indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
Dinkes Provinsi Jambi Ungkap Penyebab Kasus Stunting Masih Tinggi 4 Nama Ini Berpeluang Gantikan Posisi Tjahjo Kumolo Sebagai Menpan-RB Sebanyak 46 Jamaah Calon Haji Indonesia Dipulangkan ke Tanah Air 212 Peserta Meriahkan Lomba Mancing Polres Muaro Jambi, Hadiah Utama 100 Juta SKK Migas-PetroChina Launching Wisata Embung Bina Lestari di Betara

Home / Pilihan Editor

Minggu, 7 Maret 2021 - 09:07 WIB

Tawarkan Solusi Permanen Cegah Karhutla, Kapolres Edukasi Cara Buka Lahan Tanpa Bakar dan Olah Limbah Lahan

FOTO : Kapolres Tanjab Barat AKBP Guntur Saputro, Memimpin Praktik Olah Kompos di lahan Pak H. Palilek Als Pak Janggut di RT. 05 Desa Sungai Baung Kec. Pengabuan, Jumat (05/03/21).

FOTO : Kapolres Tanjab Barat AKBP Guntur Saputro, Memimpin Praktik Olah Kompos di lahan Pak H. Palilek Als Pak Janggut di RT. 05 Desa Sungai Baung Kec. Pengabuan, Jumat (05/03/21).

PENGABUAN – Upaya mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) khususnya disebabkan oleh cara membuka lahan dengan cara dibakar terus digencarkan Polres Tanjab Barat jajaran meski harus bermalam di lokasi.

Seperti dilakukan di lahan Pak H. Palilek Als Pak Janggut di RT. 05 Desa Sungai Baung Kec. Pengabuan dipimpin langsung oleh Kapolres Tanjab Barat AKBP Guntur Saputro, SIK, MH, Jumat (05/03/21).

Kegiatan diikuti Kasat Sabhara Polres Tanjab Barat AKP Julius Sitepu, Kapolsek Pengabuan IPTU Eedi Purnawan, Bapak Ali Sadikin selaku Mediator Pembuatan Pupuk Kompos dan 10 orang anggota Pok H. Palilek.

Kapolres AKBP Guntur Saputro menyampaikan bahwa kegiatan edukasi cara pembuatan pupuk kompos dan proses penyuburan tanah ini sebagai alternatif agar warga tidak membakar lahan dengan cara pemanfaatan limbah lahan menjadi kompos.

BACA JUGA :  Pengendara Sepeda Motor Meninggal Setelah Tabrakan dengan Truk di Muara Pijoan

“Kita berharap dengan pembuatan pupuk kompos dari oleh limbah lahan ini, kita hilangkan budaya lama membakar lahan untuk menyuburkan tanaman petani,” ujar Kapolres.

Kapolres juga berharap kegiatan ini jangan dijadikan sebagai ceremonial, namun dijadikan sebagai vaksin unggulan dalam pencegahan Karhutla di Tanjab Barat khususnya di Kecamatan Pengabuan.

“Edukasi cara pembuatan pupuk kompos dan proses penyuburan tanah ini sebagai alternatif agar tidak membakar lahan dengan cara pemanfaatan hasil limbah lahan,” ujarnya.

“Polri Melalui Pendekatan Humanis dan Soft Approach Hadir Selama Seminggu Secara Kontinyu, Konsisten dan Membumi Bersama Pak Ali Praktisi Pertanian dan Pupuk Kompos. Alhamdulilah Berhasil Merubah Mindset Budaya Bakar yang diyakini Pok Pak Janggut selama Puluhan Tahun menyuburkan Lahan Gambut diganti dengan Bercocok Tanam yang Ramah Lingkungan di Lahan Gambut Menggunakan Formula Kapur Dolomit yang murah dan bisa menurunkan tingkat keasaman lahan Gambut ditambah Pupuk Kompos Organik yang ramah Lingkungan,” tambah Kapolres.

BACA JUGA :  Sejarah Mendasari 2 Juli Sebagai Hari Adat Melayu Jambi

Pada kesempatan ini Kapolres Tanjab Barat menyerahkan bantuan kepada Pak Janggut berupa 1 buah Caps penyemprot hama, Senter, Obat-obatan dan Vitamin, 7 botol Madu hasil ternak lebah serta Sembako.

Kemudian Kapolres beserta rombongan menanam bibit kacang serta pemotongan ranting pohon yang tumbang menggunakan mesin singso milik Sabhara Polres Tanjab Barat dan Diskusi bersama anggota kelompok H. Palilek.

Selain itu, orang nomor satu di Polres Tanjab Barat ini juag mengingatkan agar para petani tetap mematuhi prokes memakai masker guna menangkal penyebaran Virus Corona atau Covid-19.(*)

Share :

Baca Juga

Pilihan Editor

BREAKING NEWS: Tim Petir Polres Tanjab Barat Berhasil Ungkap Kasus Misteri Pembunuhan Perempuan Di Betara

Featured

Kreatif, Warga Gang Liwa Buat Tong Sampah Khusus Anak-Anak

Pilihan Editor

Mendadak, Dandim 0417 Kerinci Tes Urine Seluruh Personil

Kesehatan

Kadis Naker, Belum Ditemukan TKA di Tanjabbar Terjangkit Virus Corona

Pilihan Editor

Gubernur Jambi Berikan Bantuan APD pada Tim Gugus Tugas Tanjab Barat di Pos Terpadu Sterilisasi COVID-19 di Perbatasan Jambi-Riau

Pilihan Editor

Jadwal dan Lokasi Pelaksanaan SKB CPNS 2019 Tanjab Barat

Pilihan Editor

Mendadak Bupati Safrial Minta BNN Tes Urine Ratusan Pejabat dan ASN Tanjab Barat

Pilihan Editor

BB Narkoba Seberat 462,93 Gram Dimusnahkan