indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
Al Haris Apresiasi SKK Migas dalam Mendorong Peningkatan Ekonomi Masyarakat Jambi Kapan 5 Pejabat Hasil Seleksi Terbuka Dilantik, Begini Kata Pj Bupati Muaro Jambi BREAKING NEWS : Satu Unit Rumah di Desa Tungkal I Terbakar Menyongsong Pemilu 2024, Bawaslu Tanjab Barat Kunjungi Kantor DPC PDI Perjuangan Terima Penghargaan Capaian Vaksinasi dari Kapolres, Agus Purba Ucapkan Terima Kasih ke Masyarakat Kumpeh Ulu

Home / Nasional

Kamis, 23 September 2021 - 09:57 WIB

Internet Mati 6 Hari karena Perbaikan Kabel Bawah Laut HOAKS

Ilustrasi Telkomsel

Ilustrasi Telkomsel

JAKARTA – Sebuah video dengan narasi bahwa internet akan mati selama 6 hari beredar di media sosial Facebook dan TikTok.

Video itu memuat narasi “Internet akan mati selama 6 hari”, diikuti dengan tangkapan layar pemberitaan media soal gangguan jaringan Indihome dan Telkomsel karena adanya kerusakan kabel bawah laut.

Konfirmasi Kompas.com

Saat dikonfirmasi, Selasa (21/9/21), SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom Ahmad Reza mengatakan, informasi yang menyebut layanan internet akan mati selama 6 hari akibat perbaikan kabel bawah laut adalah tidak benar.

“Sehubungan dengan beredarnya video terkait penyambungan kabel bawah laut di platform Tiktok yang diduga milik Telkom serta pemberitaan mengenai gangguan internet yang akan mati selama 6 hari, dapat kami sampaikan bahwa berita dan video tersebut adalah hoaks,” ujar Reza, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (21/9/2021).

BACA JUGA :  Kapolda Jambi Berikan Piagam Penghargaan Kepada Pj Bupati Muaro Jambi dan Bupati Tanjabbar

Reza menyebutkan, Telkom mengupayakan percepatan perbaikan layanan fixed dan mobile broadband.
Hingga Selasa lalu, kata dia, jaringan mulai membaik secara bertahap di beberapa lokasi sejalan dengan penambahan kapasitas jaringan.

“Dengan diketahuinya titik gangguan di sekitar 1,5 km lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut, kami segera mempersiapkan upaya perbaikan agar secepatnya infrastruktur tersebut dapat segera berfungsi normal dan digunakan pelanggan seperti sedia kala,” ujar dia.

BACA JUGA :  Kapolres Tanjabbar Bersama Forkopimda Mengikuti Upacara Hari Bhayangkara ke-76 Via Virtual

Masyarakat diimbau tidak mudah memercayai dan menyebarluaskan informasi hoaks yang berpotensi merugikan banyak pihak dan bisa berdampak proses hukum.

Kesimpulan

Informasi dan video yang menyebutkan jaringan internet akan mati selama 6 hari karena adanya perbaikan kabel bawah laut adalah tidak benar alias hoaks.

Telkom menyatakan, perbaikan akibat gangguan kabel bawah laut masih terus dilakukan, dan tidak benar jika disebut internet akan mati selama 6 hari.
Di beberapa wilayah, jaringan mulai membaik.

Artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judul : [HOAXS] Internet Mati 6 Hari karena Perbaikan Kabel Bawah Laut HOAXS

Share :

Baca Juga

Nasional

Cek Arus Balik di Tol Cikatama, Kapolri : Kemungkinan One Way Waktunya Diperpanjang

Nasional

Satgas Pamtas YONIF R 142/KJ dan Jajaran Pos di Perbatasan RI-Timor Leste Silaturrahmi Idul Fitri via Vicon

Nasional

DPR Setuju Rencana Revisi UU ITE, Karena Selalu Dijadikan untuk Saling Lapor

Nasional

Berkurang 21 Orang, Pasien Covid-19 di Secapa AD Tersisa 71 Orang

Nasional

Hari Pertama SKD CPNS Tanjabbar, 78 Peserta Dipastikan Gugur

Nasional

Arab Saudi Izinkan 1 Juta Jemaah Beribadah Haji Tahun Ini

Nasional

Badan Pangan Nasional Resmi Dibentuk, Bulog : Penugasan Pangan Lebih Cepat

Berita

Waspada, BMKG Sebut Jambi Masih Berpotensi Hujan Lebat