LIVETV
Gubernur Jambi Resmikan Dimulainya Pembangunan Kampus ITB-MS Jonatan Christie Menang, Indonesia Juara Thomas 2020 Pertamina Tutup Sementara 91 SPBU Langgar Penyaluran Solar Sulit Dapatkan Solar, Sejumlah Nelayan di Kuala Tungkal Tak Bisa Melaut Bupati Batanghari Imbau Warga Tonton Kompetisi Liga 3 Lewat Streaming




Home / Nasional

Sabtu, 18 September 2021 - 13:32 WIB

Kejar KKB Pimpinan Lamek Taplo, TNI Pertebal Pasukan di Distrik Kiwirok

Satgas Kolakopsrem 172/PWY Berhasil Evakuasi Jenazah Suster Maelani di Kiwirok, Jumat (17/9/21). FOTO : Pen Kolakopsrem 172/PWY

Satgas Kolakopsrem 172/PWY Berhasil Evakuasi Jenazah Suster Maelani di Kiwirok, Jumat (17/9/21). FOTO : Pen Kolakopsrem 172/PWY

SUARA TNI – Kodam XVII/Cenderawasih mengirimkan tambahan pasukan untuk melaksanakan pengamanaan serta pengejaran terhadap kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Lamek Taplo di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Pengejaran terhadap anggota KKB Distrik Kiwirok dan sekitarnya dilakukan karena tindakan mereka sangat brutal. Selain menyerang prajurit TNI, KKB juga membakar fasilitas umum dan membunuh tenaga kesehatan.

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono bahkan telah memerintahkan prajurit TNI yang berada di Distrik Kiwirok Kompleks, Pegunungan Bintang untuk mengejar dan menangkap KKB pimpinan Lamek Taplo hidup ataupun mati.

BACA JUGA :  KPK Tetapkan 3 Orang Tersangka Suap Bersama Bupati Musi Banyuasin

“Pangdam memberikan perintah agar personel TNI melaksanakan pengejaran dan penangkapan baik hidup ataupun mati terhadap para pelaku yang bertanggung jawab atas kejadian tersebut,” kata Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Bambang Trisnohadi dalam konferensi pers terkait evakuasi Sembilan tenaga kesehatan (nakes) yang selamat dari upaya pembunuhan KKB Lamek Taplo di Distrik Kiwirok, Jumat (17/9/21).

Koopsgab TNI Papua berhasil mengevakuasi 9 dari 11 tenaga kesehatan yang bertugas di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang dan satu anggota TNI korban penembakan KKB di Lapangan Frans Kaisepo Makodam XVII/Cenderawasih, Jayapura.

BACA JUGA :  Gubernur Jambi Resmikan Dimulainya Pembangunan Kampus ITB-MS

“Pada sortie pertama ini kita berhasil mengevakuasi 10 orang terdiri atas 1 prajurit TNI yang mengalami luka tembak dan 9 tenaga kesehatan, yaitu 1 dokter, 3 perawat wanita dan 5 mantri,” ungkap Kasdam XVII/Cenderawasih.

Kasdam menuturkan, satu korban atas nama Suster Gabriella Meilani yang ditemukan meninggal dunia juga segera dievakuasi dari Distrik Kiwirok.

“Jurang yang terjal serta cuaca buruk  membuat evakuasi para nakes dan jenazah Suster Gabriella Meilani mengalami penundaan yang seyogianya dilaksanakan kemarin, sehingga proses evakuasi 10 orang baru dapat dilaksanakan hari ini,” kata Kasdam.

Bambang Trisnohadi menyampaikan bahwa atas instruksi Pangdam XVII/Cenderawasih, Kodam XVII/Cenderawasih memberikan bantuan berupa bahan makanan kepada masyarakat Distrik Kiwirok yang bertujuan membantu meringankan beban hidup dan juga dimana saat ini pasar yang ada telah dibakar oleh KST sehingga masyarakat tidak dapat berbelanja untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

BACA JUGA :  Bupati Hulu Sungai Tengah Puas Dengan Hasil TMMD Ke-112

Kasdam XVII/Cenderawasih juga menyampaikan duka yang mendalam dan rasa prihatin atas tindakan yang dilakukan oleh KST yang sudah di luar batas kemanusiaan.

Artikel ini telah tayang di papua.inews.id dengan judul : TNI Pertebal Pasukan di Distrik Kiwirok Kejar KKB Pimpinan Lamek Taplo

Share :

Baca Juga

Nasional

Asrama Haji Resmi Jadi RS Darurat Penampungan Pasien Covid-19

Nasional

BMKG: Waspadai Bencana Hidrometeorologi Jelang Puncak Musim Hujan

Nasional

Pemerintah Resmi Perpanjang PPKM Level 4 sampai 9 Agustus

Nasional

Kodam II/Sriwijaya Kerahkan Ratusan Personil Bantu Korban Tsunami Di Lampung

Nasional

Perkembangan Terkini Aktifitas Perusahaan Panas Bumi PT Sorik Marapi Geothermal Power

Nasional

Menurut KSP, Tiga Lembaga Ini Termasuk yang akan Dibubarkan Jokowi

Nasional

2 Polisi Terluka, 1 Anggota KKB Diklaim Tewas dalam Kontak Senjata di Kiwirok

Pendidikan

STP Jakarta Resmi Buka Pendaftaran Calon Taruna Baru 2020/2021 Online