LIVE TV
Mau Coba Pakai RA WhatsApp Versi Terbaru 2021, Download di Sini Hingga Lebaran Kedua, 700 Kendaraan Mengarah ke Jambi Diputar Balik Buang Bayi, Seorang Ibu Diamankan Polisi Lebaran 2021, Aktifitas Perahu Tambang Sepi Penyebrangan Tak Setuju Kebijakan Baru WhatsApp, 11 Fiturnya Bakal Tak Berfungsi Lagi

Home / Pilihan Editor

Minggu, 7 Maret 2021 - 09:07 WIB

Tawarkan Solusi Permanen Cegah Karhutla, Kapolres Edukasi Cara Buka Lahan Tanpa Bakar dan Olah Limbah Lahan

FOTO : Kapolres Tanjab Barat AKBP Guntur Saputro, Memimpin Praktik Olah Kompos di lahan Pak H. Palilek Als Pak Janggut di RT. 05 Desa Sungai Baung Kec. Pengabuan, Jumat (05/03/21).

FOTO : Kapolres Tanjab Barat AKBP Guntur Saputro, Memimpin Praktik Olah Kompos di lahan Pak H. Palilek Als Pak Janggut di RT. 05 Desa Sungai Baung Kec. Pengabuan, Jumat (05/03/21).

PENGABUAN – Upaya mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) khususnya disebabkan oleh cara membuka lahan dengan cara dibakar terus digencarkan Polres Tanjab Barat jajaran meski harus bermalam di lokasi.

Seperti dilakukan di lahan Pak H. Palilek Als Pak Janggut di RT. 05 Desa Sungai Baung Kec. Pengabuan dipimpin langsung oleh Kapolres Tanjab Barat AKBP Guntur Saputro, SIK, MH, Jumat (05/03/21).

Kegiatan diikuti Kasat Sabhara Polres Tanjab Barat AKP Julius Sitepu, Kapolsek Pengabuan IPTU Eedi Purnawan, Bapak Ali Sadikin selaku Mediator Pembuatan Pupuk Kompos dan 10 orang anggota Pok H. Palilek.

Kapolres AKBP Guntur Saputro menyampaikan bahwa kegiatan edukasi cara pembuatan pupuk kompos dan proses penyuburan tanah ini sebagai alternatif agar warga tidak membakar lahan dengan cara pemanfaatan limbah lahan menjadi kompos.

BACA JUGA :  Mau Coba Pakai RA WhatsApp Versi Terbaru 2021, Download di Sini

“Kita berharap dengan pembuatan pupuk kompos dari oleh limbah lahan ini, kita hilangkan budaya lama membakar lahan untuk menyuburkan tanaman petani,” ujar Kapolres.

Kapolres juga berharap kegiatan ini jangan dijadikan sebagai ceremonial, namun dijadikan sebagai vaksin unggulan dalam pencegahan Karhutla di Tanjab Barat khususnya di Kecamatan Pengabuan.

“Edukasi cara pembuatan pupuk kompos dan proses penyuburan tanah ini sebagai alternatif agar tidak membakar lahan dengan cara pemanfaatan hasil limbah lahan,” ujarnya.

“Polri Melalui Pendekatan Humanis dan Soft Approach Hadir Selama Seminggu Secara Kontinyu, Konsisten dan Membumi Bersama Pak Ali Praktisi Pertanian dan Pupuk Kompos. Alhamdulilah Berhasil Merubah Mindset Budaya Bakar yang diyakini Pok Pak Janggut selama Puluhan Tahun menyuburkan Lahan Gambut diganti dengan Bercocok Tanam yang Ramah Lingkungan di Lahan Gambut Menggunakan Formula Kapur Dolomit yang murah dan bisa menurunkan tingkat keasaman lahan Gambut ditambah Pupuk Kompos Organik yang ramah Lingkungan,” tambah Kapolres.

BACA JUGA :  Polisi Olah TKP Penemuan Mayat Wanita Membusuk di Kamar

Pada kesempatan ini Kapolres Tanjab Barat menyerahkan bantuan kepada Pak Janggut berupa 1 buah Caps penyemprot hama, Senter, Obat-obatan dan Vitamin, 7 botol Madu hasil ternak lebah serta Sembako.

Kemudian Kapolres beserta rombongan menanam bibit kacang serta pemotongan ranting pohon yang tumbang menggunakan mesin singso milik Sabhara Polres Tanjab Barat dan Diskusi bersama anggota kelompok H. Palilek.

Selain itu, orang nomor satu di Polres Tanjab Barat ini juag mengingatkan agar para petani tetap mematuhi prokes memakai masker guna menangkal penyebaran Virus Corona atau Covid-19.(*)

Share :

Baca Juga

Pilihan Editor

Polres Tanjab Barat Gelar Pembuatan SIM Gratis Pada 1 Juli 2020, Ini Syaratnya

Pilihan Editor

Tahun Ini, 147 PNS di Pemkab Tanjab Barat Pensiun

Pendidikan

Ini 5 Putra Putri Tanjab Barat Lulus Masuk Taruna Sekolah Tinggi Perikanan Jakarta

Berita

Polres Tanjab Barat Press Rilis Pengungkapan Kasus Tahun 2019

Pilihan Editor

Sambut HUT Bhayangkara Ke 73, Polres Tanjab Barat Berikan Layanan SIM Gratis

Pilihan Editor

Gabungan Penyedia Jasa Wedding Tanjab Barat Gelar Simulasi Penerapan Protokol Kesehatan di Resepsi Pernikahan

Pilihan Editor

Akhir Masa Jabatan, Kajari Tanjabbar Musnahkan BB Narkoba Senilai 2 M

Pilihan Editor

Begini Penjelasan PLN UP3 Jambi Untuk Memperoleh Layanan Gratis dan Potongan 50 Persen