LIVETV
Polres Muaro Jambi Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana Firman Shantyabudi Resmikan Mako Polairud Polda Jambi Ini Aturan Terkait Natal dan Tahun Baru Terhadap Sekolah 163 CPNS Tanjab Barat Terima SK Pengangkatan PNS Sarifudin Mengingatkan BLT Tidak Dimanfaatkan Untuk Mengambil Keuntungan

Home / Nasional

Minggu, 17 Oktober 2021 - 20:50 WIB

Pertamina Tutup Sementara 91 SPBU Langgar Penyaluran Solar

Pertamina Tutup Sementara 91 SPBU Langgar Penyaluran Solar. FOTO : Ilustrasi

Pertamina Tutup Sementara 91 SPBU Langgar Penyaluran Solar. FOTO : Ilustrasi

JAKARTA – Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero), Pertamina Patra Niaga melakukan penutupan sementara terhadap 91 lembaga penyalur atau SPBU di seluruh Indonesia.

Adapun SPBU yang ditindak yakni 8 SPBU regional Sumatera Utara, 12 SPBU Sumatera Selatan, 14 SPBU Jawa Barat, 26 SPBU Jawa Tengah, 6 SPBU Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara, 12 SPBU Kalimantan, 6 SPBU Sulawesi, dan 7 SPBU Maluku.

Penindakan dilakukan terkait penyaluran Solar Subsidi yang tidak sesuai dengan regulasi yang ditetapkan.

Pjs. Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero), Irto Ginting mengatakan penindakan ini adalah bukti komitmen Pertamina untuk menjaga amanah Pemerintah dalam menyalurkan Solar Subsidi secara tepat sasaran.

BACA JUGA :  Kronologi Laka Maut di Tanjung Bojo Scoopy VS Legenda, Hingga Korban Terbakar

“Alasan penindakannya beragam, antara lain adalah penyaluran Solar Subsidi tidak sesuai regulasi Perpres 191/2014, pengisian Solar Subsidi dengan jerigen tanpa surat rekomendasi, pengisian ke kendaraan modifikasi, penyelewengan pencatatan/administrasi, dan melayani pengisian atau transaksi diatas 200 liter. Sanksi diberikan untuk memastikan penyaluran BBM subsidi berjalan dengan baik,” ujar Irto dalam keterangan tertulis dikutip cnbcindonesia.com, Sabtu (16/10/21).

BACA JUGA :  Laka Maut, Dua Warga Meninggal dengan Luka Bakar Satu Dilarikan ke RS Jambi

Irto menambahkan, 91 SPBU yang ditindak ini merupakan SPBU yang sudah terbukti melakukan pelanggaran sampai dengan Oktober 2021.

Ia menuturkan, tindakan yang pihaknya ambil adalah penghentian pasokan atau penutupan sementara SPBU serta penagihan selisih harga jual Solar Subsidi sesuai harga keekonomiannya.

“Pertamina akan terus memonitor dan berkoordinasi dengan aparat serta seluruh stakeholder dalam melakukan pemantauan di lapangan. Kami tidak ragu-ragu memberikan sanksi tegas kepada SPBU yang nakal,” jelas Irto.

Lebih lanjut, untuk memastikan penyaluran, Pertamina juga melakukan pemantauan secara real time informasi terkait stok dan proses melalui sistem digitalisasi di Pertamina Integrated Command Centre (PICC).

BACA JUGA :  Polres Muaro Jambi Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana

Masyarakat yang memiliki informasi dan melihat adanya indikasi penyelewengan penyaluran Solar Subsidi juga dapat langsung melaporkannya ke aparat yang berwenang serta ke Pertamina Call Center (PCC) 135.

“Kami sangat mengapresiasi dukungan dari masyarakat, media, dan seluruh stakeholder. Ini adalah bentuk sinergi yang baik, dan bersama-sama kita dapat mewujudkan penyaluran Solar Subsidi yang tepat sasaran,” pungkas Irto.

Artikel ini telah tarang di cnbcindonesia.com dengan judul : Langgar Penyaluran Solar, Pertamina Tutup Sementara 91 SPBU.

Share :

Baca Juga

Nasional

Lagi, MenPAN-RB Akan Perbaharui SE Nomor 13 Tahun 2021

Nasional

Jika Digilir Marta, Maka Ini Sosok Ini Tepat Jabatan Panglima TNI

Nasional

COVID-19 Varian AY.1 ‘Delta Plus’ Dikabarkan Sudah Terdeteksi di Jambi

Nasional

Tingkatkan Keamanan Negara, Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Cek Pelibas Perbatasan RI-RDTL di Pos PLBN Motaain

Nasional

Ke Depan Polantas Tak Lagi Menilang, Hanya Atur Lalu Lintas

Advetorial

Tanam Magrove Meriahkan Peringatan HKAN 2019 Di Tanjab Barat

Nasional

Dari Petisi Online Hingga Komisi XI Protes dengan Pemotongan THR ASN

Nasional

Dispensasi Perkawinan Anak Meningkat, Menko PMK Minta MUI Terbitkan Fatwa