indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
Kasrem 042/Gapu Hadiri Simulasi Sispamkota Kajari Tanjab Barat Pimpin Sertijab Kasi Intel TNI Bersama Warga Bahu Membahu Perbaiki Jembatan yang Rusak 12 Orang Kepala Desa se Kecamatan Muaro Sebo Dikukuhkan Sebagai Pemangku Adat Penyuluhan Wasbang Membina Komponen Masyarakat Cinta Tanah Air

Home / Tanjab Barat

Jumat, 28 Januari 2022 - 09:15 WIB

Workshop Pengelolaan Keuangan dan Persiapan Audit Puskesmas dan Rumkit

(Kiri) Sekda, Bupati, Ketua IAI Wilayah Jambi dan Kadikes Tanjab Barat, saat Workshop, Kamis (27/1/22). FOTO : PROKOPIM

(Kiri) Sekda, Bupati, Ketua IAI Wilayah Jambi dan Kadikes Tanjab Barat, saat Workshop, Kamis (27/1/22). FOTO : PROKOPIM

BANDUNG – Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag menghadiri sekaligus membuka Workshop Pengelolaan Keuangan dan Persiapan Audit Puskesmas dan Rumah Sakit se Kabupaten Tanjung Jabung Barat, di Ballroom Asron Tropicana Bandung, Kamis (27/1/22).

Workshop turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kepala Dinas Kesehatan, Direktur RSUD KH Daud Arif Kuala Tungkal, Narasumber Bimtek, Ketua IAI wilayah Provinsi Jambi, Kepala Puskesmas se Tanjung Jabung Barat, Tim Pengelola BLUD Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan undangan lainnya.

Dalam laporannya Kepala Dinas Kesehatan Tanjung Jabung Barat dr. Hj. Andi Pada, M. Kes mengatakan, penyelenggaraan workshop pengelolaan keuangan dan persiapan Audit Puskesmas dan Rumah Sakit ini bekerjasama dengan Ikatan Akuntan Indonesia Wilayah Provinsi Jambi dilaksanakan dari tanggal 26 s/d 30 Januari.

Tujuan dari workshop ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dalam penyusunan laporan keuangan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dan tentu untuk persiapan pelaksanaan audit yang akan dilaksanakan pada bulan Februari 2022.

BACA JUGA :  Korem 042/Gapu Gelar Sosialisasi Bidang Perlawanan Wilayah Tahun 2022

“Perlu kami laporkan bahwa di tahun 2020 sudah dilaksanakan audit dan hasilnya dari 16 Puskesmas, 11 Puskesmas memperoleh WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dan masih ada 5 Puskesmas Wajar dengan Pengecualian (WDP),” ungkap Hj Andi Pada.

Sementara itu Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Anwar Sadat, M. Ag dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas diadakannya workhsop. Hal ini menjadi penting karena ditengah kondisi seperti ini percepatan itu memang dituntut.

“Melalui workshop ini diharapkan kita dapat memahami bersama-sama mendiskusikan apa-apa saja yang seharusnya dilakukan dalam mengelola dana BLUD yang sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku,” ungkap Bupati.

Bupati juga menambahkan bahwa, audit itu penting, terutama tim pengelola BLUD di Puskesmas dan Rumah Sakit harus memiliki kemampuan manajerial dan Mendagri juga telah menetapkan beberapa aplikasi yang harus disesuaikan.

BACA JUGA :  Dua WBP Lapas Kuala Tungkal Menerima Remisi di Hari Raya Waisak

“BLUD itu bertujuan untuk memberikan kemandirian kepada Rumah Sakit dan Puskesmas agar mereka mampu mengelola keuangan secara mandiri dan itu sangat tergantung dengan manajemen pengelolaan keuangan di Rumah Sakit dan Puskesmas tersebut,” sebutnya.

“BLUD juga bertujuan untuk memberikan layanan umum secara lebih efektif, efisien, ekonomis, transparan dan bertanggung jawab dengan praktek bisnis yang sehat untuk membantu pencapaian tujuan pemerintah daerah yang pengelolaannya dilakukan berdasarkan kewenangan yang didelegasikan oleh Kepala Daerah” tambahnya.

Bupati mengatakan Tim Pengelola BLUD juga harus memiliki mentalitas yang baik jangan sampai yang mengelola BLUD itu orang yang memiliki mentalitas yang tidak baik karena takut nantinya disalahgunakan.

“Dengan diadakannya workshop ini diharapkan 5 Puskesmas yang WDP tahun 2020 kemarin harus bisa diperbaiki dan nilainya harus WTP karena workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam penyusunan laporan keuangan BLUD,” pungkas H. Anwar Sadat.(Prokopim/Bas)

Peserta Workshop foto bersama Bupati, Sekda, Ketua IAI dan Kadinkes Tanjab Barat. FOTO : PROKOPIM

Share :

Baca Juga

Tanjab Barat

Bupati Serahkan Simbolis Zakat Konsumtif dan Beasiswa BAZNAS

Tanjab Barat

Pastikan Pembatasan Jam Malam Berjalan, Wabup Bersama Satgas COVID-19 Partoli

Tanjab Barat

Fadhilah Sadat Harapkan Pengurus Dekranasda Komitmen Kembangkan Kerajinan Khas Daerah

Tanjab Barat

HKG ke-50 Momentum Kader Evaluasi 10 Program Pokok PKK

Tanjab Barat

Wakil Bupati Tanjabbar Launching Penyerahan SPPT PBB-P2 Tahun 2021

Tanjab Barat

Catut Nama UAS, Oknum Buat Akun FB Palsu

Tanjab Barat

Wabup Hairan dan Wakapolres Alhajat Tinjau Fasilitas 2 Tempat Isolasi Pasien

Tanjab Barat

Abdullah Resmi Ditunjuk Jadi Ketua DPRD Tanjab Barat