LIVE TV
Pandemi, Kemenag Imbau Masyarakat Segerakan Bayar Zakat Fitrah Berikut Pengurus DPD PAN Tanjab Barat Periode 2020-2025 Jual Nomor Togel Lewat Whatsapp, Pria 41 Tahun Diciduk Polisi Nekat Bawa Pemudik, Satu Bus Diputar Balik Arah di Pos Penyekatan Tanjab Barat ke Pekan Baru Bupati Tanjabbar, Kapolres dan Dandim Tinjau Pos Penyekatan Larangan Mudik Perbatasan Riau

Home / Nasional

Rabu, 5 Mei 2021 - 12:10 WIB

THR Dikeluhkan PNS, Mendagri Jengkel Kepala Daerah Pun Disentil

Prof. H. Tito Karnavian, Mendagri

Prof. H. Tito Karnavian, Mendagri

JAKARTA – Munculnya sebuah petisi online yang berisi keluhan kecilnya jumlah THR yang diterima PNS/ASN dan ditujukan juga kepada Presiden Jokowi dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati tahun ini.

Membuat Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pun terlihat jengkel. Tito mengatakan, seharusnya para PNS berterima kasih kepada Jokowi dan Sri Mulyani.

Sebab dengan kondisi pandemi saat ini keuangan negara sangat sulit THR masih diberikan.

“Makanya kita berterima kasih kepada Ibu Menteri Keuangan dan Bapak Presiden kita masih diberikan THR di tengah situasi yang sulit seperti ini. Kita harus bersyukur betul,” ucapnya dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional Tahun 2021 dikutip detik.com, Selasa (04/05/21).

BACA JUGA :  GOW Tanjab Barat Lakukan Kunjungan ke Panti Asuhan Anak Cacat

“Untuk pegawai negeri, tolong teman-teman dari kepala daerah sampaikan kepada rekan-rekan di daerah. Ini dalam situasi kontraksi keuangan yang berat seperti ini, pemerintah masih memberikan THR di luar tukin. Kita harus syukuri,” tegasnya.

Dia meminta para ASN untuk mencoba empati kepada pegawai swasta. Situasi pandemi membuat banyak perusahaan swasta jatuh, bahkan sampai ada yang bangkrut. Sementara ASN masih tetap bekerja bahkan mendapatkan THR.

BACA JUGA :  Bupati Tanjabbar Gelar Audiensi dan Silaturrahmi dengan Organisasi Media dan Wartawan

“Kita pegawai negeri masih bisa punya THR, negara bangkrut baru kita nggak punya (THR). Dan kalau kita melihat pihak yang lain, masyarakat tidak bekerja yang nganggur, jumlahnya sekarang jutaan juga. Mereka tidak mendapatkan apa-apa. Siapa yang mau ngasih THR,” ucapnya.

Tito pun meminta kepada para kepala daerah agar menyampaikan pesan kepada para PNS di daerah bahwa THR yang didapati harus disyukuri.

BACA JUGA :  Polres Tanjab Barat Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Siginjai 2021

“Meskipun besarannya tidak sebesar sebelum pandemi karena tidak ada unsur tunjangan kinerja di dalamnya,” kata Tito.

Tito juga menyindir para pemerintah daerah yang anggarannya masih lebih besar untuk belanja pegawai ketimbang belanja modal.

“Jadi tolonglah teman-teman kepala daerah berikan pengertian kepada ASN di daerah-daerah. Syukurilah apa yang sudah ada, sudah ada honor, ini belanja pegawai banyak sekali porsinya dalam struktur APBD. Ini harus diperbaiki, Sudah dikasih lagi THR, bersyukur,” tutupnya.(*)

Share :

Baca Juga

Nasional

Komisi X DPR Desak Mendikbud Akomodir Honorer K2 dalam Rekrutmen CPNS dan PPPK

Nasional

Danrem 092/MRL Pimpin Upacara Alih Kodal Satgas Pamtas RI – MLY Yonif Raider 200/BN ke Yonif 614/RJP

Pilkada

Petahana yang Maju Pilkada 2020 Harus Cuti Selama 71 Hari

Nasional

Pemerintah Geser Cuti Bersama Idul Fitri ke Desember, Ini Rinciannya

Nasional

Tito, Pilkada Serentak Bagian Tak Terpisahkan dalam Penanganan Covid-19

Nasional

Tingkatkan SDM Penerangan TNI AD, Dispenad Selenggarakan Pendidikan Public Speaking

Nasional

TNI AD Terima Bantuan 30.000 APD dari MNC Group Peduli

Nasional

Penerimaan CPNS 2019, Guru dan Tenaga Kesehatan Menjadi Prioritas