LIVE
Ini Agenda Kunker Kemendikbudristek Dua Hari di Jambi Satgas Kolakopsrem 172/PWY Berhasil Evakuasi Jenazah Suster Maelani dari Jurang 300 Meter Bupati Muaro Jambi Minta 5.000 Vaksin Untuk Pelajar Dalam Peninjauan Mendikbudristek Wabup Hairan Zoom Meeting dengan Gubernur Terkait Kunker Mendikbudristek Bupati dan Forkopimda Ikuti Dialog Intraktif Penanganan COVID-19 dengan Kapolri dan Panglima TNI

Home / Promosi

Sabtu, 7 Agustus 2021 - 01:27 WIB

Ketua Dekranasda Tanjab Barat Promosikan Tas Anyaman Purun Desa Pematang Buluh

Ketua Dekranasda Kabupaten Tanjab Barat, Hj. Fadhilah Sadat Saat Menunjukan Tas Anyaman Purun Desa Pematang Buluh, Kecamatan Betara, Jumat (06/08/21). FOTO : PROKOPIM

Ketua Dekranasda Kabupaten Tanjab Barat, Hj. Fadhilah Sadat Saat Menunjukan Tas Anyaman Purun Desa Pematang Buluh, Kecamatan Betara, Jumat (06/08/21). FOTO : PROKOPIM

BETARA – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Tanjab Barat, Hj. Fadhilah Sadat kunjungi pelaku usaha home industri kerajinan tangan di RT 05, Desa Pematang Buluh, Kecamatan Betara, Jumat (06/08/21).

Salah satu pengrajin yang dikunjungi yakni pegrajin tangan anyaman Purun (Eleocharis dulcis) ANNISA milik ibu Nurhayah yang mengikah purun menjadi tas, hiasan dinding, tempat tisu dan lainnya.

BACA JUGA :  Pangdam II/Sriwijaya Tinjau Serbuan Vaksinasi Massal TNI Korem 042/Gapun

Umy Dhilah mengungkapkan selaku Ketua Dekrabasda dirinya berkewajiban membantu mempromosikan agar masyarakat tahu, jika ada pengrajin Purun yang menjadikan tas dengan kualitas yang sangat baik.

“Potensi yang cukup luar biasa menjadikan dusun pematang buluh menjadi sentra kerajinan tangan dalam membuat tas yang memiliki ciri khas dan punya nilai jual yang bagus,” ungkapnya, Jumat (06/08/21).

BACA JUGA :  Polres Tabjabbar Rakor Lintas Sektoral Pengamanan MTQ

Disebutkannya, tas bahan Purun tersebut memiliki motif yang khas tentunya bisa menjadi daya tarik sendiri untuk dijual baik itu di daerah hingga ke tingkat nasional.

“Kita lihat sendiri bahwa pengrajin tersebut memiliki bakat luar biasa dalam bidang industri rumahan dan kerajinan. Hasil yang diproduksi pun memiliki kualitas yang baik dan menarik,” ujarnya.

BACA JUGA :  ASN Dikerahkan Jumsih di Kawasan WFC, Wabup : Agar Lebih Indah dan Tertata

Pada kesempatan ini, dirinya yang juga Ketua TP PKK Kabupaten melakukan pembinaan terhadap masyarakat yang membuat dan mengembangkan usaha kerajinan tangan tersebut.

Umy Dhilah menyebutkan banyak yang bisa diproduksi dari Purun yang berguna untuk masyarakat, karena selain tas, di sini juga membuat tikar dan tempat tisu.

Share :

Baca Juga

Promosi

Begini Kata Wabup Amir Sakib Ketika Kunjungi Stand Pameran Tanjung Jabung Barat di Jambi Expo

Promosi

Promosikan Objek Wisata, Komunitas Touring Toyota Fortuner Club Jambi Kunjungi WFC Kuala Tungkal

Promosi

Produksi Tas Purun Desa Pematang Buluh Dipasarkan di Pasar Lokal dan Nasional