indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
Bersih dan Rapi Tiga Polsek Ini Menerima Piagam Penghargaan Dari Polres Tanjab Barat Jaksa Agung ST Burhanuddin Meminta SMSI Kawal Kinerja Jaksa OPD Tanjab Barat Sudah Menyiapkan 48 Sapi dan 3 Ekor Kambing Untuk di Kurban Al Haris Apresiasi SKK Migas dalam Mendorong Peningkatan Ekonomi Masyarakat Jambi Kapan 5 Pejabat Hasil Seleksi Terbuka Dilantik, Begini Kata Pj Bupati Muaro Jambi

Home / Hukum

Selasa, 15 Februari 2022 - 08:53 WIB

Kejari Muaro Jambi Terapkan Restorative Justice pada Perkara Jual Beli HP

Restorative Justice Kasus HP di Kejari Muaro Jambi. FOTO : Khusus

Restorative Justice Kasus HP di Kejari Muaro Jambi. FOTO : Khusus

SENGETI – Kejaksaan Negeri Muaro Jambi kembali menyelesaikan perkara dengan cara restorative justice pada kasus jual beli Handpone (HP).

Restorative justice ini diberikan kepada Andi bin Abdul Mutalib warga Muaro Jambi yang kebetulan pada beberapa waktu lalu membeli sebuah handphone (HP) dari dua orang terpidana atas nama Selamet dan Suwarno.

Kepala Kejaksaan Negeri Muaro Jambi Kamis, MH dalam Jumpa Persnya, Kamis (10/2/22) mengatakan kasus ini bermula dari laporan Fahri Gunawan kehilangan sebuah Handphone merk Oppo Reno 4. Atas kehilangan itu, korban melaporkan kepada pihak berwajib.

Ternyata, Hp milik Fahri Gunawan telah berpindah tangan. Hp kesayangannya telah dijual oleh Selamet dan Suwarno kepada Andi bin Abdul Mutalib seharga Rp 800 ribu.

Lanjutnya, pada saat itu, sebenarnya Andi enggan membeli Hp tersebut sebab dia takut Hp yang dijual oleh Selamet dan Suwarno adalah Hp curian.

BACA JUGA :  Kapolres Tanjabbar Bersama Forkopimda Mengikuti Upacara Hari Bhayangkara ke-76 Via Virtual

Kala itu keduanya menyebut jika Hp tersebut bukanlah Hp panas atau curian. Hp tersebut merupakan Hp orang yang kalah judi.

“Coba kamu beli Hp ini. Kemudian dijawab, Mat Hp nya barang panas tidak. Katanya ini tidak, ini Hp kalah judi sehingga dibelinya dengan harga Rp 800 ribu,” kata Kajari Muaro Jambi, Kamin.

Kata Kajari, sebenarnya Andi enggan membeli Hp, sebab dirasa belum begitu membutuhkan. Dia tertarik membeli Hp karena anaknya selalu meminta belikan Hp.

“Karena Andi butuh Hp untuk anaknya, makanya dia tertarik untuk membelinya. Dia tidak ada niat untuk membeli Hp, namun anaknya minta belikan Hp, makanya dibelikanlah HP tersebut,” jalas Kajari lagi.

Kajari menyebutkan Restorative justice ini digelar di Kejari Muaro Jambi. Dalam sidang ini dihadiri oleh Kasi intelijen Kejari Muarojambi, Kasi Pidum dan pejabat di Kejari Muaro Jambi.

BACA JUGA :  BREAKING NEWS : Mobil Truk Colt Diesel Terbakar di KM 29 Jalan Lintas Jambi-Palembang

Selain itu, terdakwa Andi dan keluarganya termasuk anak perempuan yang minta dibelikan Hp juga dihadirkan. Sementara itu pihak korban termasuk penyidik dari Kepolisian. Disana mereka saling memaafkan.

Atas hal itu, pemilik Hp memaafkan Andi, namun tidak untuk kedua pelaku yang mencurinya, sebab mereka pernah berurusan dengan pihak berwajib

“Korban memaafkan, makanya kita terapkan restorative justice ini,” kata Kajari.

“Atas restorative justice ini, saudara Andi bebas dari segala tuntutan dan diperbolehkan berkumpul bersama keluarganya,” kata Kajari dalam sidang digelar kemarin.

Usai sidang, Andi langsung bersalaman dengan korbannya dan langsung sujud syukur.

“Terima kasih pak. Saya menyesal dan tidak akan mengulanginya lagi,” kata Andi yang sehari-hari berkerja sebagai pedagang jualan sayur keliling itu.(GI/Val)

Share :

Baca Juga

Hukum

Ini 4 Poin Maklumat Kapolda Jambi Terkait Karhutla

Hukum

Keberatan, Kuasa Hukum BA Ajukan Eksepsi

Hukum

Satreskim Polres Tanjab Barat Amankan 3 Pelaku Curanmor

Hukum

Link Twibbon Hari Juang Kartika TNI AD Tahun 2021 Menarik dan Mudah Digunakan

Hukum

Pertimbangan Kemanusiaan dan Keadilan, Polres Tanjabbar Tangguhkan Penahanan Sukardi Tersangka Lakalantas

Hukum

Kejari Tanjab Barat Tahan Bos PT Jasmine Indah

Hukum

Belasan Napi Lapas Kelas II B Kuala Tungkal Diusulkan Dapat Remisi Natal

Hukum

Kerusuhan Di Distrik VIII PT WKS, Polda Jambi Tetapkan 20 Tersangka