LIVETV
Danrem 042/Gapu Ikuti Rapat Evaluasi Pelaksanaan Vaksinasi oleh TNI Jajaran Kodam II/Sriwijaya Polisi Kembali Ciduk Pentolan Geng Motor Kota Jambi Kejari Tanjab Barat Tahan Bos PT Jasmine Indah 15 Link Twibbon Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021 2 Orang Pelaku Narkoba Bersenpi Diciduk Polisi, 11 Paket Sabu Siap Edar Disita




Home / Pilihan Editor

Selasa, 10 Agustus 2021 - 08:34 WIB

Perdana di Indonesia, Isbat Wakaf Terpadu Kerjasama PA Kuala Tungkal dan ATR/BPN

Ketua PA Kuala Tungkal Zakaria Ansori, SHI, MH bersama Kepala Kantor Pertanahan Supriadi, S. SiT., M.Si pada Acara Penandatanganan MoU Kerjasama di Rumah Dinas Bupati Tanjab Barat, Jumat (09/07/21).

Ketua PA Kuala Tungkal Zakaria Ansori, SHI, MH bersama Kepala Kantor Pertanahan Supriadi, S. SiT., M.Si pada Acara Penandatanganan MoU Kerjasama di Rumah Dinas Bupati Tanjab Barat, Jumat (09/07/21).

KUALA TUNGKAL – Baru-baru ini Pengadilan Agama Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjab Barat meluncurkan inovasi baru dan perdana di Indonesia, yakni Isbat Wakaf Terpadu (ISWADU).

Inovasi SIWADU ini telah dilouching oleh Direktur Jendral Badilag Mahkamah Agung RI secara Virtual dilanjutkan demgan Penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) oleh Ketua Pengadilan Agama Kuala Tungkal dengan Kepala Badan Pertanahan Tanjab Barat di Rumah Dinas Bupati Tanjab Barat, Jumat (09/07/21).

Apa itu isbat wakaf terpadu? Ketua Pengadilan Agama Kuala Tungkal Zakaria Ansori, SHI, MH menjelaskan Isbat Wakaf Terpadu atau disingkat ISWADU adalah produk kerjasama Pengadilan Agama Kuala Tungkal dengan Badan Pertanahan Kabupaten Tanjab Barat tentang penetapan tanah wakaf yang telah lama diwakafkan namun belum mendapatkan kekuatan hukum karena wakaf yang dilakukan masih secara lisan, bahkan ada yang mewakafkan (wakif) atau yang menerima wakaf (nadzir) sudah meninggal dunia.

BACA JUGA :  Pemerintah Hapus Cuti Bersama Natal 2021, ASN Dilarang Cuti Akhir Tahun

Kelebihannya, kata Zakaria, ketika pemohon telah mendaftarkan tanah wakafnya di Pengadilan Agama, pihak BPN pun segera melakukan pengukuran tanah tersebut, dan ketika PA Kuala Tungkal telah mengeluarkan penetapan dan berkekuatan hukum tetap maka BPN segera menerbitkan sertifikat tanah tersebut secara gratis.

Dikatakan Zakaria, banyak praktek wakaf masjid, mushalla, madrasah, pesantren atau pemakaman yang diwakafkan puluhan tahun lalu hanya dengan ikrar wakaf lisan, sementara yang mewakafkan tanah dan yang menerima wakaf itu sudah meninggal dunia, sehingga kesulitan ketika ingin mendapatkan sertikat tanah tersebut bahkan rawan terjadinya kemungkinan sengketa tanah tersebut ke depan.

BACA JUGA :  Bupati Tanjabbar Resmikan Ruko dan Unit Usaha BUMDes Dataran Kempas

“Jadi, Isbat Wakaf Terpadu adalah upaya untuk membantu masyarakat dalam upaya menyelamatkan tanah wakaf yang selama ini banyak belum memiliki ikrar wakaf dan sertifikat tanah, maka dari itu PA Kuala Tungkal membangun MoU dengan Kantor Agraria dan Tataruang/Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Tanjung Jabung barat untuk melayani kebutuhan tersebut,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Tanjung Jabung Barat Supriadi, S. SiT., M.Si menyatakan bahwa berdasarkan penetapan Pengadilan Agama Kuala Tungkal maka pihaknya telah mengeluarkan beberapa sertifikat tanah wakaf diantaranya tanah Madrasah Diniyah Takmilkiah Awaliah milik Perguruan Hidayatul Islamiah (PHI) di Jalan Bhayangkara, Kuala Tungkal.

BACA JUGA :  Akademi Taekwondo Korem 042/Gapu Raih Juara Umum 2 Open Turnamen Bupati Lebong Cup

“Tanah tersebut diwakafkan tahun 1950 dan belum bersertifikat, alhamdulillah dengan kerjasama ini telah mendapatkan sertifikat,” sebutnya.

Sedangkan yang sedang dalam proses pengukuran adalah tanah milik Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) An-Nadwah Kuala Tungkal dan tanah milik Pondok Pesantren Isti’dadul Muallimin di Kecamatan Pengabun.

Menurut Supriadi, Kantor ATR/BPN Tanjung Jabung Barat komitmen untuk melayani masyarakat.

“Apalagi tahun ini kita ada pelayanan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) sebanyak 36.000 bidang di wilayah hukum Tanjung Jabung Barat,” tandasnya.(*)

Share :

Baca Juga

Covid-19

Kabar Baik, 1 Pasien Positif Covid-19 Tanjab Barat Sembuh

Pilihan Editor

Permasalahan Sengketa Lahan di Teluk Nilau, Pemkab Bakal Panggil Pihak Terkait

Pilihan Editor

KKP Lepas Liarkan 147.383 Benih Bening Lobster Tangkapan Polres Tanjab Timur

Pilihan Editor

Mantap! Polres Tanjab Barat Ciptakan Vaksin Cegah KARHUTLA

Pilihan Editor

Berikut 10 Besar Media Online Jambi Versi Alexa 17 Februari 2021

Pilihan Editor

Amankan Tablig Akbar Ustadz Abdul Somad, Pores Tanjab Barat Turunkan 250 Personil

Pilkada

Debat Pertama Calon Gubernur Jambi Berjalan Lancar

Pilihan Editor

Komandan Lanal Palembang dan Bupati Tanjab Barat Resmikan Pos TNI AL Kuala Tungkal