LIVETV
Danrem 042/Gapu : Waspadai Lonjakan Covid-19 di Libur Akhir Tahun Akademi Taekwondo Korem 042/Gapu Raih Juara Umum 2 Open Turnamen Bupati Lebong Cup Bupati Cek Pengerjaan Pengerasan Jalan Parit Deli ke Sungai Dungun Bupati Tanjabbar Resmikan Ruko dan Unit Usaha BUMDes Dataran Kempas Gedor Pintu Truk Parkir di Pom Bensin, Pemuda Berssajam Diamankan Polisi




Home / Provinsi Jambi

Rabu, 19 Mei 2021 - 12:20 WIB

Kapolda Jambi Tegaskan, Polri Netral dalam PSU Pilgub Jambi

Kapolda Jambi, Irjen Pol A. Rachmad Wibowo. (FOTO : Jambidaily)

Kapolda Jambi, Irjen Pol A. Rachmad Wibowo. (FOTO : Jambidaily)

JAMBI – Kapolda Jambi, Irjen Pol A. Rachmad Wibowo menegaskan netralitas Polri dalam Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilgub Jambi yang akan dilaksanakan pada 27 Mei 2021 mendatang.

Hal ini disampaikan Irjen Pol A. Rachmad Wibowo saat memimpin rapat internal melalui video Converence yang diikuti oleh Irwasda Polda Jambi Kombes Pol Drs. Dwi Gunawan, MM, Para Pejabat Utama Polda Jambi dan para Kapolres jajaran, Selasa (18/05/21).

“Pada kesempatan ini, saya selaku Kapolda Jambi menyatakan bahwa Polda Jambi beserta seluruh jajarannya Polres hingga Polsek NETRAL dalam Pemungutan Suara Ulang (PSU) yang akan dilaksanakan pada 27 Mei 2021 mendatang. Tidak boleh ada personel Polri yang terlibat dalam politik praktis, jika memang ingin terlibat, maka sesuai dengan ketentuan yang bersangkutan harus mengundurkan diri dari Polisi”, tegas Kapolda kutip jambidaily, Selasa (18/05/21).

BACA JUGA :  Jubir Covid-19 Tanjab Barat Sebut Tidak Ada Lonjakan Kasus Usai MTQ ke-50

Kapolda menyatakan, kehadiran anggota di lapangan dalam pelaksanaan PSU ini tidak lain hanya melakukan pengamanan semata dan tidak lebiuh dari itu.

BACA JUGA :  Danrem 101/Antasari Tegaskan Seleksi Prajurit Harus Objektif dan Transparan

“Perlu saya tegaskan, untuk anggota khususnya anggota Polri yang ada dalam posisi netral dan khusus pada pengamanan saja tidak lebih,” tegasnya.

Dalam arahannya, Kapolda Jambi menegaskan kepada Polres jajaran Polda Jambi yang wilayahnya melaksanakan PSU segera melakukan persiapan menghadapi PSU Pilgub sejak sekarang.

Terkait netralitas Polri dalam Pilkada sudah diatur dalam pasal 28 UU Nomor 2 Tahun 2002 tentang Polri yang menyebutkan bahwa “Polri bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis”.

BACA JUGA :  Penuhi Kebutuhan, Penggali Kubur Ini Harus Kerja Serabutan

Ditempat yang sama, Kabid Humas Polda Jambi Kombes Pol Mulia Prianto dalam keterangannya mengatakan persiapan pengamanan PSU Pilgub 27 Mei 2021 mendatang Polda Jambi telah mengerahkan 1.360 personel.

“Kami sudah siap melaksanakan pengamanan PSU Pilgub, Jumlah personel yang dikerahkan ini belum termasuk bantuan pengamanan dari TNI maupun Linmas, Kita pastikan bahwa PSU Pilgub ini berjalan aman, tertib dan lancar,” sebutnya.(*)

Share :

Baca Juga

Daerah

Fachrori, Tahun Baru Hijriah Momen Bersama Memperbaiki Sikap Mental dan Perilaku

Provinsi Jambi

Panglima Perang Jambi, Raden Mattaher Resmi Sandang Gelar ‘Pahlawan Nasional’

Provinsi Jambi

SMSI Jambi Bersama SAH dan BKKBN Gelar Aksi Soial Peduli Stunting

Provinsi Jambi

Danrem Pimpin Sertijab Dandim 0417/Kerinci dan Danyonif Raider 142/KJ

Provinsi Jambi

Danrem 042/Gapu Ikuti Pelatihan Kehumasan

Provinsi Jambi

Korem 042 Gapu Siapkan 29 Personel Satgas Apter

Provinsi Jambi

Ardy Daud Lantik Sudirman Sebagai Sekda Provinsi Jambi

Provinsi Jambi

Kaserm 042 Gapu, Tanjabbar Bakal Terima APD Bantuan Pemerintah Pusat