YTUBE
Kapolda Jambi Terima Silaturahmi Manager PT. PLN UID S2JB UP3 Jambi Kapolres Sarolangun Silaturahmi dengan Pimpinan Pondok Pesantren PetroChina Dukung Gelaran Kegiatan Inklusi Sosial di Perpustakaan Cendikia Pantau Program Pembinaan, Wakil Ketua DPRD Tanjab Barat Kunjungi Lapas Tungkal Ditlantas Polda Jambi Akan Tertibkan Angkutan Batu Bara Plat Non BH, Ini Waktunya

Home / Nasional

Selasa, 6 Desember 2022 - 20:35 WIB

Ini Situs Resmi Pengurusan e-VoA

Laman Situs Resmi Pengurusan e-VoA

Laman Situs Resmi Pengurusan e-VoA

JAKARTA – Situs palsu pengurusan elektronik visa on arrival (e-VOA)
https://www.indonesia-evoa.com muncul di pencarian teratas mesin pencari google, warga negara asing diminta berhati-hati.

Sebelumnya e-VoA resmi berlaku sejak Kamis (10/11/2022), yang diatur dalam surat edaran Plt. Direktur Jenderal Imigrasi nomor IMI-0764.GR.01.01 tahun 2022.

Selama masa uji coba diberlakukan pada 4 –9 November 2022, tercatat 1.719 e-VOA sudah diterbitkan dan 378 WNA pengguna e-VOA sudah masuk ke Wilayah Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara I Gusti Ngurah Rai.

BACA JUGA :  Kapolda Jambi Terima Silaturahmi Manager PT. PLN UID S2JB UP3 Jambi

“Sama seperti mekanisme pembayaran e-VOA yang asli, di situs palsu ini orang
asing juga bisa melakukan pembayaran melalui mekanisme payment gateway. Ini sudah masuk ranah kejahatan siber. Saat ini kami sedang berkoordinasi dengan instansi terkait untuk menangani kasus ini,” jelas Plt. Dirjen Imigrasi, Widodo Ekatjahjana, Selasa (6/12/22).

Jika sebelumnya hanya 46 negara yang bisa memperoleh e-VOA, saat ini ada orang asing dari 86 negara yang rentan menjadi sasaran penipuan situs palsu pengurusan e-VOA tersebut. e-VOA bisa digunakan untuk tujuan kunjungan wisata, tugas pemerintahan, kunjungan pembicaraan bisnis, kunjungan pembelian barang, kunjungan rapat serta transit.

BACA JUGA :  Kapolres Sarolangun Silaturahmi dengan Pimpinan Pondok Pesantren

Perpanjangan VOA dapat dilakukan maksimal satu kali untuk 30 hari berikutnya.“Kami ingatkan kembali, situs resmi pengurusan e-VOA hanya di https://molina.imigrasi.go.id.

Situs www.indonesia-evoa.com palsu yang dibuat oleh oknum – oknum tidak bertanggung jawab untuk mengeruk keuntungan,” tutup Widodo.(*/Bas)

Sumber : Humas Dirjen Imigrasi

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Nasional

Honorer K2 Ancam Demo Besar-besaran Terkait SE Penghapusan Honorer

Berita

Siap-siap CPNS 2019 Tanjabbar, Tanggal dan Tempat SKD Sudah Ditentukan

Nasional

Jadi Kabar Mengejutkan, Ketua MK Anwar Usman Akan Nikahi Adik Jokowi

Berita

Ini Nama Peserta Peraih Nilai Tertinggi Tes SKD CPNS Tanjab Barat dari 400 Hingga 428

Nasional

Jika Digilir Marta, Maka Ini Sosok Ini Tepat Jabatan Panglima TNI

Nasional

Satgaswil Kodim Yalimo Yonif R 142/KJ Tiba di Papua

Nasional

Wacana Guru Tak Lagi Masuk Kategori CPNS, PGRI: Itu Diskriminasi

Nasional

Pertalite di Kota Sorong Tembus Rp30.000 Perliter