indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
Bupati Masnah Lantik Ketua dan Pengurus PKK Desa se Kecamatan Sungai Gelam Kemenag Bantu Pembangunan Masjid dan Mushala Melalui SIMAS, Ini Syaratnya Bupati Muaro Jambi Pengukuhan Adat 8 Kepala Desa se Kecamatan Sungai Gelam Gudang Pengolahan Sabut Kelapa Bahan Industri Kerajinan Desa Karya Maju Terbakar UMi Bantu Akses Pembiayaan Kelompok Rentang di Balik Usaha Mikro

Home / Provinsi Jambi

Rabu, 16 Maret 2022 - 21:05 WIB

Ratusan Warga Jambi Tertipu Investasi Ternak Ikan Lele

Penyidik Ditreskrimum Polda Jambi Memasang Garis Polisi Sejumlah Aset Milik PT DHD Farm Mitra Indotama di Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi. FOTO : Polda Jambi.

Penyidik Ditreskrimum Polda Jambi Memasang Garis Polisi Sejumlah Aset Milik PT DHD Farm Mitra Indotama di Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi. FOTO : Polda Jambi.

JAMBI – Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jambi telah menyita aset milik PT Darsa Haria Darussalam (DHD) Farm Mitra Indotama.

Penyitaan tersebut buntut kasus banyaknya warga yang melapor akibat merasa dirugikan setelah menanam modal di usaha lele berlokasi di di Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi lele dengan kerugian uang korban mencapai Rp4,3 miliar.

Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Jambi, Kombes Pol Kaswandi Irwan mengatakan ada sekitar 30 kolam milik aset PT DHD yang berada di Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi sudah disita dan penyidik.

“Terkait dengan dugaan kasus penipuan investasi lele ini, Minggu lalu sudah kita lakukan penyitaan terhadap lebih dari 30 kolam buatan milik perusahaan di kawasan Kabupaten Muaro Jambi,” kata Kaswandi, Selasa (15/3/22).

Kaswandi menambahkan dalam waktu dekat ini juga akan melakukan gelar perkara untuk menentukan status kepala cabang perusahaan itu.

BACA JUGA :  Identitas dan Kronologis Laka Maut 2 Pengendara Sepeda Motor di Jalan lintas Jambi-Muara Sabak

“Minggu ini direncanakan akan kembali gelar perkara untuk penetapan status tersangka dalam kasus itu,” katanya.

Terungkapnya kasus ini setelah Polda Jambi menerima sebanyak laporan dari para korban penipuan investasi ternak ikan lele sebanyak 88 orang dengan kerugian mencapai Rp4,3 miliar.

Para korban penipuan investasi ternak ikan lele yang ditawarkan oleh PT Darsa Haria Darussalam (DHD) diprediksi akan terus bertambah.

Diperkirakan ratusan warga Jambi menjadi korban penipuan investasi ternak Ikan Lele PT DHD dalam beberapa tahun ini.

Dimana sebelumnya ada sekitar 200 orang yang ikut investasi. Para korban rata-rata menanam modal Rp10 juta untuk satu kolam dan setiap satu kolamnya nanti akan dijanjikan para investor akan mendapatkan keuntungan Rp960 ribu dalam satu kali panen.

Dalam satu tahunnya para penanam modal bisa panen sebanyak 9 kali.

BACA JUGA :  Bupati Masnah Lantik Ketua dan Pengurus PKK Desa se Kecamatan Sungai Gelam

Namun sejak Juli 2021 tidak ada lagi hasil yang didapatkan para mitra PT DHD di Jambi dan bahkan ada korban di Jambi yang mengaku telah rugi Rp50 juta hingga Rp 200 juta.

Salah satu korban berinisial KJ menjelaskan dalam investasi ikan lele itu bentuknya kerja sama dengan pola bagi hasil.

Di mana saat modal awal, mitra DHD dapat membeli atau menanam modal Rp10 juta per satu kolam, dengan perjanjian dalam satu kali panen setiap satu kolam mendapat keuntungan Rp960 ribu.

KJ sendiri mengaku menanam modal untuk lima kolam dengan total kerugian Rp50 juta di mana KJ belum ada satu tahun berinvestasi sehingga baru beberapa kali panen tetapi sudah kejadian seperti ini dan korban berharap PT DHD segera mengembalikan uang modal yang sudah disetor.(*)

Share :

Baca Juga

Provinsi Jambi

Pemprov Jambi Gelar Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor Tahap II Hingga 30 November, Ini Syarat dan Ketentuannya

Provinsi Jambi

Syahruddin Resmi Gantian H. Anwar Sadat di DPRD Provinsi Jambi

Provinsi Jambi

Terkait Hal Ini, KASN Kembali Surati Gubernur Jambi

Covid-19

Mengejutkan! Pasien Positif Covid-19 di Jambi Hari Ini Bertambah 11 Kasus, Total Jadi 32

Berita

Cek Endra Resmikan Graha KAHMI Provinsi Jambi

Daerah

Fachrori, Tahun Baru Hijriah Momen Bersama Memperbaiki Sikap Mental dan Perilaku

Provinsi Jambi

Danrem 042/Gapu Bacakan Amanat Kasad

Provinsi Jambi

Danrem 042 Gapu Buka Musprov Perbakin Jambi