro, S.E., M.Tr.IP,  Bupati Sarolangun Drs. H. Cek Endra, Bupati  Tebo Dr. H. Sukandar, S.Kom., M.Si. [Grafis : Lintastungkal.com]

JAMBI – Kepala Daerah Kabupaten Muaro Jambi, Tebo dan Sarolangun, dalam waktu beberapa pekan ke depan akan dijabat oleh Penjabat Sementara (Pjs) Bupati. Hal tersebut berdasarkan rilis Data Direktorat Jenderal Otonomi Daerah, Senin (3/1/22).

Disebutkan Bupati dan Wakil Bupati Muaro Jambi, Bupati dan Wakil Bupati Tebo dan Bupati dan Wakil Bupati akan habis masa jabatan serentak pada tanggal 22 Mei 2022.

  1. Bupati Muaro Jambi
  • Bupati Hj. Masnah Busro, S.E., M.Tr.IP
  • Wakil Bupati Bambang Bayu Suseno
  • Akhir masa jabatan 22 Mei 2022
  1. Bupati Sarolangun
  • Bupati Drs. H. Cek Endra
  • Wakil Bupati Hilalatil Badri
  • Akhir masa jabatan 22 Mei 2022
  1. Bupati Tebo
  • Bupati Dr. H. Sukandar, S.Kom., M.Si
  • Bupati Syahlan
  • Akhir masa jabatan 22 Mei 2022

Untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut, diangkat penjabat bupati sampai dengan terpilihnya bupati/wabup melalui pemilihan serentak nasional pada tahun 2024.

BACA JUGA :  Identitas dan Kronologis Laka Maut 2 Pengendara Sepeda Motor di Jalan lintas Jambi-Muara Sabak

Lantas, apakah Pjs kepala daerah,  akan berdampak terhadap incumbent ataupun non incumbent yang akan maju di Pilkada Serentak 2024.

Pengamat Politik, Hadi Suprapto Rusli mengungkapkan, berdampak atau tidaknya itu tergantung dari sikap dan kinerja dari Pjs Bupati tersebut. Pjs Kepala daerah mau itu bupati ataupun walikota itu ada plus minus untuk incumbent.

“Maksudnya, untuk program pemerintahan. Dari yang sudah-sudah mereka itu menjalankan program pemerintahan yang sudah ada. Untuk plusnya tentu ada penyegaran di tingkat daerah. Apalagi penjabat yang ditunjuk itu adalah putra daerah. Tentu akan menjadi semangat baru bagi daerah tersebut,” ungkap Hadi yang juga seorang peniliti dari Indo Barometer ini, saat dibincangi lintastungkal.com beberapa pekan lalu.

Menurut Hadi, jika Pjs itu lebih intensif dan lebih sering turun ke masyarakat selama satu tahun menjabat. Dengan membawa embel-embel politik dalam tanda kutip. Tentunya akan berpengaruh terhadap incumbent.

BACA JUGA :  Bupati Masnah Resmikan Jembatan Gantung Putri Ponjen dan Homestay Danau Tangkas Desa Tanjung Lanjut

“Misalnya, ada kerabat dari Pjs tersebut yang maju di daerah itu yang non incumbent. Bisa saja disetiap turun ke masyarakat, dia mempromosikan kerabatnya. Tetapi kembali lagi ke figur pjs nya, apakah memiliki integritas dan netralitas yang tinggi sebagai ASN,” ungkap Hadi.

kata Hadi peran Gubernur dalam menunjuk Pjs ini sangat berpengaruh dalam menentukan peta politik yang akan diduduki oleh Pjs itu.

“Gubernur pasti ada kajian-kajiannya dalam menentukan hal ini. Pastinya juga gubernur akan memikirnya pengaruh di daerah itu Pilkada di 2024. Tidak mustahil juga untuk menyongsong Pilgub 2024. Itu jelas poinnya,” pungkas Hadi.

Untuk diketahui pada 2022 ini ada 101 kepala daerah habis masa jabatannya, yang terbagi menjadi 7 gubernur, 76 bupati, dan 18 walikota. Sementara pada 2023 ada 170 kepala daerah yang selesai masa baktinya.(Val)

Share :

Baca Juga

Berita

Tawaran Pinjol via SMS Kian Marak, Jangan Terjebak!

Berita

Karangan Bunga Ucapan Selamat Pelantikan UAS-Hairan Mulai Terpampang di Depan Kantor Bupati dan Rumah Dinas

Berita

Babinsa Bantu Petani Panen Lombok di Lokasi Pra TMMD

Berita

Lalu Lintas di Jembatan Aurduri I Jambi Sore Ini Macet Parah

Berita

Kapolres Tanjab Barat Pimpin Upacara Ziarah dan Tabur Bunga di Makam Pahlawan

Berita

Kasrem 042/Gapu Tinjau Vaksinasi Serentak di Puskesmas Jambi Selatan

Berita

Begini Kronologis Penemuan Jasad Wak Utar Oleh Tim SAR Basarnas dan TRC BPBD

Berita

Ketua Persit KCK Koorcab Rem 042 Ikuti Talk Show Sosialisasi Gejala Kanker Payudara Bersama YKPI