LIVE TV
Tidak Terawat, Akses Jembatan Hutan Mangrove Pangkal Babu pada Ambrol Segera Hadir HP Samsung M62 Usung Batre 7000 mAh Warga Bahar Selatan Serahkan Senpi Rakitan ke Polisi Imbas Penundaan Haji, Sejumlah JCH Tanjab Barat Tarik Setoran BPIH Terjaring Razia Prokes, Puluhan Warga Didenda

Home / Provinsi Jambi

Rabu, 16 Desember 2020 - 10:21 WIB

Sambut Hari Juang Kartika TNI AD, Korem 042/Gapu Gelar Do’a Bersama

FOTO : Memperingati Hari Juang Kartika (HJK) TNI AD ke 75 tahun 2020 Korem 042/Gapu beserta Seluruh Jajaran Melaksanakan do'a dan Kebaktian Bersama, Selasa (15/12/20).

FOTO : Memperingati Hari Juang Kartika (HJK) TNI AD ke 75 tahun 2020 Korem 042/Gapu beserta Seluruh Jajaran Melaksanakan do'a dan Kebaktian Bersama, Selasa (15/12/20).

JAMBI – Memperingati Hari Juang Kartika (HJK) TNI AD ke 75 tahun 2020 Korem 042/Gapu beserta seluruh jajaran melaksanakan do’a dan kebaktian bersama.

Doa bersama secara serentak dilaksanakan di Satuan masing-masing, untuk Makorem do’a bersama dilaksanakan di Masjid At Taqwa Korem dan kebaktian dilaksanakan di Gereja Katolik Santa Theresia Jambi, Selasa (15/12/20).

Danrem 042/Gapu Brigjen TNI M. Zulkifli dalam sambutannya mengatakan Palagan Ambarawa adalah sebuah peristiwa perlawanan rakyat terhadap Sekutu yang terjadi di Ambarawa. Peristiwa tersebut dikenal juga sebagai Pertempuran Ambarawa yang berlangsung sejak 12 hingga 15 Desember 1945.

Pertempuran Ambarawa dilatarbelakangi oleh NICA yang membonceng tentara Sekutu untuk kembali memasuki wilayah Indonesia. Para pasukan dengan berani mengibarkan benderanya di Kota Ambarawa pada tanggal 11 Desember 1945.

BACA JUGA :  Tidak Terawat, Akses Jembatan Hutan Mangrove Pangkal Babu pada Ambrol

TKR (Tentara Keamanan Rakyat) sebagai alat pertahanan negara saat itu tidak tinggal diam dan bertempur melawan Belanda, di hampir seluruh wilayah Indonesia. Salah satu pertempuran besar saat itu terjadi di Ambarawa yang berlangsung terus-menerus selama empat hari dan berakhir di tanggal 15 Desember 1945.

Demi menghormati anggota TKR yang gugur dalam Palagan Ambarawa, maka setiap tanggal 15 Desember diperingati sebagai “Hari Juang Kartika” yang saat ini merupakan hari jadi TNI-AD.

Danrem juga mengatakan dalam rangka Hari Juang TNI AD tahun 2020 ini Korem melaksanakan beberapa kegiatan, antara lain Donor darah, anjangsana ke para veteran, bakti sosial pembagian bingkisan sembako, lomba lukis dan baca puisi secara virtual.

BACA JUGA :  Terjaring Razia Prokes, Puluhan Warga Didenda

“Dan puncaknya kita melaksanakan do’a bersama, dengan harapan kita bersama semua elemen bangsa dapat menjaga dan mempertahankan keutuhan NKRI, sesuai tema HJK thn 2020 “Bersama Kita Bisa,” ungkap Danrem.

Kegiatan do’a bersama diisi tauziah oleh Ustad Ubaidilah dan dihadiri Kasrem Kolonel Kav Rayen Obersyl, Para Kasi/Pasi, Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS serta Ibu Ketua Persit KCK Koorcab Rem 042 PD II/Swj Ny. Dewi Zulkifli beserta pengurus. (*)

Share :

Baca Juga

Provinsi Jambi

Penanganan COVID-19, Pemprov Jambi dan DPRD Sepakat Relokasi Anggaran Rp 200 Miliar

Provinsi Jambi

Danrem 042/Gapu bersama Forkopimda Sambut Kedatangan Kapolda Jambi yang Baru

Provinsi Jambi

274 Calon Tamtama PK TNI AD Ikuti Sidang Parade di Korem 042/Gapu Jambi

Covid-19

9 Mei: Pasien Positif Covid-19 di Jambi Bertambah 15 Orang, Total 62 Kasus

Covid-19

Kasus Positif Covid-19 di Jambi Tambah Lagi 5 Orang

Provinsi Jambi

Danrem 042/Gapu Anjangsana ke Kediaman Anggota yang Merayakan Natal

Daerah

Danrem, Kinerja Tim Patroli Gabungan Darat Satgas Karhutla Prov Jambi Perlu Diapresiasi

Provinsi Jambi

Korem 042 Gapu Tetap Bersikap Netral pada Pilkada Serentak 2020