indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
Innalilahi…Tabrakan di Batanghari 4 Meninggal di Tempat, Lainya Luka-Luka Al Haris Harapkan Petani dan Koperasi Pertahankan Kualitas Rasa Kopi Kerinci Kota Jambi Melaju ke Final Setelah Melibas Tebo 4-2 Live Streaming Semifinal Kota Jambi vsTebo Mobil Carry Pick Up Terobos Pantat Besi Truk Hino Parkir, Sopir Luka-Luka

Home / Provinsi Jambi

Jumat, 24 September 2021 - 18:57 WIB

Gubernur Jambi dan Bupati Tanjabbar Lepas Ekspor Perdana Pinang Betara ke Saudi Arabia

Gubernur Jambi Al Haris didampinngi Bupati Tanjab Barat H. Anwar Sadat Saat Melepas ekspor perdana komoditas pinang Betara melalui PT BSI ke Saudi Arabia di Jambi, Jumat (25/9/21). FOTO : DINAMIKAJAMBI

Gubernur Jambi Al Haris didampinngi Bupati Tanjab Barat H. Anwar Sadat Saat Melepas ekspor perdana komoditas pinang Betara melalui PT BSI ke Saudi Arabia di Jambi, Jumat (25/9/21). FOTO : DINAMIKAJAMBI

BERITA JAMBI – Siapa sangka, komoditas pinang Betara asli Tanjab Barat Jambi kini dilirik pasar Internasional guna produk cemilan atau makanan ringan di Saudi Arabia.

Untuk memenuhi pasar internasional tersebut. Gubernur Jambi Al Haris didampinngi Bupati Tanjab Barat H. Anwar Sadat melepas ekspor perdana komoditas pinang melalui PT BSI sebanyak 1 kontainer ke Saudi Arabia di Jambi, Jumat (25/9/21).

Al Haris menjelaskan, kegiatan ekspor tersebut bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan RI dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah.

“Ekspor perdana pinang Jambi, dari Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Tentu ini suatu hal baik, yang dulunya menjual agak sulit menjual toko-toko lokal. Tetapi, saat ini alhamdulillah kita hari ini punya pangsa pasar yang jelas, ke Saudi Arabia,” ungkap Al Haris.

BACA JUGA :  122 Pelajar SD di Kecamatan Pengabuan Tervaksinasi, Kapolsek : Kita Dampingi Mereka yang Takut

Menurut Al Haris, Saudi Arabia saat ini membutuhkan sekitar 25 Kontainer pinang per bulannya. Akan tetapi, pada tahap pertama ini ini Provinsi Jambi perlahan, memenuhi kebutuhan ekspor sebanyak 5 Kontainer per bulannya.

Melalui ekspor tersebut lanjut Al Haris diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan petani pinang. Apalagi, bilangnya, khusus Pinang Betara sendiri mampu menghasilkan buah sekitar 2 ton dari per hektar lahan.

“Artinya, masih banyak yang kita butuhkan, guna memenuhi suplay ke Jeddah. Nah, melalui ini diharapkan petani pinang, untuk lebih giat lagi. Tentunya kita bangga, komoditas dalam negri menjadi kebutuhan internasional,” tambahnya.

BACA JUGA :  Gubernur Al Haris Dorong Penanaman Porang di Provinsi Jambi

Untuk Dijadikan Cemilan dan Kosmetik

Kemudian, dari informasi yang dihimpun dilapangan dari perwakilan Importir. Komoditas pinang khususnya di Saudi Arabia, Pakistan, India dan Banglades akan dijadikan olahan kosmetik.

Tak hanya itu, konon dari sederet negara tersebut memiliki kebutuhan pinang terbesar, untuk dijadikan bahan olahan makan ringan atau cemilan.

“Pinang ini, menjadi makanan ringan atau dikonsumsi. Nah, nanti dicampur dengan sebuah daun tertentu. Kemudian, menjadi bahan kosmetik juga.” ungkap Afan perwakilan perusahaan eksportir.(DJ/Ed)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Danrem ; Penanganan Covid-19 Perlu Deteksi Dini dan Cek Kesehatan Masyarakat yang Masuk Provinsi Jambi

Provinsi Jambi

Kasipers Kasrem 042/Gapu Hadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Diktuk Bintara Polri Angkatan XX TA 2021

Provinsi Jambi

Tiga Daerah di Jambi Masuk Wilayah PPKM Level 4 Hingga 23 Agustus

Advetorial

Danrem 042 Gapu : JMSI Jambi Diharapkan Mampu Mengedukasi Masyarakat

Provinsi Jambi

Korem 042 Gapu Siapkan 29 Personel Satgas Apter

Provinsi Jambi

Gubernur Jambi Tinjau Grand Hotel Malioboro Untuk Isolasi

Provinsi Jambi

APBD Perubahan Tahun 2021 Provinsi Jambi Disahkan, Segini Besarannya

Covid-19

Pemprov Jambi Kembali Tambah 3 Rumah Sakit Rujukan Pasien Covid-19