LIVE
Ini Agenda Kunker Kemendikbudristek Dua Hari di Jambi Satgas Kolakopsrem 172/PWY Berhasil Evakuasi Jenazah Suster Maelani dari Jurang 300 Meter Bupati Muaro Jambi Minta 5.000 Vaksin Untuk Pelajar Dalam Peninjauan Mendikbudristek Wabup Hairan Zoom Meeting dengan Gubernur Terkait Kunker Mendikbudristek Bupati dan Forkopimda Ikuti Dialog Intraktif Penanganan COVID-19 dengan Kapolri dan Panglima TNI

Home / Investigasi

Rabu, 1 Januari 2020 - 17:00 WIB

Rawan Penyelundupan Narkoba Lewat Jalur Laut, Mesin Detektor X-Ray Di Pelabuhan Roro Jarang Dioperasikan

FOTO : Dokumen Saat Uji Coba X-Ray pada 10 Desember 2019

FOTO : Dokumen Saat Uji Coba X-Ray pada 10 Desember 2019

KUALA TUNGKAL – Banyak pihak menyayangkan alat detektor X-Ray di Pelabuhan Penyeberangan Roro Kuala Tungkal tidak difungsikan secara maksimal khususnya saat-saat hari libur.

Pasalnya kerawanan penyeludupan narkoba ataupun bahan berbahaya lainnya melalui jalur laut masuk lewat kuala tungkal cukup rawan terjadi saat libur. Itu terbukti dari beberapa hasil tangkapan pihak kepolisian dengan jumlah besar terjadi pada waktu-waktu hari libur.

BACA JUGA :  TP PKK Provinsi Jambi dan Tanjab Barat Tanam Pohon di Arena MTQ

“Hari-hari libur seperti ini rawan penyeludupan narkoba, sayangnya pula mesin detekai x-ray malah ikut libur, jarang fungsi kalau hari-hari libur,” ungkap salah satu warga yang kerap mencari dan antar jemput penumpang ke roro, Rabu (01/01/20).

Menurutnya, kalau kapal masuk terlihat aparat Kepolisian Polsek Kawasan Pelabuhan, Polair dan TNI Al yang melakukan pemeriksaan manual buka-buka tas penumpang. Kalau penumpang banyak kewalahan petugas.

BACA JUGA :  BREAKING NEWS : Pengetatan Jelang MTQ Seluruh Penumpang di Pelabuhan Roro Diperiksa

“Tak taulah, kenapa tak digunakan, katanya operator x-ray nya yang tak datang, kalau rusak ngak mungkin kan baru dipasang,” imbuhnya.

Menurutnya lagi saat hari libur tidak menutup kemungkinan dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu memasukan narkoba. Mereka berasumai petugas juga tidak ketat di hari libur.

Dia mengatakan tidak difungsikannya alat deteksi untuk mengecek seluruh barang penumpang maupun barang kiriman saat hari libur adalah sebuah kelengahan nyata.

BACA JUGA :  Bupati dan Forkopimda Ikuti Dialog Intraktif Penanganan COVID-19 dengan Kapolri dan Panglima TNI

Seperti terpantau pada hari Rabu 01 Januari 2020 sekira pukul 09.35 WIB kedatangan penimpang KMP. LOME dari Batam terlihat petugas kepolosian Polsek KSKP, Polair dan TNI Al dan Dinas Perhubungan yang melakukan pemeriksaan barang bawaan penumpang tidak ada operasioal alat X-ray.(*)

Share :

Baca Juga

Investigasi

Pembangunan SDN 83 Mekar Tanjung Terbengkalai, Kades : Tak Ada Koordinasi dengan Desa

Investigasi

Wabah DBD Meningkat, Dinkes Tanjabbar Temukan 372 Kasus

Investigasi

Dinkes Tanjab Barat Temukan 13 Penderita HIV/Aids

Berita

Kabut Asap Mulai Menyelimuti Perairan Tanjab Barat, Kapten Kapal Bergantung dengan GPS

Investigasi

Polres Tanjabbar Antisipasi Pemudik Nekat Nyelip di Truk Angkutan Barang

Investigasi

Muncul Account Facebook Paslu Gunakan Nama dan Foto Kapolres Tanjabbar AKBP Guntur Saputro, Warga Diminta Waspada

Investigasi

Perindag; Kelangkaan Elpiji 3 Kg Bukan di Masyarakat Tapi di Pangkalan

Investigasi

Tegas! PT. Renra Jaya Utama Beri PHU Terhadap Pangkalan Sutanto