indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
Dua Terduga Penyalahgunaan Sabu Dibekuk, Sejumlah Alat Bukti Disita Diduga Keracunan, 5 Orang Karyawan Kapal PT KT di Tanjab Timur Meninggal Dihadiri Bupati Masnah, HUT Desa Tanjung Lanjut Ke 39 di Wisata Danau Tangkas Meriah Atlet Taekwondo Tanjabbar Sukses Raih 2 Emas dan 2 Perunggu Kejuaraan Wali Kota Jambi 2022 Pengamat : Realistis Bila Golkar Usung Anies Baswedan

Home / Tanjab Timur

Jumat, 20 Agustus 2021 - 10:01 WIB

Posko 18 KKN Kebangsaan Adakan Pelatihan Pemanfaatan Cocopeat dan Cocofiber dari Sabut Kelapa

Posko 18 KKN Kebangsaan di Desa Teluk Majelis, Kabupaten Tanjung Jabung Timur Saat Pelatihan Pemanfaatan Cocopeat dan Cocofiber dari Sabut Kelapa, FOTO : SEK POSKO 18 KKN KEBANGSAAN.

Posko 18 KKN Kebangsaan di Desa Teluk Majelis, Kabupaten Tanjung Jabung Timur Saat Pelatihan Pemanfaatan Cocopeat dan Cocofiber dari Sabut Kelapa, FOTO : SEK POSKO 18 KKN KEBANGSAAN.

MUARA SABAK – Posko 18 KKN Kebangsaan yang berada di Desa Teluk Majelis, Kecamatan Kuala Jambi, Kabupaten Tanjung Jabung Timur mengadakan kegiatan pelatihan pemanfaatan Cocopeat dan Cocofiber dari sabut kelapa pada hari Minggu(15/8/21).

KKN Kebangsaan posko 18 yang mana kolaborasi antara Universitas Jambi (Ayu & Febri), Universitas Tanjung Pura (Erik), dan Institut Teknologi Sumatera (Oksifa) memiliki ide untuk membuat suatu inovasi dengan memanfaatkan limbah sabut kelapa sebagai media tanam (Cocopeat) dan sebagai bahan utama pembuatan pot tanaman (Cocofiber).

Ayu salah satu anggota KKN mengatakan kegiatan tersebut bermula melihat potensi pertanian di desa Teluk Majelis adalah kelapa dan pinang, limbah dari kedua komoditas tersebut belum dimanfaatkan secara efektif, serta menjadi limbah yang terbuang sia-sia.

BACA JUGA :  Diduga Keracunan, 5 Orang Karyawan Kapal PT KT di Tanjab Timur Meninggal

 “Sabut kelapa atau sering kali disebut dengan Cocofiber yang sudah diubah dalam bentuk serabut merupakan limbah dari pohon kelapa yang dapat kita manfaatkan sebagai media tanam atau media campuran dalam membuat bahan-bahan organic,” ungkap Ayu.

Cocopeat termasuk ke dalam media tanam yang bersifat organik, karena terbuat dari serbuk sabut kelapa. Cocopeat memiliki sifat mudah menyerap dan menyimpan air. Ia juga memiliki pori-pori, yang memudahkan pertukaran udara, dan masuknya sinar matahari.

Selain itu, Ayu juga menyebutkan berbagai kelebihan produknya Fungsi dari sabut kelapa ini bukan hanya baik untuk media tanamnya saja namun baik juga untuk perkembangan tanaman. Untuk sabut kelapa, manfaatnya yaitu menghemat penggunaan pupuk pada tanaman hingga sekitar 50%.

BACA JUGA :  Vaksin Serbu Desa TNI-Polri dan Pemkab Muaro Jambi Sasar Warga Perumahan Indah Regency

Untuk membuat Cocopeat dan Cocofiber cukup mudah yaitu dengan memarut sabut kelapa dengan bantuan parutan kelapa tradisional hingga mendapatkan bubuk (serbuk) dan juga serabut dari sabut kelapa tersebut.

“alhamdulillah, kegiatan ini disambut antusias oleh masyarakat setempat, selain dapat meminimalisir limbah kelapa, juga dapat sebagai lapangan usaha,” tutup Ayu.

Dr. Ervan Johan Wicaksana, S.pd., M.Pd., M.Pd.I selaku Dosen Pembimbing Lapangan mendukung penuh semua kegiatan yang bersifat positif dan bermanfaat bagi desa.

“Kegiatan ini sangat bersifat sustainable atau berkelanjutan, apalagi KKN bersifat sementara, oleh sebab itu saya menganjurkan kegiatan yang seperti ini,” ujar Dr. Ervan.(*)

Share :

Baca Juga

Tanjab Timur

Tabrak Fuso, Dua Orang Penumpang Mobil Innova Tewas Menggenaskan

Tanjab Timur

8 Korban Tenggelam KM Wicly Jaya Sakti di Perairan Tanjabtim Ditemukan

Tanjab Timur

Tinjau Perkebunan Pisang Cavendish, Bupati Tanjabtim Minta Pengelola Bina Warga Sekitar

Tanjab Timur

PetroChina Jabung Menjadi Sponsor Utama dalam Kegiatan HKN ke-57 di Tanjung Jabung Timur

Tanjab Timur

Edarkan Sabu, Nelayan di Kuala Tungkal Ditangkap BNNK Tanjab Timur

Tanjab Timur

Pemkab Tanjab Timur Jalin Kerjasama dengan PT. WKS Terkait Penyediaan Cocofed dan Sekam

Tanjab Timur

KUT PP KE-62, PAC Pemuda Pancasila Nipah Panjang Gelar Sunatan Massal

Daerah

Fachrori Serahkan Bantuan Baznas Provinsi Jambi pada Masyarakat Terdampak Covid-19 di Nipah Panjang