YTUBE
Polda Jambi Terima Penghargaan dari Kementrian ATR/BPN Atas Penyelesaian Konflik Lahan Warga SAD 113 Satreskrim Polres Merangin Amankan Terduga Pelaku Kekerasan Terhadap Anak Bawaslu Ingatkan Peserta Pemilu Pahami Aturan dan Tidak Melakukan Pelanggaran Ditangkap Lantaran Curi 53 Jenjang Buah Sawit Dandim 0419 Tanjab : Menwa Jadilah Pelopor Kebaikan di Lingkungan Masyarakat

Home / Tanjab Timur

Jumat, 20 Agustus 2021 - 10:01 WIB

Posko 18 KKN Kebangsaan Adakan Pelatihan Pemanfaatan Cocopeat dan Cocofiber dari Sabut Kelapa

Posko 18 KKN Kebangsaan di Desa Teluk Majelis, Kabupaten Tanjung Jabung Timur Saat Pelatihan Pemanfaatan Cocopeat dan Cocofiber dari Sabut Kelapa, FOTO : SEK POSKO 18 KKN KEBANGSAAN.

Posko 18 KKN Kebangsaan di Desa Teluk Majelis, Kabupaten Tanjung Jabung Timur Saat Pelatihan Pemanfaatan Cocopeat dan Cocofiber dari Sabut Kelapa, FOTO : SEK POSKO 18 KKN KEBANGSAAN.

MUARA SABAK – Posko 18 KKN Kebangsaan yang berada di Desa Teluk Majelis, Kecamatan Kuala Jambi, Kabupaten Tanjung Jabung Timur mengadakan kegiatan pelatihan pemanfaatan Cocopeat dan Cocofiber dari sabut kelapa pada hari Minggu(15/8/21).

KKN Kebangsaan posko 18 yang mana kolaborasi antara Universitas Jambi (Ayu & Febri), Universitas Tanjung Pura (Erik), dan Institut Teknologi Sumatera (Oksifa) memiliki ide untuk membuat suatu inovasi dengan memanfaatkan limbah sabut kelapa sebagai media tanam (Cocopeat) dan sebagai bahan utama pembuatan pot tanaman (Cocofiber).

Ayu salah satu anggota KKN mengatakan kegiatan tersebut bermula melihat potensi pertanian di desa Teluk Majelis adalah kelapa dan pinang, limbah dari kedua komoditas tersebut belum dimanfaatkan secara efektif, serta menjadi limbah yang terbuang sia-sia.

BACA JUGA :  Pabrik Pengolahan Minyak Kelapa Sawit di Muaro Jambi Terbakar, 3 Karyawan Terluka

 “Sabut kelapa atau sering kali disebut dengan Cocofiber yang sudah diubah dalam bentuk serabut merupakan limbah dari pohon kelapa yang dapat kita manfaatkan sebagai media tanam atau media campuran dalam membuat bahan-bahan organic,” ungkap Ayu.

Cocopeat termasuk ke dalam media tanam yang bersifat organik, karena terbuat dari serbuk sabut kelapa. Cocopeat memiliki sifat mudah menyerap dan menyimpan air. Ia juga memiliki pori-pori, yang memudahkan pertukaran udara, dan masuknya sinar matahari.

Selain itu, Ayu juga menyebutkan berbagai kelebihan produknya Fungsi dari sabut kelapa ini bukan hanya baik untuk media tanamnya saja namun baik juga untuk perkembangan tanaman. Untuk sabut kelapa, manfaatnya yaitu menghemat penggunaan pupuk pada tanaman hingga sekitar 50%.

BACA JUGA :  IKM di Tanjabbar Bertambah, Bidang Perindustrian Dorong Pelaku Industri Miliki Sertifikat Halal

Untuk membuat Cocopeat dan Cocofiber cukup mudah yaitu dengan memarut sabut kelapa dengan bantuan parutan kelapa tradisional hingga mendapatkan bubuk (serbuk) dan juga serabut dari sabut kelapa tersebut.

“alhamdulillah, kegiatan ini disambut antusias oleh masyarakat setempat, selain dapat meminimalisir limbah kelapa, juga dapat sebagai lapangan usaha,” tutup Ayu.

Dr. Ervan Johan Wicaksana, S.pd., M.Pd., M.Pd.I selaku Dosen Pembimbing Lapangan mendukung penuh semua kegiatan yang bersifat positif dan bermanfaat bagi desa.

“Kegiatan ini sangat bersifat sustainable atau berkelanjutan, apalagi KKN bersifat sementara, oleh sebab itu saya menganjurkan kegiatan yang seperti ini,” ujar Dr. Ervan.(*)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Tanjab Timur

Penyelundupan 63.950 Ekor Baby Lobster Digagalkan Polisi, Supir Pengangkut Kabur

Tanjab Timur

Kapolres Tanjab Timur Takziah ke Rumah 5 Korban Meninggal di Palka Tongkang

Tanjab Timur

Korban Terkam Buaya Saat Mancing di Sungai Dendang Ditemukan 15 KM dari TKP

Tanjab Timur

Kapolres Tanjab Timur Pimpin Pembaretan Tradisi Penyambutan 23 Baja

Tanjab Timur

Baznas Tanjabtim dan Satgas TMMD Kodim 0419/Tanjab Salurkan Beasiswa Untuk Pelajar Labuhan Pering

Tanjab Timur

Danrem 042/Gapu Hadiri Pembukaan Latgab Penanganan Karhutla di Tanjab Timur

Tanjab Timur

Bupati Harap Penyaluran Beras Bantuan PPKM ke Masyarakat Cepat dan Tepat Sasaran

Tanjab Timur

PetroChina Bagikan Paket Sembako dan Ratusan Liter Minyak Goreng kepada Masyarakat Wilayah Operasi di Tanjab Timur