LIVE
148 PNS di Tanjabbar Masuk Masa Pensiun, Paling Banyak Tenaga Guru TNI Buka Pendaftaran Calon Perwira Prajurit Karir 2021 Lulusan D4-S1, Ini Persyaratan dan Ketentuannya Terungkap, Ini Identitas Mayat Perempuan Ditemukan di BTN Pelangi Jabung Raya Asri Kuala Tungkal Bupati Tanjab Barat Sambut Silaturrahmi Basarnas Provinsi Jambi Mulai Hari Ini, Polres Tanjab Barat Gelar Operasi Patuh 2021

Home / Nasional

Minggu, 16 Mei 2021 - 19:34 WIB

Segini Harga Vaksin Gotong Royong Lengkap per Orang

Menteri BUMN Erick Thohir bersama Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury menyaksikan penandatanganan perjanjian kerja sama pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong yang dilakukan Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir dan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P. Roeslani di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Sabtu (13/3/2021). FOTO : ANTARA.

Menteri BUMN Erick Thohir bersama Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury menyaksikan penandatanganan perjanjian kerja sama pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong yang dilakukan Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir dan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P. Roeslani di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Sabtu (13/3/2021). FOTO : ANTARA.

JAKARTA – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menetapkan harga resmi vaksin Covid-19 gotong royong.

Vaksinasi Gotong Royong akan dimulai pelaksanaan pada Senin 17 Mei 2021 esok dan telah ditetapkan adalah jenis vaksin Sinopharm.

Program Vaksinasi Gotong Royong ini rencananya akan diikuti lebih dari 17.000 perusahaan dan menyasar 8,7 juta pekerja dan keluarganya.

Penetapan tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) Nomor HK.01.0/MENKES/4643/2021 tentang tentang Penetapan Besaran Harga Pembelian Vaksin Sinopharm Melalui Penunjukan PT Bio Farma (Persero) dalam Pelaksanaan Pengadaan Vaksin Covid-19 dan Tarif Maksimal Pelayanan untuk Pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong, pemerintah telah menetapkan harga vaksin untuk program Vaksinasi Gotong Royong beserta biaya pelayanannya.

BACA JUGA :  Kesehatan Satgas TMMD Ke-112 Kodim 1002/HST Obati Warga yang Terluka

Berikut harga vaksin Gotong Royong dan tarif maksimal pelayanan vaksinasi Gotong Royong:

Harga vaksin dan tarif pelayanan vaksinasi Dalam Kepmenkes tersebut, Menetapkan besaran harga pembelian vaksin produksi Sinopharm melalui penunjukan PT Bio Farma (Persero) dalam pelaksanaan pengadaan vaksin Covid-19 dan tarif maksimal pelayanan untuk pelaksanaan vaksinasi gotong royong sebagai berikut:

  1. Harga pembelian vaksin sebesar Rp 321.660 per dosis; dan
  2. Tarif maksimal pelayanan vaksinasi sebesar Rp 117.910 per dosis.

Harga tersebut merupakan harga tertinggi vaksin per dosis yang dibeli oleh badan hukum atau badan usaha, termasuk keuntungan (20 persen) dan biaya distribusi.

BACA JUGA :  Bupati Tanjabbar Hadiri Dzikir dan Do’a Bersama di Kecamatan Kuala Indragiri

JIka diakumulasikan berdasarkan KMK tersebut, maka besaran harga maksimal  vaksin untuk program Vaksinasi Gotong Royong maksimal adalah Rp 439.570 per dosis atau Rp 879.140 per orang untuk dua kali penyuntikan dosis vaksin atau vaksin lengkap.

Harga tersebut sesuai dengan ekspekstasi pelaku usaha yang sebelumnya menginginkan agar harga vaksin untuk program Vaksinasi Gotong Royong lengkap adalah dibawah Rp 1 juta per orang untuk dua dosis.

Vaksin Sinopharm

Dikutip dari kompas.com Vaksin Sinopharm merupakan vaksin berjenis inactivated vaccine yang disebut SARS-CoV-2 Vaccine (Vero Cell).

BACA JUGA :  Wijaya Hamzah, Atlet Taekwondo Asal Merangin Wakili Jambi di PON Papua 2021

Vaksin tersebut menggunakan partikel virus yang dimatikan untuk mengekspos sistem kekebalan terhadap virus, tanpa mengambil risiko respons penyakit serius.

Vaksin Covid-19 buatan Sinopharm telah dinyatakan aman oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan mendapatkan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

BPOM sendiri telah menerbitkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) vaksin Sinopharm pada 29 April 2021 lalu.

Untuk pengadaan vaksin, pemerintah telah melakukan kontrak pengadaan vaksin Sinopharm sebanyak 7,5 juta dosis, dengan jumlah vaksin yang tersedia mencapai 500 ribu dosis.(Edt).

Share :

Baca Juga

Nasional

Satu Pegawai KPU Positif Covid-19

Advetorial

Kodim 0419/Tanjab Kirim Kontingen Panahah Kejuaraan Piala Panglima TNI Open 2019

Nasional

Diperpanjang atau Tidak, Pemerintah Umumkan Keputusan soal PPKM Level 4 Hari Ini

Nasional

Kodam II/Sriwijaya Kerahkan Ratusan Personil Bantu Korban Tsunami Di Lampung

Berita

Ini Jadwal dan Tempat SKD CPNS 9 Kabupaten Kota di Provinsi Jambi

Nasional

BPS Buka Lowongan 247 Ribu Petugas Sensus

Nasional

BKN Tambah Lagi 15 Titik Lokasi Untuk Tes SKD CPNS 2021

Nasional

Perpol 05 Tahun 2021 Tentang Penandaan SIM yang Akan Diterapkan